sign up SIGN UP

MAKE-UP

Kulit dengan Fungal Acne Gak Boleh Pakai Makeup? Eits, Baca Tips Ini Dulu!

Beautynesia | Jumat, 30 Oct 2020 20:00 WIB
Kulit dengan Fungal Acne Gak Boleh Pakai Makeup? Eits, Baca Tips Ini Dulu!
caption
Jakarta -

Jerawat menjadi masalah kulit yang pasti pernah dialami oleh semua orang. Perbedaan dari masalah jerawat tiap orang adalah pada jenis jerawat dan tingkat keparahannya. Tapi tahu enggak, ternyata sekarang ada jenis masalah kulit baru, yakni fungal acne.

Sebenarnya fungal acne tidak bisa sepenuhnya disebut sebagai jerawat. Jerawat adalah masalah kulit yang disebabkan oleh bakteri. Sementara fungal acne merupakan masalah kulit yang disebabkan oleh jamur, lebih tepatnya malassezia folliculitis atau jamur malassezia. Namun karena bentuknya yang menyerupai jerawat, maka masalah kulit ini dinamakan fungal acne.

Lalu bagaimana cara membedakan fungal acne dengan jerawat yang disebabkan oleh bakteri?

Jerawat punya bentuk yang sangat khas, yakni memiliki pustul (mata pada jerawat), berwarna kemerahan, seringkali terdapat infeksi dan dikelilingi komedo. Sementara fungal acne berbentuk benjolan kecil yang berbaris namun tidak disertai pustul.

Fungal acne sangat rentan diderita oleh orang-orang yang tinggal di daerah tropis seperti Indonesia. Hal ini karena penyebab utama munculnya fungal acne adalah udara panas dan lembap yang akhirnya membuat kulit berkeringat dan menjadi tempat bertumbuhnya jamur.

Apalagi saat kita harus selalu menggunakan masker seperti sekarang ini, wajah yang lembap dan tertutup masker akan sangat rentan menjadi tempat tumbuhnya fungal acne.

Ada yang bilang kalau kulit dengan fungal acne sebaiknya menghindari penggunaan makeup, terutama complexion. Hal ini karena complexion disebut-sebut bisa menutup pori-pori sehingga memicu peradangan. 

Eits! Asalkan memilih produk yang tepat, kulit dengan fungal acne juga tetap bisa menggunakan makeup kok. Namun tentu saja, kamu harus lebih selektif memilih produk. Sekarang ada rangkaian complexion dari Looké Cosmetics yang aman untuk kulit dengan fungal acne nih, Ladies! Kamu bisa menggunakan rangkaian complexion ini untuk tampil lebih flawless tanpa perlu khawatir dengan fungal acne.

Holy Flawless BB Cushion

Looke CosmeticsHoly Flawless BB Cushion/ Foto: Looké Cosmetics

Sebagai langkah awal, gunakan Holy Flawless BB Cushion untuk membuat kulit tampak lebih flawless dengan hasil akhir satin. Holy Flawless BB Cushion punya coverage medium to full, sehingga sangat cocok kamu pakai sehari-hari dan cocok juga digunakan untuk momen tertentu.

Holy Flawless BB Cushion merupakan produk hybrid, yakni menggabungkan makeup dan skincare dalam satu produk. Selain bisa membantu membuat kulit tampak flawless, cushion ini dilengkapi dengan skincare benefit seperti Green Tea Ekstrak dan Hyaluronic Acid (HA).

Formula Green Tea Ekstrak berfungsi sebagai anti-polusi yang bisa menangkal radikal bebas, mengontrol sebum, serta merawat kulit yang berjerawat. Sementara kandungan Hyaluronic Acid (HA) bisa menjaga kelembaban kulit sepanjang hari.

Ada 3 pilihan warna yang bisa kamu pilih:

  • Iris: Hadir dengan warna light beige yang cocok dipakai untuk kulit berwarna terang.
  • Clio: Hadir dengan warna medium beige yang cocok untuk digunakan pada kulit berwarna medium.
  • Diana: Hadir dengan warna honey beige yang cocok dipakai untuk kulit berwarna sawo matang (medium-deep).

 

Holy Smooth & Blur Loose Powder

Looke CosmeticsHoly Smooth & Blur Loose Powder/ Foto: Looké Cosmetics

Setelah menggunakan BB Cushion, set makeup kamu dengan Holy Smooth & Blur Loose Powder. Bedak tabur ini memiliki butiran yang lembut sehingga bisa membantu menyamarkan pori-pori dan garis halus agar terlihat lebih halus dan matte.

Holy Smooth & Blur Loose Powder juga bisa menahan makeup lebih lama dan membuat kulit tampak lebih halus. Tapi tak perlu khawatir kulit jadi kering, kandungan Jojoba Oil yang ada di dalamnya memberikan kelembapan ekstra pada kulit.

Holy Smooth & Blur Loose Powder punya dua pilihan warna yang bisa kamu pilih:

  • Freya: Memiliki warna light beige dan cocok dipake untuk kulit light-medium.
  • Terra: Memiliki warna medium beige yang dapat dipakai untuk kulit medium-deep.

 

Holy Perfecting Pressed Powder

Looke CosmeticsHoly Perfecting Pressed Powder/ Foto: Looké Cosmetics

Jika kamu menginginkan makeup look yang lebih full, kamu bisa menggunakan Holy Perfecting Pressed Powder setelah BB Cushion. Holy Perfecting Pressed Powder merupakan bedak padat ringan dengan coverage medium to full yang bisa membantu menyamarkan tekstur dan noda serta meratakan warna kulit tanpa terlihat cakey.

Bedak padat ini punya formula bebas minyak yang bisa mengontrol sebum berlebih pada wajah. Selain itu, diperkaya juga dengan Squalane Oil yang bisa menjaga kelembaban kulit sepanjang hari.

Holy Perfecting Pressed Powder punya tiga pilihan warna yang bisa kamu pilih sesuai warna kulitmu:

  • Febe: Hadir dengan warna light beige dan cocok dipakai untuk kulit berwarna terang.
  • Aurora: Memiliki natural beige yang cocok dipakai untuk kulit berwarna light-medium.
  • Maia: Warna medium-beige yang cocok dipakai untuk kulit yang berwarna medium.

Semua produk dari rangkaian complexion Looké Cosmetics memiliki UV protection yang bisa melindungi dari paparan sinar UV. Selain Fungal Acne Safe, ketiga produk ini juga Halal, Vegan, Cruelty-free, Paraben-free, Sulphate free, dan Perfume-free. Cocok banget digunakan untuk semua jenis kulit termasuk kulit sensitif.

Memakai makeup sekarang enggak perlu lagi khawatir dengan fungal acne. Produk complexion dari Looké Cosmetics bisa jadi pilihan makeup tepat yang ramah untuk kulit kamu.

Looke Cosmetics
Looke Cosmetics
Looke Cosmetics
Looke Cosmetics
Looke Cosmetics
Looke Cosmetics
Looke Cosmetics
Looke Cosmetics
Looke Cosmetics
Looke Cosmetics
Looke Cosmetics
Looke Cosmetics
(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id