sign up SIGN UP

Sering Terjadi, Ini 5 Hal yang Bikin Panik Saat Menstruasi! Bau Darah Penyebab Rasa Insecure Salah Satunya

Fina Prichilia | Selasa, 05 Oct 2021 11:30 WIB
Sering Terjadi, Ini 5 Hal yang Bikin Panik Saat Menstruasi! Bau Darah Penyebab Rasa Insecure Salah Satunya
Ilustrasi panik saat menstruasi. /Foto: Freepik.com
Jakarta -

Mulai dari menjelang hingga ketika menstruasi berlangsung, wajar kalau kamu merasa kurang nyaman terhadap diri sendiri, Beauties.

Dari rasa nggak nyaman itu, tak jarang pula bikin panik, alhasil aktivitas harian kamu berjalan nggak begitu menyenangkan. Tenang, kamu nggak sendirian, karena kebanyakan dari perempuan juga mengalaminya, kok!

Nah, dari lima hal yang bikin panik di bawah ini, mana yang paling menggambarkan diri kamu, Beauties?

1. Perubahan atau Reaksi Tubuh

Payudara yang mengencang, merasa lemas, juga pusing, kerap jadi gejala umum saat menstruasi. Hal ini dikarenakan adanya aktivitas hormon pada tubuh yang normal terjadi.

Meski jadi hal yang wajar, tetap saja sukses bikin nggak nyaman seharian ya, Beauties!

Ilustrasi kram tak tertahankan saat menstruasiIlustrasi kram tak tertahankan saat menstruasi/ Foto: Freepik.com/@kroshka__nastya

2. Perut Kram Tak Tertahankan

Pada beberapa perempuan, ada yang mengalami kram pada perut yang masih dalam batas bisa ditoleransi. Sehingga walau rasanya nggak enak, tapi masih bisa beraktivitas seperti biasa.

Sementara bagi yang lainnya, perut kram tak tertahankan menjadi ketakutan tersendiri. Karena kamu jadi harus istirahat seharian, sebab sudah sampai taraf yang mengganggu.

3. Perubahan Suasana Hati

Lagi-lagi karena faktor aktivitas hormon yang nggak cuma mempengaruhi perubahan pada tubuh, tapi juga mood. Hal ini juga disebabkan adanya perubahan zat kimia di otak yang mengatur suasana hati. Demikian seperti dilansir dari laman Mayo Clinic.

Nah, yang bikin panik, kamu sadar kalau perubahan suasana hati yang kamu alami nanti, menyebabkan jadi nggak bisa mengontrol diri. Misalnya jadi mudah tersinggung dan marah di sekolah maupun kantor.

4. Khawatir Bisa Tembus

Siapa di antara kamu yang mulai menjelang hingga selesai menstruasi, nggak bebas memilih baju tertentu? Terutama yang berwarna putih atau cerah.

Ini dikarenakan, khawatir darah bisa tembus. Maklum, selain akan merasa malu, kamu juga akan dibuat repot sedikit, yakni mesti cepat-cepat ganti. Tampaknya akan less-repot kalau lagi pakai bawahan yang berwarna gelap ya, Beauties.

Ilustrasi khawatir bau tak sedap saat menstruasi.Ilustrasi khawatir bau tak sedap saat menstruasi./ Foto: Freepik.com/@cookie_studio

5. Bau Darah Menstruasi Bikin Insecure

Terakhir, bau darah menstruasi yang bikin tidak nyaman! Sewaktu lagi ganti pembalut, kamu akan mencium aroma kurang sedap. Ya, bau darah menstruasi memang berbeda dari bau darah biasa.

Yang membedakannya adalah darah menstruasi berasal dari peluruhan dinding rahim, melewati vagina, lalu juga terkontaminasi bakteri. Sementara kalau darah biasa yang bau besi itu, langsung dari pembuluh darah.

Meski hal ini wajar, nyatanya tetap bisa bikin kamu panik ya, Beauties! Kan nggak nyaman ya, kalau sampai tercium orang lain.

Nah, di antara lima hal di atas, mana yang paling related sama kamu? Share di kolom komentar, ya!


Our Sister Site

mommyasia.id