STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600

3 Kandungan Skincare yang Wajib Dihindari Saat Kulit Sedang Kemerahan dan Gatal

Friska Nindi Rianti | Beautynesia
Selasa, 03 Jan 2023 04:30 WIB
3 Kandungan Skincare yang Wajib Dihindari Saat Kulit Sedang Kemerahan dan Gatal

Kondisi kulit yang kering dan sensitif hingga kesalahan memakai produk skincare bisa membuat wajah mengalami iritasi, kemerahan, bahkan gatal. Untuk membantu mengatasinya, kamu perlu merawat kulit dengan menjaganya tetap terhidrasi dan sebaiknya menggunakan produk-produk perawatan yang memberikan efek menenangkan. 

Namun selain itu, kamu juga perlu memerhatikan produk-produk apa saja yang harus dihindari karena memiliki kandungan bahan 'keras' yang dapat memperparah kondisi kulit. Mengutip dari She Finds, berikut 3 kandungan bahan yang wajib kamu hindari saat kulit sedang kemerahan dan gatal!

1. Alkohol

kandungan skincare yang dihindari untuk kulit kemerahan
Produk skincare yang mengandung alkohol/Foto: Freepik/Rawpixel-com

Sering ditemukan dalam toner, cleanser, peeling hingga produk-produk makeup, kandungan alkohol sebaiknya dihindari untuk pemilik kulit kering dan sensitif, terutama jika sedang mengalami reaksi kemerahan dan gatal. 

Alkohol telah terbukti dapat mengiritasi kulit yang sensitif dan membuatnya menjadi lebih kering, sehingga dapat memperparah kondisi kulit yang sedang bermasalah. Alih-alih menggunakan produk berbasis alkohol, kamu disarankan untuk memilih produk yang formulanya lebih gentle dan memiliki fokus untuk menghidrasi kulit. 

Produk-produk yang bisa kamu pilih di antaranya seperti serum hyaluronic acid yang dapat membantu mengunci kelembapan kulit, oil-based cleanser untuk membersihkan wajah tanpa membuat kulit terasa kering, serta pelembap yang mengandung ceramide untuk membantu memperbaiki skin barrier sekaligus menenangkan kulit. 

2. Sodium Lauryl Sulfates (SLS)

bahan skincare yang dihindari untuk kulit kemerahan
Ilustrasi menggunakan cleanser wajah yang mengandung SLS/Foto: Freepik/Sergio-pulp

Sodium lauryl sulfate (SLS) adalah bahan yang umum digunakan dalam sabun dan produk-produk pembersih wajah. Bahan ini bekerja sebagai foaming agent yang dapat menghasilkan busa atau buih untuk membantu mengangkat noda dan kotoran.

Sayangnya, bahan ini termasuk bahan keras yang bisa mengiritasi kulit dan memperparah kondisi kulit yang sedang mengalami kemerahan. Hal ini karena SLS dapat menghilangkan minyak alami kulit yang berfungsi melumasi dan melindungi kulit. 

Sebagai alternatif, sebaiknya pilih produk pembersih wajah non-SLS yang memiliki formula lebih aman untuk kulit sensitif. 

3. Fragrance

bahan skincare yang perlu dihindari kulit kemerahan
Pelembap wajah yang mengandung fragrance/Foto: Freepik/Freepik

Tanpa disadari, banyak produk-produk skincare seperti toner, cleanser dan pelembap yang ternyata dilengkapi fragrance atau pewangi tambahan. Jika kamu sedang mengalami kulit sensitif dan kemerahan, sebaiknya hindari produk-produk ini karena fragrance dapat membuat kulit semakin iritasi.

Untuk membantu meringankan kondisi kulitmu, pilih produk-produk skincare yang tidak mengandung fragrance maupun bahan-bahan irritant lainnya seperti paraben hingga pewarna buatan ya, Beauties.

--

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE