sign up SIGN UP

3 Manfaat Lidah Buaya untuk Rambut dan Cara Pakainya, Super Praktis dan Berkhasiat!

Dian Siti Marfuah | Beautynesia
Jumat, 10 Dec 2021 23:00 WIB
3 Manfaat Lidah Buaya untuk Rambut dan Cara Pakainya, Super Praktis dan Berkhasiat!
caption
Jakarta -

Belakangan ini, produk berbahan dasar aloe vera gel kian banyak ditemukan. Yup, aloe vera atau lidah buaya banyak dijadikan sebagai ingredients utama skincare dan produk perawatan lainnya. Lidah buaya memang pada dasarnya memiliki banyak manfaat bagi kecantikan karena mengandung banyak vitamin.

Ada vitamin A, E, C, B12, asam lemak, asam amino, zinc dan mineral tembaga. Nggak harus beli produk aloe vera gel, kamu juga bisa mendapatkan manfaat aloe vera ini untuk rambutmu langsung dari sumbernya. Nggak percaya?  Yuk, simak langsung manfaat lidah buaya untuk rambut beserta cara pakainya.

Mengurangi Gatal

Ilustrasi rambut gatal/Pinterest.com/Women Online Magazine
Ilustrasi rambut gatal/ Foto: pinterest.com/Women Online Magazine

Kamu sering mengalami rasa gatal yang begitu mengganggu di kepala? Kabar baiknya nih, kamu bisa menggunakan gel lidah buaya alami untuk mengatasinya. Rasa gatal di kepala sendiri umumnya diakibatkan oleh ketombe dan dapat disertai gejala lain seperti memerah dan meradang.

Di mana kondisi tersebut terjadi karena kulit kepala yang mengelupas dan meradang, pada akhirnya membuat munculnya si ketombe. Nah, dengan menggunakan gel lidah buaya, peradangannya bisa diminimalisir.

Hal ini dikarenakan lidah buaya mengandung asam lemak yang bersifat sebagai anti radang dan tentu bikin kulit kepala jauh lebih baik.  

Mengurangi Rambut Rontok

Ilustrasi rambut rontok/Pinterest.com/Home Hacks
Ilustrasi rambut rontok/ Foto: pinterest.com/Home Hacks

Rambut rontok juga kerap menjadi masalah  pada rambut. Lidah buaya juga bisa digunakan loh untuk memgurangi kerontokan rambut. Pasalnya lidah buaya mengandung asam folat dan vitamin B12 yang berfungsi mengurangi rambut rontok.

Selain itu ada kandungan vitamin C, A, dan E yang akan memperkuat sel-sel rambutmu. Manfaat lidah buaya juga  bisa bikin rambutmu bakalan berkilau, tidak rontok dan tidak mudah patah.

Membantu Menebalkan rambut

Ilustrasi rambut panjang/Pexels.com/Misha Voguel
Ilustrasi rambut panjang/ Foto: Pexels.com/Misha Voguel

Ini dia manfaat lidah buaya yang paling dikenal, yaitu dapat membantu menebalkan rambut. Yup, pada dasarnya lidah buaya dapat membantu menebalkan rambut dengan merangsang pertumbuhannya. Gel lidah buaya yang dioleskan di kulit kepala dan rambut akan membuat aliran darah meningkat.

Hal inilah yang merangsang pertumbuhan rambut lebih cepat. Selain itu bagi rambut rusak seperti kering dan bercabang lidah buaya juga sangat bermanfaat, lho. Ada kandungan kolagen dan vitamin dalam lidah buaya yang dipercaya dapat memperbaiki kerusakan rambut.

Cara Pakai Aloe Vera di Rambut

Ilustrasi lidah buaya/Pinterest.com/The Epoch Times
Ilustrasi lidah buaya/ Foto: Pinterest.com/The Epoch Times

Jika kamu ingin mendapatkan manfaat lidah buaya untuk rambut, caranya cukup mudah, kok. Pertama-tama potong lidah buaya segar, belah tengah lidah buaya dan ambil gel-nya menggunakan sendok. Setelah semua gel lidah buaya terkumpul gosokkan lidah buaya ke area kulit kepala.

Diamkan hingga satu jam, lalu bilas hingga bersih. Lakukan 2 hingga 3 kali seminggu untuk mendapatkan hasil optimal.

-------------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(sim/sim)

Our Sister Site

mommyasia.id