STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

4 Hal Ini Wajib Kamu Hindari kalau Punya Tipe Kulit Sensitif!

Siti Mukaromah | Beautynesia
Minggu, 06 Feb 2022 13:30 WIB
4 Hal Ini Wajib Kamu Hindari kalau Punya Tipe Kulit Sensitif!

Punya tipe kulit sensitif memang perlu perhatian lebih saat merawatnya. Karena kalau salah langkah sedikit saja kulitmu bisa dapat masalah. Mulai dari breakout, kemerahan sampai iritasi. 

Nah, ini 5 hal yang harus dihindari oleh kamu yang memiliki skin type ini, yang telah dilansir dalam Everyday Health.

Menggunakan Produk Perawatan Kulit yang Besifat ‘Keras’ atau ‘Kasar’

kulit sensitif, skincare
Penggunaan scrub/unsplash.com/Matthew Tkocz

Mona Gohara, MD yang merupakan dokter kulit bersertifikat di Branford, Connecticut mengatakan “Dalam hal menghilangkan kerutan atau jerawat kadang kita merasa menggunakan scrub adalah solusi terbaik, tapi nyatanya eksfoliasi semacam itu hanya akan merusak skin barrier dan memperburuk keadaan kulitmu.”

Hal lain yang memperburuk keadaan kulitmu juga akan kamu dapatkan jika terlalu sering melakukan eksfoliasi secara kimia, dalam hal ini adalah penggunaan bahan aktif eksfoliasi seperti AHA atau BHA yang berlebih dan tidak sesuai dengan dosis. Akibatnya, kulitmu akan menjadi iritasi hingga kemerahan.

Menggunakan Retinoid

kulit sensitif, skincare
Penggunaan serum/pexel.com/Jill Burrow

Beauties, retinoid yang merupakan turunan dari vitamin A dikenal sebagai bahan aktif yang bersifat keras dan akan dengan mudah mengiritasi kulit, membuat kulitmu menjadi kemerahan hingga kering dan mengelupas jika kamu salah dalam menggunakannya.

Tapi jika kamu tetap ingin menggunakan bahan aktif jenis ini, Dr. Gorah menyarankan penggunaan rentinaldehida, yang merupakan precursor retinoid. Di mana enzim kulit perlu terlebih dahulu mengubahnya menjadi asam retinoat yang masih sejenis dengan retinoid, sehingga ia tidak ‘sekeras’ retinoid lainnya.

Alternatif lain yang bisa kamu gunakan untuk mengurangi garis halus dan kerutan pada wajah dengan tipe kulit ini adalah dengan menggukan bakuchicol. Karena sebuah penelitian yang diterbitkan pada Februari 2019 di British Journal of Dermatology, menemukan bahwa bahan ini memiliki kinerja yang mirip dengan retinol tetapi menghasilkan lebih sedikit pengelupasan dan rasa menyengat.

Menggunakan Skincare dengan Kandungan Alkohol

kulit sensitif, skincare
Penggunaan skincare/unspalash.com/content pixie

Beberapa produk perawatan wajah memang menggunakan alkohol sebagai salah satu kandungannya, tapi bagi kamu yang memiliki tipe kulit sensitif ada baiknya menghindari kandungan ini ya.

Bukan tanpa alasan, penggunaan skincare dengan kandungan alkohol pada tipe kulit ini hanya akan membuat kulitmu menjadi kering bahkan terkelupas. Hal ini karena sifat alkohol yang secara alami akan membuat kulit menjadi lebih kering dari biasanya.

Tidak Menggunakan Sunscreen

kulit sensitif, skincare
Melewatkan sunscreen/unsplash.com/National Center Institute

Nah, yang satu ini perlu kamu catat. Suncreen harus tetap digunakan dalam keadaan dan tipe kulit apapun, karena tabir surya merupakan salah satu basic skincare yang harusnya tidak boleh kamu skip.

Selain melindungi dari paparan sinar UVA/UVB, tabir surya juga akan menjadi investasi kulitmu agar awet muda, terhindari dari hiperpigmentasi hingga memudarkan bekas jerawat.

Beauties, meski butuh perhatian lebih, jangan jadikan tipe kulimu sebagai alasan untuk kamu tidak merawat kulit dengan baik, dengan dalih ‘merasa repot’. Masing-masing jenis kulit ada cara dan metode untuk merawatnya, kamu hanya perlu mencari tahu dan memahaminya dengan baik.

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE