STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

4 Skincare Hack yang Ramai di TikTok Sepanjang 2021, Cek... Aman Diikuti Nggak ya?

Rani Mutiara | Beautynesia
Sabtu, 11 Dec 2021 14:00 WIB
4 Skincare Hack yang Ramai di TikTok Sepanjang 2021, Cek... Aman Diikuti Nggak ya?

Sudah 2 tahun belakangan ini, TikTok menjadi salah satu media sosial teratas yang berhasil menjangkau semua kalangan. Kepopuleran TikTok ini pun berhasil mendatangkan berbagai bentuk konten, termasuk konten tips dan trik seputar kecantikan. Salah satu jenis konten kecantikan yang selalu trending yaitu skincare hacks.

Sifat penasaran netizen yang tinggi membuat konten-konten hacks seperti ini ramai diminati. Namun, mengingat sebagian pengguna TikTok masih awam mengenai skincare, ada baiknya kita selalu memastikan terlebih dahulu apakah skincare hacks yang viral ini aman untuk diikuti atau nggak.

Yuk, kita lihat lagi beberapa skincare hacks yang viral di TikTok sepanjang 2021, sekaligus membahas apakah ini aman untuk diikuti atau nggak ya?

1. Menggunakan Oil Cleanser Selama 15 Menit 

Menggunakan oil cleanser untuk komedo selama 15 menit (Foto: freepik/viDIstudio)
Menggunakan oil cleanser untuk komedo selama 15 menit (Foto: freepik/viDIstudio)

Sejak dulu, komedo selalu menjadi salah satu permasalahan kulit yang nggak kunjung tuntas. Keresahan ini turut mendukung ramainya tren menggunakan cleansing oil selama 15 menit untuk membasmi komedo. Lalu, bagaimana tanggapan ahli mengenai tren ini?

Menurut dokter Emma Cunningham, seorang praktisi estetika wajah dan juga dokter gigi asal London mengatakan metode cleansing ini nggak menutup kemungkinan memunculkan permasalahan kulit lain. Ia tetap menyarankan agar berhati-hati dalam mengikuti tren ini. Karena bagi beberapa orang, menggunakan cleansing oil selama 15 menit bisa saja menyebabkan iritasi, kulit kering atau dehidrasi dan menjadi lebih sensitif. 

2. Mencampur Toner dengan Air Mineral 

Campuran toner dengan air mineral untuk jerawat (Foto: freepik/lookstudio)
Campuran toner dengan air mineral untuk jerawat (Foto: freepik/lookstudio)

Skincare hack satu ini mulai viral ketika ada satu video yang mengatakan bahwa ia berhasil bebas dari jerawat membandel setelah mencampurkan air mineral dari merk tertentu ke dalam tonernya. Tentu saja video ini mendatangkan banyak reaksi pro dan kontra dari netizen.

Banyak yang mengatakan bahwa mereka juga melakukan hal yang sama. Namun ada juga yang menyarankan sebaiknya kalau memang mau menggunakan air mineral sebagai face mist, pindahkan saja ke botol semprot tanpa mencampurnya dengan toner. Karena campuran ini dikhawatirkan dapat mengganggu keseimbangan pH di dalam toner yang akhirnya malah nggak memberikan manfaat apa-apa.

3. Kombo Kandungan Vitamin C dengan Sunscreen

Kombo antioksidan skincare vitamin C dengan sunscreen (Foto: freepik/gpointstudio)
Kombo antioksidan skincare vitamin C dengan sunscreen (Foto: freepik/gpointstudio)

Vitamin C dan sunscreen sama-sama dikenal memiliki manfaat sebagai antioksidan bagi kulit. Sehingga ketika menggunakan skincare yang mengandung vitamin C di pagi hari dengan sunscreen akan meningkatkan kemampuan kulit dalam menangkal radikal bebas yang dapat mengganggu kesehatan kulit.

4. Menggunakan Skincare Dalam Keadaan Kulit Basah

Menggunakan skincare dalam keadaan kulit lembab/basah (Foto: freepik/pvproductions)
Menggunakan skincare dalam keadaan kulit lembab/basah (Foto: freepik/pvproductions)

Sebuah video TikTok membocorkan rahasia kulit lembab dan kenyal ala perempuan Korea yang selalu menggunakan skincare ketika kulit dalam keadaan masih basah. Video ini langsung diduetin oleh dokter Yessica Tania, seorang Dokter Estetika yang namanya melambung tinggi setelah aktif berbagi edukasi skincare di TikTok.

Dokter yang kerap dipanggil dokter Zie ini menjelaskan bahwa ketika menggunakan skincare dalam keadaan kulit basah, terutama serum atau toner yang mengandung Hyaluronic Acid, kandungan air yang ada pada kulit kita ini akan meningkatkan kinerja bahan humektan tadi sehingga kulit terasa lebih kenyal.

Itulah beberapa tren skincare hacks yang sempat viral di TikTok sepanjang 2021. Kira-kira ada hacks apalagi ya, di tahun 2022?

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE