sign up SIGN UP

5 Alasan Penting Kulit Berminyak Tetap Harus Terhidrasi dengan Baik, Jangan Diabaikan Lagi Ya!

Pavita Sevilla | Beautynesia
Senin, 26 Jul 2021 16:15 WIB
5 Alasan Penting Kulit Berminyak Tetap Harus Terhidrasi dengan Baik, Jangan Diabaikan Lagi Ya!
caption

Seringkali pemilik kulit berminyak menghindari skincare yang bisa menghidrasi atau melembapkan. Pelembap, menjadi contoh salah satu skincare yang paling sering dihindari oleh pemilik kulit berminyak.

Namun pada kenyataannya, dermatologis mengatakan bahwa kulit berminyak tetap membutuhkan hidrasi yang cukup untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit wajahnya, lho!

Dilansir dariĀ Very Well Health dan Skinkraft, inilah 5 alasan kenapa kulit berminyak tetap harus diberikan hidrasi yang cukup.

1. Menyeimbangkan Kadar Minyak di Wajah

Ilustrasi minyak di blotting paper/buzzfeed.com/Katy Herman
Ilustrasi minyak pada blotting paper/buzzfeed.com/Katy Herman

Memakai skincare untuk mengurangi minyak secara berlebihan dapat membuat kulit menjadi dehidrasi. Akibatnya, kulit malah akan memproduksi sebum atau minyak yang lebih banyak lagi daripada minyak alami yang ada di wajah.

Oleh karena itu, kulit berminyak pun tetap butuh pelembap agar kulit tidak dehidrasi. Pelembap yang memiliki klaim non-comedogenic, oil-free atau water based moisturizer bisa menjadi pilihan untuk digunakan oleh pemilik kulit berminyak.

2. Menghindari Tersumbatnya Pori-pori

Dampak pori-pori tersumbat/freepik.com/by freepik
Dampak pori-pori tersumbat/freepik.com/by freepik

Minyak yang berlebihan pada kulit dapat menyumbat pori-pori. Tersumbatnya pori-pori dapat menimbulkan masalah lain lagi, seperti komedo dan jerawat. Pastinya kamu tidak mau mengalami hal-hal itu kan, Beauties?

Nah, salah satu kelebihan kulit berminyak yang terhidrasi dengan baik, yaitu tidak akan memproduksi minyak lebih banyak. Hal ini tentunya dapat membantu menghindari masalah tersumbatnya pori-pori karena minyak berlebih.

3. Menghindari Terjadinya Iritasi

Kulit wajah yang iritasi/pixabay.com/jmexclusives
Kulit wajah yang iritasi/pixabay.com/jmexclusives

Karena sangat ingin kulit terbebas dari minyak, terkadang kita memakai skincare yang bisa menyerap minyak hingga kulit menjadi sangat kering. Bukannya bagus, kulit yang terlalu kering justru dapat membuat wajah menjadi sangat sensitif sehingga mudah iritasi.

Inilah salah satu alasan kenapa memberikan hidrasi untuk kulit berminyak itu sangat penting. Sebab, jika kulit sudah iritasi, maka akan diperlukan perawatan yang lebih ekstra lagi, bahkan bisa jadi harus mengeluarkan uang yang lebih banyak lagi. Jadi, lebih baik mencegah daripada mengobati kan, Beauties?

4. Menjaga Elastisitas Kulit

Menjaga elastisitas kulit/freepik.com/senivpetro
Menjaga elastisitas kulit/freepik.com/senivpetro

Menghidrasi kulit dapat membantu untuk melindungi skin barrier alami kulit wajahmu. Sehingga, dengan ini elastisitas kulit dapat tetap terjaga.

Selain itu, jika kulitmu terhidrasi dengan baik, kamu juga bisa mendapatkan kulit yang halus, kenyal, serta menghindari tanda-tanda penuaan seperti kulit terlihat kusam, muncul garis halus atau kerutan.

5. Membuat Hasil Makeup Semakin Flawless

Ilustrasi wajah dengan makeup/pixabay.com/Gromovataya
Ilustrasi wajah dengan makeup/pixabay.com/Gromovataya

Pemilik kulit berminyak tentu lebih memilih makeup dengan finish matte. Sayangnya, jika tidak dilakukan bersama skin preparation yang benar, hasil makeup akan terlihatĀ crack, cakey dan kurang maksimal.

Beauties, saat kamu memakai makeup, pastinya ingin terlihat flawless, bukan? Kulit berminyak yang terhidrasi dengan baik akan membuat makeup lebih menempel, tahan lama, serta menghasilkan tampilan flawless. Karena itu, pemberian hidrasi yang cukup untuk kulit berminyak ini sangat diperlukan.

Beauties, itu dia beberapa alasan kenapa kulit berminyak tetap memerlukan hidrasi yang cukup. Jadi, untuk pemilik kulit berminyak, jangan ragu lagi untuk tetap menggunakan pelembap kulit berminyak ya!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id