sign up SIGN UP

5 Ciri-ciri Foundation Sudah Kedaluwarsa dan Nggak Layak Pakai, Salah Satunya Keluar Minyak!

Cynthia Claudia | Beautynesia
Kamis, 26 May 2022 14:00 WIB
5 Ciri-ciri Foundation Sudah Kedaluwarsa dan Nggak Layak Pakai, Salah Satunya Keluar Minyak!
caption

Daya pakai foundation atau yang biasanya disebut sebagai alas bedak biasanya bisa bervariasi. Foundation biasanya bisa dipakai maksimal hingga 12 bulan sejak kemasannya dibuka. 

Foundation yang sudah kedaluwarsa sebaiknya jangan dipakai lagi, Beauties, karena bisa mengganggu kesehatan kulit wajah. Kualitas dari foundationnya juga akan berkurang seiring berjalannya waktu. 

Mari kita simak apa saja ciri-ciri foundation sudah kedaluwarsa, sebaiknya jangan dipakai lagi, ya!

1. Foundation Mengeluarkan Bau Tidak Sedap

Ciri-Ciri Foundation Kadaluarsa
Ciri-Ciri Foundation Kadaluarsa/ Foto: Pexels.com/Moose Photos

Untuk menilai apakah foundationmu sudah kadaluarsa atau belum, coba cium foundationnya terlebih dahulu. Melansir Female Daily, jika foundation mengeluarkan bau aneh yang tidak biasa, menyerupai gas waktu dicium, ini artinya harus segera dibuang.

Foundation yang mengeluarkan bau seperti gas ini artinya sudah kedaluwarsa dan mengandung bakteri. 

2. Tanggal Kedaluwarsa Sudah Lewat

Ciri-Ciri Foundation Kadaluarsa
Ciri-Ciri Foundation Kadaluarsa/ Foto: Pexels.com/Anderson G.

Setiap produk makeup, termasuk foundation biasanya mencantumkan tanggal kedaluwarsa di labelnya. Perhatikan tanggal kedaluwarsanya sebelum kamu menggunakan, Beauties. Hindari memakai foundation yang sudah melewati tanggal kedaluwarsanya.

3. Perubahan dalam Warna Foundation

Ciri-Ciri Foundation Kadaluarsa
Ciri-Ciri Foundation Kadaluarsa/ Foto: Pexels.com/ Engin Aykurt

Hal selanjutnya yang harus diperhatikan adalah perubahan dalam warna foundation. Jika warna foundation mulai berubah tidak seperti warna aslinya, maka ini artinya sudah mulai kedaluwarsa. 

Foundation yang kedaluwarsa biasanya warnanya akan semakin tua. Melansir Bustle, perubahan warna yang terjadi biasanya menunjukkan ada pertumbuhan bakteri. Jadi, hindari memakai foundation yang sudah berubah warnanya yang menjadi semakin tua ya, Beauties. 

4. Perubahan Tekstur, Menjadi Berair dan Keluar Minyak

Ciri-Ciri Foundation Kadaluarsa
Ciri-Ciri Foundation Kadaluarsa/ Foto: Freepik.com/ Vikayatskina

Jika tekstur foundation mulai berubah, seperti terlalu berair dan keluar minyak di atasnya, ini tandanya foundation sudah kedaluwarsa. Ini menunjukkan bahwa pengawet yang ada di dalam foundation sudah tidak kuat menahan minyak. 

Maka, segera buang foundation kamu jika sudah berair dan mengeluarkan minyak, Beauties. 

5. Iritasi di Kulit Wajah Ketika Dipakai

Ciri-Ciri Foundation Kadaluarsa
Ciri-Ciri Foundation Kadaluarsa/ Foto: Pinterest.com

Melansir Mayo Clinic, jika kamu memakai makeup, termasuk foundation yang sudah kadaluarsa, biasanya bisa membuat kulit wajahmu iritasi dan muncul tanda kemerahan.

Jadi, sebaiknya perhatikan kondisi kulit wajahmu setelah selesai memakainya. Memakai foundation yang sudah kedaluwarsa memang berbahaya bagi kesehatan kulit kamu, Beauties.  

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id