STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

5 Fakta tentang Retinol yang Harus Kamu Tahu

Rumaysha Milhania | Beautynesia
Selasa, 03 Nov 2020 17:00 WIB
5 Fakta tentang Retinol yang Harus Kamu Tahu

Kamu mungkin sudah tahu bahwa retinol saat ini sedang jadi superstar yang banyak dipilih sebagai bahan perawatan kulit. Melansir dari Glam, berikut ini adalah 5 fakta penting tentang retinoid.

Selain menipiskan lapisan kulit luar, ia juga merangsang produksi kolagen dan elastin untuk memperkuat fondasi kulit.
Manfaat Retinol/ Sumber: Freepik.com

Menebal dan Menipiskan Kulit Secara Bersamaan

Tentu, kedengarannya aneh, tetapi retinol melakukan keduanya, bekerja di lapisan atas kulit kamu dan di bawah permukaan secara bersamaan. Selain menipiskan lapisan kulit luar, ia juga merangsang produksi kolagen dan elastin untuk memperkuat fondasi kulit. Hal yang utama adalah yang membuat kulit kamu tampak rata dan bersinar; kemudian membantu memperbaiki tampilan garis halus dan kerutan.

Perhatikan Bahan-bahan

Banyak dari formulasi terbaru menggembar-gemborkan encapsulated retinol. Jenis ini meningkatkan penetrasi kulit dan melindungi integritas retinol. Retinol sangat reaktif dan mudah teroksidasi, Retinol yang dikemas akan lebih efektif. Sehingga encapsulated retinol akan memberi lebih banyak keuntungan.

Retinoid adalah turunan vitamin A, dan sementara vitamin A terjadi secara alami di banyak buah dan sayuran, banyak retinol yang digunakan dalam produk kosmetik berasal dari sumber hewani seperti telur. Ini adalah sesuatu yang perlu diingat jika kamu vegan, atau sekadar mencoba menghindari penggunaan bahan-bahan hewani. Carilah produk retinol yang secara khusus disebut vegan (biasanya menggunakan versi nabati sebagai gantinya).

Retinoid adalah turunan vitamin A, dan sementara vitamin A terjadi secara alami di banyak buah dan sayuran, banyak retinol yang digunakan dalam produk kosmetik berasal dari sumber hewani seperti telur.
Cara Menggunakan Retinol/ Sumber: Freepik.com

Merupakan Bahan Antioksidan

Bahan-bahan seperti teh hijau dan vitamin C mungkin dapat memberikan semua kebutuhan antioksidan kulit, tetapi retinol juga memiliki sifat antioksidan. Nah, kandungan antioksidan dalam retinol ini lebih menarik karena memiliki bentuk yang lebih stabil.

Membuat Kulit Rentan Terhadap Sinar Matahari

Ada banyak informasi yang bertentangan di luar sana tentang hal ini, tetapi Dr. Zeichner memberi tahu kita bahwa karena retinol menipiskan lapisan luar kulit, itu akan membuat kulit kamu lebih mudah terbakar. Intinya, rajinlah dengan SPF setiap kali menggunakan retinol; Memilih SPF 50 agar aman bukanlah ide yang buruk.

Secara tradisional, retinol direkomendasikan sebagai produk malam hari karena matahari dapat menonaktifkan bahan yang tidak stabil tersebut.
Cara Pakai Retinol/ Sumber: Freepik.com

Harus Digunakan pada Malam Hari

Secara tradisional, retinol direkomendasikan sebagai produk malam hari karena matahari dapat menonaktifkan bahan yang tidak stabil tersebut. Kemajuan baru dalam formulasi memang membuat sebagian skincare dengan retinol juga bisa digunakan di siang hari, tetapi menggunakannya sebelum waktu tidur masih merupakan pilihan terbaik. Kulit mengalami ritme sirkadian harian di mana aktivitas tertentu terjadi pada malam hari, dan lainnya terjadi pada siang hari. Pergantian sel secara signifikan lebih tinggi di malam hari, jadi menggunakan retinol sebelum tidur dapat membuatnya bekerja lebih baik dengan merangsang produksi kolagen saat sel paling aktif.

Nah, itulah beberapa fakta tentang retinol yang perlu kamu tahu. Semoga informasi ini bermanfaat, ya!

(arm2/arm2)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE