sign up SIGN UP

5 Kesalahan Saat Eksfoliasi Kulit yang bikin Skin Barrier Malah Rusak!

Ratih Dewi | Beautynesia
Selasa, 04 Jan 2022 07:45 WIB
5 Kesalahan Saat Eksfoliasi Kulit yang bikin Skin Barrier Malah Rusak!
caption

Eksfoliasi kulit adalah tahapan skincare yang sebaiknya tidak boleh terlewatkan. Eksfoliasi adalah proses mengangkat sel kulit mati yang bisa dilakukan dengan beberapa cara, seperti menggunakan produk skincare yang bersifat mengeksfoliasi atau alat eksfoliasi seperti cleansing brush. 

Melansir dari laman Bellatory, rutin eksfoliasi bisa membuat kulit menjadi lebih cerah, halus, dan mengurangi tanda-tanda penuaan di kulit. Sayangnya, beberapa dari kita masih melakukan kesalahan dalam eksfoliasi kulit yang malah membuat skin barrier menjadi rusak. 

Berikut kesalahan-kesalahan dalam eksfoliasi yang sering dilakukan tanpa disadari: 

1. Terlalu Kasar Saat Eksfoliasi Kulit 

Terlalu Kasar saat Eksfoliasi Kulit
Terlalu Kasar saat Eksfoliasi Kulit/Foto : pexels.com/Nectar Bath Treats

Ketika menggunakan scrub untuk eksfoliasi, pastikan untuk menggosoknya dengan lembut di permukaan kulit. Melansir dari laman India.com, jika menggosok dengan kasar justru bisa merusak pembuluh darah yang nantinya menyebabkan peradangan pada kulit. 

Sama halnya dengan eksfoliasi pada kulit wajah menggunakan kapas atau eksfoliator lainnya, pastikan untuk mengaplikasikannya secara perlahan di permukaan kulit.

Jika dilakukan dengan benar, Beauties akan merasakan manfaat yang optimal dari eksfoliasi secara rutin, baik untuk kulit wajah ataupun tubuh lainnya. 

2. Eksfoliasi Dalam Keadaan Kulit Kering

Eksfoliasi dalam Keadaan Kulit Kering
Eksfoliasi dalam Keadaan Kulit Kering/Foto : pexels.com/Polina Tankilevitch

Menggunakan produk eksfoliasi dalam keadaan kulit kering bisa membuat kulit menjadi mudah iritasi. Sebelum menggunakan body scrub, Beauties bisa gunakan minyak zaitun terlebih dahulu sambil memijat area tubuh seperti tangan, kaki, leher, atau area tubuh lainnya.

Tunggu 5 - 10 menit lalu gunakan body scrub agar kotoran dan sel kulit mati bisa terangkat dengan optimal.

Selain itu, menggunakan minyak zaitun atau membasahi tubuh dengan air sebelum body scrub akan meminimalisir iritasi pada kulit karena permukaan kulit lebih lembap dan mencegah skin barrier rusak. Demikian seperti yang dilansir dari laman Onaskin. 

3. Tidak Membersihkan Makeup dengan Benar

Tidak Membersihkan Makeup dengan Benar
Tidak Membersihkan Makeup dengan Benar/Foto : pexels.com/Alena Darmel

Buat Beauties yang sering menggunakan makeup, pastikan untuk membersihkannya dahulu menggunakan micellar water atau produk lainnya sebelum melakukan eksfoliasi. Melansir dari laman Be Beautiful, makeup akan mengendap di dalam pori-pori yang menyebabkan jerawat. 

Jika tidak dibersihkan dengan makeup remover, kandungan eksfoliasi dari produk yang digunakan tidak akan bekerja dengan optimal di kulit wajah. Terutama untuk produk makeup yang waterproof, pastikan untuk membersihkannya dengan oil based, seperti cleansing oil ataupun cleansing balm

4. Tidak Tepat Memilih Produk untuk Eksfoliasi Kulit

Tidak Tepat Memilih Produk untuk Eksfoliasi Kulit
Tidak Tepat Memilih Produk untuk Eksfoliasi Kulit/Foto : pexels.com/Tara Winstead

Banyaknya produk eksfoliasi untuk kulit yang beredar di pasaran saat ini, sering kali membuat kita bingung produk mana yang harus digunakan. Sebelum memutuskan untuk menggunakan produk eksfoliasi tersebut, pastikan kita mengenali tipe kulit sendiri. 

Seperti yang dilansir dari laman Skin Virtue, untuk kulit yang sensitif hindari produk eksfoliasi dengan kandungan yang terlalu tinggi atau menggunakan scrub. Untuk tipe kulit berminyak atau normal bisa menggunakan kandungan seperti AHA atau BHA

Untuk eksfoliasi kulit tubuh, pastikan menggunakan body scrub dengan butiran scrub yang halus. Atau bisa menggunakan bath gloves dan pastikan tidak menggosoknya terlalu kasar di kulit. 

5. Tidak Menggunakan Produk untuk Melembapkan Kulit

Tidak Menggunakan Produk untuk Melembapkan Kulit
Tidak Menggunakan Produk untuk Melembapkan Kulit/Foto : pexels.com/Greta Hoffman

Setelah melakukan eksfoliasi, pastikan untuk menggunakan produk yang melembapkan kulit seperti toner, serum, moisturizer, ataupun body serum. Melansir dari laman Skincare News, mengaplikasikan moisturizer atau pelembap lainnya akan mengembalikan kadar air yang hilang di kulit saat eksfoliasi. 

Pastikan untuk tidak melakukan kesalahan-kesalahan di atas saat eksfoliasi supaya tidak merusak skin barrier dan mendapatkan hasil yang optimal. Selamat mencoba! 

[Gambas:Youtube]

------------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id