STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

6 Kebiasaan Buruk yang Bikin Penuaan Kulit Datang Lebih Cepat, Salah Satunya Terlalu Banyak Pakai Produk Skincare!

Friska Nindi Rianti | Beautynesia
Selasa, 03 Jan 2023 10:00 WIB
6 Kebiasaan Buruk yang Bikin Penuaan Kulit Datang Lebih Cepat, Salah Satunya Terlalu Banyak Pakai Produk Skincare!

Memasuki pertengahan usia 20-an, kulit akan mulai mengalami tanda-tanda penuaan seperti munculnya garis halus hingga kerutan. Hal ini karena di usia tersebut, produksi kolagen dalam kulit akan terus berkurang secara bertahap sehingga keelastisan kulit jadi menurun. 

Oleh karena itu, kamu disarankan untuk mulai menggunakan skincare antiaging di pertengahan usia 20-an, Beauties. Tak hanya perlu merawat kulit dengan skincare saja, kamu juga perlu menghindari kebiasaan-kebiasaan buruk berikut ini, yang ternyata tanpa disadari bisa membuat tanda-tanda penuaan kulit datang lebih cepat. 

Mengutip dari Glam, ini dia sederet kebiasaan penyebab penuaan kulit yang perlu kamu hindari!

1. Terlalu Banyak Menggunakan Produk Skincare

produk skincare
Deretan produk skincare untuk merawat kulit/Foto: Freepik/Artfully79

Sebagai beauty enthusiast, kamu mungkin memiliki banyak produk-produk skincare terbaru dan gemar melakukan skincare routine dengan tahapan yang panjang dan rumit. Sayangnya, kebiasaan menggunakan produk skincare terlalu banyak dalam satu waktu sekaligus ternyata bisa memicu munculnya tanda-tanda penuaan dini, lho. 

Hal ini karena terlalu sering menggabungkan produk skincare secara berlebihan, apalagi menggabungkan produk dengan kandungan yang sebenarnya tidak boleh digunakan bersamaan, justru bisa merusak kulit. 

Alih-alih menggunakan banyak produk, kamu lebih disarankan untuk menyeleksi produk menjadi lebih sedikit dan basic, namun memiliki formula spesifik yang menargetkan masalah kulit tertentu. 

2. Tidak Merawat Kulit Leher

merawat kulit leher
Kulit leher juga perlu dirawat untuk mencegah tanda-tanda penuaan kulit/Foto: Freepik/Makistock

Saat bicara soal perawatan antiaging, kita cenderung hanya fokus pada perawatan kulit wajah saja dan mengabaikan perawatan area kulit lainnya, seperti kulit area leher. 

Padahal, kulit leher (dan dada) merupakan area kulit yang lebih tipis sehingga biasanya menjadi area kulit pertama yang mengalami kendur dan hiperpigmentasi seiring bertambahnya usia. 

3. Tidak Membersihkan Wajah Sebelum Tidur

cleansing balm dan kapas pembersih makeup
Produk cleansing dan kapas pembersih makeup/Foto: Freepik/Azalina8

Membersihkan wajah sebelum tidur penting dilakukan untuk memperlancar proses regenerasi kulit di malam hari. Jika kondisi kulit masih kotor dengan sisa makeup, debu dan minyak yang masih menempel, proses perbaikan kulit pun jadi terhambat sehingga tanda-tanda penuaan kulit menjadi muncul lebih cepat. Selain itu, tidak membersihkan wajah di malam hari juga bisa berdampak buruk pada rusaknya lapisan skin barrier.

 4. Kurang Tidur

begadang
Kurang tidur bisa mempercepat penuaan kulit/Foto: Freepik/DCStudio

Tidak hanya malas membersihkan wajah, kurang tidur di malam hari juga menyebabkan proses regenerasi kulit terhambat. Kurang tidur juga berkontribusi pada stres dalam tubuh, yang kemudian berdampak pada berkurangnya produksi kolagen yang berfungsi menjaga kekencangan dan elastisitas kulit. 

5. Hobi Makan Junk Food 

junk food
Junk food punya pengaruh buruk pada kesehatan kulit/Foto: Freepik/Stokking

Sering makan junk food dan daging olahan? Hati-hati ya, Beauties. Kebiasaan makan yang kurang sehat ini ternyata memiliki pengaruh pada kesehatan kulit. lho. Sebab, daging olahan banyak mengandung sulfit dan bahan pengawet lainnya yang bisa memicu peradangan kulit dan mempercepat munculnya tanda-tanda penuaan kulit. 

6. Terlalu Sering Pakai Ponsel

ilustrasi wanita bermain ponsel
Paparan sinar biru dari ponsel berdampak buruk pada kulit/Foto: Freepik/Our-team

Di zaman yang kini serba digital, kita lebih banyak menghabiskan waktu dengan memakai ponsel. Sayangnya kebiasaan ini memiliki dampak buruk pada kulit, sebab blue light yang dipancarkan dari layar gadget dapat merangsang produksi radikal bebas di kulit, menyebabkan stres oksidatif yang dapat menghancurkan kolagen hingga menyebabkan hiperpigmentasi yang juga menjadi salah satu tanda penuaan kulit.

--

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

TAGS

Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE