STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

6 Pilihan Kandungan Natural Oil pada Skincare untuk Kulit Berminyak dan Atasi Jerawat

Ratih Dewi | Beautynesia
Selasa, 04 Oct 2022 07:45 WIB
6 Pilihan Kandungan Natural Oil pada Skincare untuk Kulit Berminyak dan Atasi Jerawat

Beauties, pemakaian produk kecantikan dengan formula oil-based tidak hanya untuk kulit kering saja, lho. Produk oil-based yang mengandung natural oil atau minyak alami dari ekstrak tumbuhan ternyata memiliki manfaat baik untuk kulit berminyak, salah satunya mengatasi jerawat. 

Hal ini disebabkan, minyak alami memiliki sifat anti-bakteri, anti-inflamasi, dan kemampuan untuk mengontrol minyak di kulit wajah. Produk seperti face oil menjadi pilihan tepat untuk mengatasi permasalahan wajah di kulit berminyak. 

Kira-kira, kandungan natural oil apa saja sih yang cocok untuk kulit berminyak dan dapat atasi jerawat? Yuk, simak artikel di bawah ini! 

1. Jojoba Oil 

Jojoba Oil
Jojoba Oil/Foto: freepik.com/freepik

Minyak jojoba memiliki fungsi untuk mengontrol sebum dan menjaga kadar minyak di kulit wajah tetap seimbang. Melansir dari laman Healthline, penggunaan minyak jojoba pada kulit yang berjerawat dapat membantu meredakan jerawat ringan di wajah. 

Namun beberapa penelitian menunjukkan pemakaian terlalu banyak minyak jojoba dapat memberikan efek samping pada kulit, seperti pori-pori tersumbat atau komedo. Oleh karena itu pemakaian minyak jojoba dianjurkan satu sampai dua kali dalam seminggu saja.

2. Tea Tree Oil 

Tea Tree Oil
Tea Tree Oil/foto: freepik.com/jcomp

Minyak dari daun teh ini memang dikenal sebagai bahan alami yang cocok digunakan untuk mengatasi kulit berjerawat. Seperti yang dilansir dari laman Byrdie, minyak daun teh memiliki manfaat untuk membunuh bakteri penyebab jerawat, anti-inflamasi yang tinggi, dan tidak menyebabkan komedo. 

Produk kecantikan seperti toner, serum, masker wajah sudah banyak yang menggunakan tea tree oil sebagai kandungan utama mereka. Buat Beauties yang memiliki kulit berjerawat, bisa pertimbangkan menggunakan minyak alami satu ini, ya. 

3. Lavender Oil

Lavender Oil
Lavender Oil/foto: freepik.com/freepik

Bunga lavender dikenal dengan kemampuannya untuk menenangkan pikiran dan mengatasi masalah sulit tidur. Ternyata, bunga lavender juga memiliki kemampuan untuk mengatasi jerawat karena sifat antimikroba yang terkandung di dalamnya. Demikian yang dilansir dari laman Who.

Umumnya, minyak bunga lavender ini dapat digunakan setiap hari, pagi dan malam. Pemakaian rutin dapat membantu menyamarkan noda hitam dan mengurangi iritasi pada kulit wajah. 

4. Rosemary Oil  

Rosemary Oil
Rosemary Oil/foto: freepik.com/jcomp

Rosemary terkenal sebagai rempah-rempah yang dapat menambah cita rasa makanan. Melansir dari laman Conserve Energy Future, minyak dari rosemary memiliki sifat antimikroba dan antioksidan yang tinggi. 

Oleh karena itu, minyak alami ini menjadi salah satu pilihan untuk mengatasi kulit berjerawat dan meminimalisir pembengkakan kulit yang diakibatkan oleh jerawat di bawah kulit. 

5. Chamomile Oil 

Chamomile Oil
Chamomile Oil/foto: freepik.com/8photo

Ekstrak dari bunga chamomile saat ini sudah banyak digunakan sebagai kandungan pada produk kecantikan. Hal ini disebabkan bunga chamomile memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-bakteri yang sangat baik untuk menenangkan, mengontrol produksi sebum, dan mengatasi jerawat, demikian seperti yang dilansir dari laman Living Well.

6. Ylang Ylang Oil 

Ylang Ylang Oil
Ylang Ylang Oil/foto: freepik.com/user22978605

Melansir dari laman Cosmopolitan, minyak dari bunga ylang-ylang ini dapat menyeimbangkan produksi sebum di wajah dan mengatasi noda hitam bekas jerawat. Selain itu, minyak alami ini membantu mempertahankan kelembapan dan melawan jerawat di kulit wajah. 

Tipe kulit wajah juga cocok menggunakan minyak alami dari bunga ylang-ylang ini dan memiliki fungsi lain sebagai anti-aging dengan menyamarkan garis-garis halus.  

--------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE