sign up SIGN UP

7 Cara Mudah Mengatasi Blackhead di Area Hidung dengan Optimal

Ratih Dewi | Beautynesia
Rabu, 05 Jan 2022 07:45 WIB
7 Cara Mudah Mengatasi Blackhead di Area Hidung dengan Optimal
caption

Selain jerawat, blackhead atau komedo hitam menjadi masalah kulit yang banyak dialami perempuan dan sering kali mengganggu penampilan. Blackhead sendiri merupakan kumpulan minyak berlebih yang ada di pori-pori kulit wajah yang teroksidasi, oleh karena itu disebut dengan komedo hitam. 

Menurut Dr. Anjali Mahto dari klinik kecantikan yang ada di London menjelaskan jika blackhead tidak bisa benar-benar hilang dan akan muncul secara alami setiap 20 - 40 hari, karena pori-pori wajah kita selalu memproduksi minyak. Demikian seperti yang dilansir dari laman Cosmopolitan. 

Namun, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi blackhead yang mengganggu penampilan ini. Check this out! 

1. Mencuci Wajah Sehari 2 Kali

Mencuci Wajah Sehari 2 Kali
Mencuci Wajah Sehari 2 Kali/Foto : freepik.com/wayhomestudio

Mencuci wajah adalah salah satu langkah terpenting dalam rangkaian skincare. Setiap harinya banyak kotoran dan minyak yang menumpuk di permukaan kulit wajah kita, jika tidak rutin mencuci wajah 2 kali sehari, kotoran dan minyak yang menumpuk akan menjadi komedo dan penyebab jerawat. 

Pertimbangkan untuk memilih sabun wajah dengan kandungan mild, agar kulit tetap lembap dan tidak memicu produksi sebum yang berlebihan, seperti yang dilansir dari laman Glamour

2. Selalu Rutin Eksfoliasi Kulit Wajah

Selalu Rutin Eksfoliasi Kulit Wajah
Selalu Rutin Eksfoliasi Kulit Wajah/Foto : freepik.com/wayhomestudio

Pasti Beauties sudah tidak asing dengan tahapan skincare ini untuk mengangkat sel kulit mati di kulit wajah. Melansir dari laman Healthline, rutin melakukan eksfoliasi akan menghilangkan jumlah sel kulit mati yang menyebabkan pori-pori tersumbat. 

Kalau Beauties memiliki tipe kulit yang sensitif, hindari eksfoliasi menggunakan face scrub dan coba menggunakan chemical exfoliation dengan kandungan yang ringan terlebih dahulu. Setelahnya, jangan lupa untuk selalu menggunakan sunscreen di pagi hari untuk melindungi kulit wajah. 

3. Gunakan Produk Non-Comedogenic

Gunakan Produk Non-Comedogenic
Gunakan Produk Non-Comedogenic/Foto : freepik.com/freepik

Melansir dari laman webMD, pertimbangkan untuk menggunakan produk makeup atau skincare yang non-comedogenic supaya tidak menyumbat pori-pori. Sebagian besar produk kosmetik yang non-comedogenic dinilai tidak mengandung minyak apapun yang bisa meminimalisir munculnya komedo.

Beberapa produk yang harus diperhatikan seperti sunscreen, pelembap, bedak, foundation, termasuk kamu yang memiliki tipe kulit acne-prone agar tidak merusak produksi minyak alami di kulit wajah. 

4. Clay Mask untuk Mengurangi Minyak 

Clay Mask untuk Mengurangi Minyak
Clay Mask untuk Mengurangi Minyak/Foto : freepik.com/wayhomestuido

Clay mask atau masker wajah yang dibuat dari tanah liat dapat membantu menghilangkan komedo dan mengeksfoliasi kulit. Demikian seperti yang dilansir dari laman SELF. Produk ini tidak bisa digunakan setiap hari dan umumnya digunakan seminggu 1 - 2 kali tergantung kebutuhan kulit. 

Pastikan untuk menggunakan clay mask sesuai petunjuk pemakaian, seperti tidak lebih dari 10 menit dan pastikan menggunakan produk skincare yang menghidrasi setelahnya. 

5. Kandungan BHA seperti Salicylic Acid

Kandungan BHA seperti Salicylic Acid
Kandungan BHA seperti Salicylic Acid/Foto : freepik.com/lookstudio

Salah satu kandungan aktif yang bagus untuk mengurangi komedo dan jerawat adalah salicylic acid yang bisa ditemui dalam produk seperti pembersih wajah, toner, serum, ataupun pelembap. 

Melansir dari laman Health Essential, untuk pemula gunakan produk yang mengandung 2% - 4% BHA. Beauties bisa menambahkan secara perlahan tergantung dari reaksi kulit wajah. Jika setelah menggunakan persentase yang cukup tinggi, kulit cenderung menjadi kering dan kemerahan, coba untuk turunkan persentasenya. 

6. Tambahkan Retinol dalam Rangkaian Skincare

Tambahkan Retinol dalam Rangkaian Skincare
Tambahkan Retinol dalam Rangkaian Skincare/Foto : freepik.com/freepik

Kandungan retinol tidak hanya berfungsi sebagai anti-aging atau mencegah penuaan, namun retinol juga bekerja dengan meregenerasi sel-sel kulit yang lama, sehingga relatif tidak terjadi penyumbatan di kulit wajah yang bisa mengurangi munculnya komedo. 

Melansir dari laman Everyday Health, penelitian yang dilakukan di tahun 2016 menunjukkan, salah satu subjek mengalami peningkatan produksi kolagen dan ketebalan epidermis dalam waktu 12 minggu.  

7. Jangan Gunakan Kuku untuk Mengeluarkan Komedo 

Jangan Gunakan Kuku untuk Mengeluarkan Komedo
Jangan Gunakan Kuku untuk Mengeluarkan Komedo/Foto : freepik.com/jcomp

Komedo memang sering kali terlihat jelas di permukaan kulit, terutama area hidung. Jangan gunakan kuku atau memencet sendiri komedo yang terlihat jelas. Beauties bisa coba gunakan alat khusus untuk mengeluarkan komedo atau pore pack yang lebih optimal. 

Kotoran atau bakteri yang ada di kuku bisa memicu munculnya jerawat dan bisa membuat area hidung terluka nantinya. 

-------------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id