sign up SIGN UP

7 Langkah Perawatan Kulit Wajah untuk Wanita Usia 40 Tahun ke Atas

Lulu Lukyani | Beautynesia
Jumat, 25 Jun 2021 21:30 WIB
7 Langkah Perawatan Kulit Wajah untuk Wanita Usia 40 Tahun ke Atas
caption
Jakarta -

Ciri-ciri penuaan pada wajah, mulai dari kulit kusam, kendur, hingga keriput jadi masalah utama bagi orang-orang yang telah berusia 40 tahun ke atas. Pada perempuan, tanda penuaan kulit wajah biasanya terjadi menjelang menopause, atau periode yang disebut perimenopause.

Pada masa menjelang menopause tersebut, hormon estrogen mulai berkurang, sehingga menyebabkan kulit menjadi lebih tipis dan tidak elastis. Selain itu, kondisi tersebut juga dipengaruhi dengan menurunnya produksi kolagen dalam tubuh. Situasi tersebut bagi banyak perempuan tentu sulit diterima. Kehilangan kulit cantik, segar, dan sehat tentu bukanlah hal yang mudah.

Oleh sebab itu, perempuan usia 40 tahun ke atas harus menjaga kesehatan dan kecantikan kulitnya agar tetap muda.

Perawat kulit untuk wanita usia 40 tahun ke atas

Ilustrasi perawatan kulit
Ilustrasi perawatan kulit/Freepik

Dikutip dari Wolipop, berikut ini 7 langkah perawatan kulit wajah untuk wanita usia 40 tahun ke atas menurut dermatologis.

1. Krim mata

Langkah perawatan kulit wajah perempuan usia 40 tahun ke atas yang pertama adalah dengan menggunakan krim mata. Pilih krim mata yang mengandung kafein, niacinamide, asam hialuronat, dan retinol untuk mengurangi bengkak dan lingkaran hitam, menyamarkan garis-garis halus, dan meningkatkan produksi kolagen.

"Oleskan seukuran kacang polong dua kali sehari dengan menepuk lembut krim dengan jari manis Anda," ujar Dr. Martha Viera, staf pengajar di Departemen Dermatologi Universitas Miami. "Pastikan untuk menggunakan produk krim mata yang mengandung retinoid di malam hari untuk menghindari sensitivitas terhadap sinar matahari," imbuhnya.

2. Krim leher

Penggunaan krim leher untuk perawatan kulit wajah perempuan usia 40 tahun ke atas juga sangat penting. Pilih krim leher yang mengandung tetrapeptida, ekstrak alga antioksidan, glukosamin, dan asam lemak omega-3 yang berfungsi untuk pembentukan kolagen, melindungi dari radikal bebas, merangsang asam hialuronat dan meningkatkan hidrasi sekaligus mengurangi kerutan, serta menjaga kelembapan kulit wajah.

"Terapkan di pagi dan sore hari, aplikasikan dari leher ke rahang sampai produk menyerap secara merata," kata Dr. Mona Gohara, profesor klinis dermatologi di Yale School of Medicine.

3. Eksfoliator

Perawatan kulit wajah dengan eksfoliator juga disarankan untuk membuang sel kulit mati, membantu pergantian sel, membersihkan pori-pori, dan mengurangi pigmentasi. Pilih eksfoliator yang mengandung glycolic, lactic, mandelic atau salicylic acid agar lebih efektif selama proses perawatan.

"Gunakan eksfoliator wajah dalam jumlah kecil untuk dua hingga tiga kali seminggu di malam hari," kata Dr. Paul Jarrod Frank, asisten profesor klinis dermatologi di The Icahn School of Medicine di Rumah Sakit Mount Sinai.

"Jangan berlebihan, terlalu banyak pengelupasan kulit dapat merampas asam lemak kulit yang melindungi lapisan kulit terluar," terangnya.

4. Moisturizer

Penggunaan pelembap atau moisturizer juga berpengaruh terhadap kesehatan dan kecantikan kulit wajah perempuan usia 40 tahun ke atas. Gohara mengatakan, moisturizer yang baik ialah yang mengandung nutrisi yang membantu melembapkan kulit wajah, seperti niacinamide, ceramide, gliserin, dan asam hialuronat.

"Agar lebih efektif, oleskan pelembab Anda setelah serum anti-penuaan Anda. Oleskan pipi, dahi, dagu, dan hidung Anda, lalu gosok dengan gerakan melingkar ke atas pada pagi dan malam hari," kata Jarrod.

5. Krim anti-aging

Pada usia 40 tahun ke atas, ada dua produk yang sangat vital dalam mencegah penuaan dini pada kulit wajah, yakni serum pagi dan serum malam. Serum pagi mengandung asam hialuronat dan antioksidan mampu menyerap kelembapan, sedangkan serum malam yang mengandung peptida dan retinol (retinol harus digunakan pada malam hari karena dapat membuat kulit Anda sensitif terhadap matahari).

"Antioksidan seperti vitamin C, E, B5, dan resveratrol mencegah radikal bebas menempel dan mencegah merusak sel kulit yang sehat, sementara retinoid dan peptida mengelupas kulit mati sambil merangsang kolagen dan menyamarkan kerutan," kata Dr. Arisa Ortiz, direktur laser dan dermatologi kosmetik di University of California di San Diego.

6. Cleanser

Langkah perawatan kulit wajah perempuan usia 40 tahun ke atas selanjutnya adalah rutin membersihkannya menggunakan cleanser. Pilih pembersih atau cleanser yang mengandung ceramide, gliserin, dan vitamin E.

"Seramida adalah lipid yang membantu mempertahankan kelembapan, gliserin adalah humektan yang menarik air dari lapisan terdalam kulit, sementara vitamin E juga menambah kelembapan," ujar Viera.

"Sebelum membersihkan, cuci tangan hingga bersih untuk menghindari kotoran atau bakteri menyentuh kulit, dan percikkan wajah dengan air hangat sebelum mengaplikasikan untuk mengaktifkan bahan pembersih. Mulai dan akhiri hari dengan cleanser, oleskan dengan gerakan melingkar di wajah dan leher," jelasnya.

7. Sunscreen

Tabir surya atau sunscreen juga merupakan produk yang sangat penting dalam proses perawatan kulit wajah bagi perempuan usia 40 tahun ke atas. Sunscreen tak cuma melindungi wajah dari sinar matahari tapi juga dari flek hitam dan kanker kulit.

"Cari SPF 30 atau lebih tinggi dan oleskan setengah sendok teh di wajah setiap hari, termasuk telinga dan leher, sebelum merias wajah. Jika mengemudi, pastikan untuk melindungi tangan, karena sinar UVA dapat menembus kaca, mengakibatkan bintik atau flek," ujar Gohara.

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id