sign up SIGN UP

7 Tips Makeup untuk Pemilik Kulit Kering agar Riasan Terlihat Flawless dan Anti-Crack!

Ade Irma Suryani | Sabtu, 08 Jan 2022 17:30 WIB
7 Tips Makeup untuk Pemilik Kulit Kering agar Riasan Terlihat Flawless dan Anti-Crack!
7 Tips Makeup untuk Pemilik Kulit Kering/Foto: Pexels.com/Karolina Grabowska

Kulit kering biasanya ditandai dengan permukaannya yang kasar, bersisik, kurang elastis, dan kusam. Karena itu, perlu diketahui tips makeup untuk kulit kering, agar tidak sampai melakukan kesalahan dalam membuat hasil riasan.

Karena jika salah mengaplikasikan makeup, bisa membuat hasil riasan jadi tampak retak dan terkelupas. Nah Beauties, agar tidak keliru dan sembarang dalam ber-makeup, simak yuk bagaimana cara makeup untuk kulit kering di bawah ini ya!

1. Pakai Pelembap Terlebih Dahulu

Pakai pelembap terlebih dahulu sebelum memulai dasar makeup.
Pakai Pelembap Terlebih Dahulu/ Foto: pexels.com/Anna Shvets 

Setelah membersihkan wajah dan mengeringkannya, jangan lupa untuk memakai pelembap terlebih dahulu ya, Beauties. Hal ini penting bagi pemilik kulit kering agar dapat membuat kulit tetap terhidrasi, sehingga kosmetik juga dapat menempel dengan baik. Sementara itu, untuk kulit kering kamu perlu memilih pelembap dengan tekstur krim.

2. Pilih Primer yang Melembapkan

Untuk kulit kering, pilih primer yang dapat melembapkan.
Pilih Primer yang Melembapkan/ Foto: pexels.com/Ron Lach 

Sebelum penggunaan foundation, terlebih dulu kamu perlu mengaplikasikan primer pada wajah agar tampilan makeup terlihat lebih halus dan tahan lama. Namun, pastikan agar kamu tidak sampai salah memilih primer wajah.

Pasalnya, salah memilih primer wajah untuk kulit kering bisa membuat kulit jadi semakin kering, lho! Karena itu, kamu perlu memilih produk primer yang dapat melembapkan. Kamu bisa mencoba hydrating primer yang dapat melembapkan sekaligus memberikan efek dewy pada kulit wajahmu.

3. Pilih Foundation Bertekstur Cair atau Krim

Untuk kulit kering pilihlah foundation berbahan cair atau krim.
Pilih Foundation Bertekstur Cair atau Krim/ Foto: pexels.com/cottonbro  

Bagi pemilik kulit kering, sangat disarankan untuk memilih foundation bertekstur cair atau krim. Karena foundation yang bertekstur demikian akan dapat membantu melembapkan kulitmu yang kering. Sementara itu, bagi kamu yang menyukai formula lebih ringan, kamu dapat menggunakan BB cream. 

4. Tidak Perlu Menggunakan Bedak

Pemilik kulit kering tidak perlu menggunakan bedak.
Tidak Perlu Menggunakan Bedak/ Foto: pexels.com/Polina Tankilevitch 

Penggunaan bedak tidak disarankan bagi kamu yang memiliki kulit kering. Karena bedak bisa membuat wajah semakin kering dan hasil makeup jadi terlihat cakey.

Hal ini tak lain lantaran bedak bisa menyerap produksi minyak berlebih pada kulitmu, sedangkan kulitmu juga sudah kurang lembap. Namun kamu dapat memoles sedikit bedak pada zona T wajah, itu pun jika area tersebut berminyak. 

5. Pilih Blush On Bertekstur Krim

Untuk kulit kering pilihlah blush on bertekstur krim.
Pilih Blush On Bertekstur Krim/ Foto: pexels.com/Ron Lach 

Untuk kamu yang memiliki kulit kering, sebaiknya hindari juga pemakaian blush on yang berbentuk bedak ya, Beauties. Pilihlah blush on dengan tekstur krim. Karena blush on dengan tekstur tersebut dapat melembapkan wajah lebih lama dan juga cenderung lebih bertahan lama pada kulit. 

6. Gunakan Lip Balm

Sebelum menggunakan lipstik, gunakan lip balm dulu.
Gunakan Lip Balm/ Foto: pexels.com/Burst 

Selain memiliki kulit wajah yang kering, kamu juga pasti memiliki kulit bibir yang kering. Karena itu, sebelum mengoleskan lipstik, akan lebih baik jika kamu menggunakan lip Balm dulu. Hal ini penting agar dapat menghindarkan bibirmu dari pecah-pecah dan sekaligus membantu menjaga kelembapannya. 

7. Gunakan Setting Spray

Gunakan setting spray setelah tahap akhir makeup.
Gunakan Setting Spray/ Foto: pexels.com/cottonbro 

Tahap paling akhir setelah penggunaan makeup ialah menggunakan setting spray. Bagi kamu yang memiliki kulit kering, tentu saja penggunaan setting spray begitu penting. Gunakan setting spray khusus untuk kulit kering agar kulit tetap lembap. 

Nah Beauties, itulah beberapa tahapan makeup untuk kulit kering yang bisa kamu terapkan. Karena itu, paling penting untuk mengetahui jenis kulitmu terlebih dahulu, agar produk kosmetik yang digunakan dapat sesuai dengan kondisi kulit. 

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id