STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Agar Lebih Nyaman, Ini 7 Tips Makeup untuk Pemilik Kulit Sensitif

Tria Oktyana | Beautynesia
Minggu, 06 Oct 2019 06:15 WIB
Agar Lebih Nyaman, Ini 7 Tips Makeup untuk Pemilik Kulit Sensitif
Makeup dapat membuat penampilan lebih menarik, tetapi sayangnya banyak wanita menghindari makeup karena memiliki kulit sensitif. Jangan khawatir, kita masih dapat menggunakan makeup dengan mengikuti tips makeup ini!
Memiliki kulit sensitif membuat kita khawatir dalam menggunakan makeup. Salah menggunakan makeup dapat berbahaya untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Untuk itu perhatikan 7 tips makeup berikut agar tetap nyaman menggunakan makeup.

Persiapkan Kulit Sebelum Menggunakan Makeup


Foto: https://id.pinterest.com/elleira95/

Tips makeup untuk kulit sensitif yang paling utama adalah mempersiapkan wajah agar terhidrasi sebelum menggunakan makeup. Bukan hanya menggunakan pelembab wajah yang tepat untuk kulitmu, kamu juga perlu menenangkan wajah dengan menggunakan kompres wajah ataupun steam face selama 15 menit sebelum menggunakan makeup. Hal ini dilakukan agar membuat wajah lebih tenang sehingga menghindari iritasi saat menggunakan makeup


Menggunakan Makeup Organik dan Mineral Tak Selamanya Baik


Foto: https://id.pinterest.com/kinjago/

Pemiliki kulit sensitif juga harus berhati-hati saat memilih makeup yang tepat. Walaupun kamu menggunakan makeup dengan label natural ataupun organik, kamu juga masih perlu mengecek kandungan dalam makeup tersebut. Apakah makeup tersebut menggunakan parfum ataupun ada bahan yang membuat kulit kamu alergi. 


Pilihlah Solid Makeup


Foto: https://id.pinterest.com/bliput/

Makeup yang solid ataupun compact lebih baik digunakan. Hal ini disebabkan produksi makeup dengan tekstur solid sedikit memerlukan air, sehingga tak perlu menggunakan pengawet untuk menghalau bakteri pada makeup. 


Perhatikan Tanggal Kadaluarsa


Foto: https://id.pinterest.com/dizzygirl2001/

Tips makeup untuk kulit sensitif yang tak kalah penting juga adalah memperhatikan tanggal kadaluarsa dalam kemasan makeup. Hal ini seringkali diabaikan oleh para wanita, padahal makeup yang kadaluarsa dapat memberikan efek buruk pada kulit, apalagi untuk kamu yang memiliki kulit sensitif. Dalam makeup biasannya tercantuk tulisan 6M ataupun 12M, yang berarti dapat digunakan 6 bulan ataupun setahun setelah makeup dibuka.


Pilih BB Cream Daripada Foundation


Foto: https://id.pinterest.com/tajanaeh/

Makeup yang terlalu kuat sangat rentan menyebabkan kulit menjadi iritasi ataupun kering, apalagi untuk kita yang memiliki kulit sensitif. Apalagi makeup seperti foundation memiliki tingkan pigmented yang tinggi, untuk itu membuat kulit kamu tetap flawless kamu dapat mengganti penggunakan foundation dengan BB cream yang memiliki tingak pigmeted lebih ringan. 


Pilihlah Aplikator yang Tepat


Foto: https://id.pinterest.com/anettatheboss/

Pemilihan aplikator seringkali diabaikan, padahal banyak pemiliki kulit sensitif yang memiliki alergi pada bahan untuk aplikator. Seperti contohnya adalah penggunakan sponge, walaupun aplikator ini memudahkan dalam menggunakan makeup tetapi kita harus waspada dengan kandungan dalam sponge yang kita gunakan. Hindari penggunaan sponge yang mengandung latex allergen karena dapat menyebabkan dermatitis atopik. 


Hati-Hati dengan Makeup yang Pigmented


Foto: https://id.pinterest.com/vika19en/

Tips makeup untuk kulit sensitif terakhir, sebenarnya telah disinggung di atas. Pemiliki kulit sensitif harus berhati-hati dengan makeup yang memiliki pigmentasi yang tinggi. Hal ini karena makeup yang memiliki pigmentasi tinggi biasanya menyebakan kulit menjadi kering dan rentan iritasi.

Menghindari makeup yang memiliki pigmentasi yang tinggi bukan berarti kita memilih makeup dengan warna yang pudar. Tetapi pilihlah makeup yang memiliki tekstur yang ringan dengan kandungan bahan yang aman untuk kulit.

Sumber: www.elle.com


(kik/kik)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE