sign up SIGN UP

Alasan Kenapa Tetap Harus Pakai Sunscreen Meski di Dalam Rumah

Ayuliy Lestari | Beautynesia
Senin, 26 Jul 2021 08:30 WIB
Alasan Kenapa Tetap Harus Pakai Sunscreen Meski di Dalam Rumah
caption

Perlu nggak sih pakai sunscreen saat di dalam rumah? Ketika berada di dalam ruangan, mungkin kamu menjadi abai akan pentingnya memakai sunscreen. Bahkan tak sedikit orang menganggap ketika berada di dalam rumah, kulit sepenuhnya terlindungi dari paparan sinar matahari.

Untuk itu, banyak orang yang hanya memakai sunscreen atau pelindung kulit ketika akan keluar rumah saja. Apakah kamu salah satunya? Jika iya, kamu wajib tahu fakta-fakta berikut, Beauties!

Menurut Ahli Kulit, Penggunaan Sunscreen di Dalam Rumah Juga Diperlukan

Pakai sunscreen di dalam rumah
Pakai sunscreen di dalam rumah/Foto: Pexels.com/Cottonbro

Dikutip dari New York Post, menurut Elizabeth Mullans, dokter kulit di Texas, siapapun harus memakai SPF di dalam ruangan, terutama jika duduk di dekat jendela atau di depan layar komputer, karena hal tersebut juga membuatmu terpapar cahaya yang berpotensi merusak kulit.

Dr. Mullans menegaskan bahwa sekalipun jendela dalam keadaan tertutup, kamu tetap perlu menggunakan sunblock atau sunscreen agar kulit tetap terlindungi dari sinar UVA yang berbahaya.

“Sangat mudah untuk percaya bahwa begitu kita berada di dalam ruangan, berarti kita terlindungi dari matahari. Faktanya, tidak semua kaca dibuat sama. Penting untuk menggunakan SPF 30 atau yang lebih tinggi setiap hari, karena sinar UVA yang berbahaya dapat menembus jendela,” terangnya.

Di Dalam Rumah Mungkin Kamu Akan Terbebas dari Sinar UVB, Tapi Tidak dengan UVA

Pakai sunscreen di dalam rumah
Pakai sunscreen di dalam rumah/Foto: Pexels.com/Gabriele

Dokter kulit di MedStar Health, Min Deng, menjelaskan bahwa jendela biasanya menawarkan perlindungan yang baik terhadap sinar UVB, tetapi bukan UVA. Dr. Ming Deng membandingkannya dengan warna jendela pada mobil, yang juga menawarkan perlindungan spektrum luas terhadap sinar UVA.

“Kami tahu bahwa jendela tidak bagus dalam menyaring UVA,” katanya, sembari menunjukkan wajah pengemudi truk yang terlihat rusak akibat sinar matahari setelah bertahun-tahun terpapar.

Selalu Pakai Sunscreen Meski di Dalam Rumah

Pakai sunscreen di dalam rumah
Pakai sunscreen di dalam rumah/Foto: Pexels.com/Cottonbro

Menata meja dekat jendela tampak menjadi ide bagus, tapi kamu juga perlu mengikuti aturan ‘memakai sunscreen’. Menurut Dr. Mullans, ketika kamu duduk di dekat jendela untuk waktu yang lama, maka kamu perlu memakai tabir surya minimal SPF 30 dan menggunakannya kembali setiap 2 jam.

Dr. Min Deng bahkan mengatakan bahwa orang-orang yang memiliki sensitivitas atau alergi matahari, seperti pasien dengan Photodermatoses (penyakit kulit yang disebabkan oleh paparan sinar matahari), harus menjauhkan diri dari jendela sama sekali.

Kedua ahli kulit tersebut kemudian sepakat bahwa seseorang tidak boleh melewatkan tabir surya saat terpapar sinar matahari, bahkan meskipun mengenakan masker, karena masih banyak area yang terbuka. Jika khawatir tentang penggunaan tabir surya yang berat pada wajah, disarankan menggunakan pelembap ringan dengan asam hialuronat sebelum memakai tabir surya SPF 30 atau lebih tinggi.

So, kesimpulannya kamu tetap perlu pakai sunscreen meski di dalam rumah terutama ketika berada di dekat jendela atau di depan layar ya, Beauties.


Our Sister Site

mommyasia.id