sign up SIGN UP

Alkohol Dalam Skincare Berbahaya ? Belum Tentu, Justru Ini Manfaatnya!

Fahira Mahza | Beautynesia
Minggu, 06 Dec 2020 15:15 WIB
Alkohol Dalam Skincare Berbahaya ? Belum Tentu, Justru Ini Manfaatnya!
caption
Jakarta -

Alkohol merupakan salah satu bahan yang masih diperdebatkan dalam dunia skincare. Banyak pendapat yang mengatakan bahwa alkohol memiliki dampak negatif terhadap kulit apabila dijadikan bahan dalam produk kecantikan.

Tak dapat dipungkiri bahwa alkohol memang dapat memicu reaksi alergi, dan iritasi serta dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan kemerahan. Namun itu terjadi apabila konsentrasi alkohol yang digunakan melampaui standar penggunaan alkohol dalam produk kecantikan. Apabila digunakan dalam jumlah yang kecil maka alkohol memiliki peran yang cukup penting.

Salah satu produk perawatan kulit yang menggunakan alkohol adalah sunscreen. Alkohol dalam suncsreen ternyata memiliki beberapa manfaat loh.

1. Sebagai pengawet

ilustrasi sebagai pengawet
foto: pinterest.com

Dalam sebuah produk, alkohol berperan sebagai bahan pengawet agar produk tersebut tidak terkontaminasi oleh bakteri dan jamur. Hal ini bertujuan agar formula dari sunscreen tidak berubah dan lebih tahan lama. Jika formula dan konsistensinya terjaga dengan baik maka manfaat yang dirasakan akan maksimal. Penggunaan alkohol ini juga akan memperpanjang masa kadaluarsa sunscreen tersebut.

2. Sunscreen mudah diaplikasikan

Ilustrasi Sunscreen mudah di aplikasikan
foto: freepik.com

Alkohol dapat berfungsi sebagai zat pelarut dan pengemulsi pada suatu produk. Alkohol dengan berat molekul yang kecil seperti isoprophyl dan ethanol yang biasa terdapat dalam sunscreen berfungsi untuk melarutkan produk. Alkohol bersifat mudah menguap sehingga sunscreen akan mudah diratakan, tidak lengket dan menimbulkan sensasi dingin.

3. Sunscreen mudah diserap kulit

Ilustrasi Sunscreen mudah diserap kulit
foto: freepik.com

Penggunaan alkohol dapat meningkatkan proses penetrasi produk pada kulit. Alkohol akan membantu bahan aktif dalam sunscreen jadi lebih mudah menyerap kulit. Bahan aktif dalam sunscreen seperti vitamin c ataupun  retinol akan mudah masuk hingga ke lapisan paling bawah kulit.

Dengan adanya alkohol ini membantu untuk mempenetrasikan kandungan tersebut masuk sampai pada lapisan dermis sehingga akan bekerja secara maksimal.  

4. Mengurangi kadar minyak kulit

Ilustrasi mengurangi kadar minyak kulit
foto; freepik.com

Bagi orang yang memiliki tipe wajah berminyak, alkohol dapat membantu mengurangi minyak berlebih pada wajah. Namun, efeknya hanya sementara dan tidak bertahan lama. Tapi jangan khawatir, kandungan alkohol tidak akan mengganggu atau mengubah secara signifikan proses produksi minyak pada kulit kamu.

5. Beberapa jenis alkohol dapat melembabkan kulit

ilustrasi beberapa jenis alkohol dapat melembabkan kulit
foto: freepik.com

Alkohol dengan berat molekul cukup tinggi mampu menjaga emulsi air dan minyak tetap menyatu dan tidak terpisah. Alkohol jenis ini memiliki tekstur lebih berat dan kental dibanding yang lain. Penambahan alkohol jenis ini juga akan menambah emolience pada produk akhir yang membantu membuat lapisan luar kulit terasa lebih lembut dan halus. Alkohol jenis ini dapat bekerja sebagai moisturizer, membantu melindungi kulit dan meningkatkan lipid alami kulit.

Ternyata alkohol di dalam sunscreen tidak selamanya negatif loh, beberapa alkohol memiliki manfaat yang baik untuk kulit dan produk itu sendiri.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id