sign up SIGN UP

Amankah Pakai Makeup Setiap Hari? Ini Kata Ahli

Deviena Nur Fadillah | Beautynesia
Jumat, 12 Aug 2022 10:00 WIB
Amankah Pakai Makeup Setiap Hari? Ini Kata Ahli
caption

Makeup memang bisa menunjang penampilan. Karena itu hampir setiap hari, kamu mungkin akan menggunakannya, entah buat pergi ke kantor, hang out dengan teman, atau mungkin juga hanya untuk belanja ke supermarket terdekat.

Namun Beauties pernahkah penasaran apakah aman bila menggunakan makeup setiap hari?

"Selama kamu memilih makeup berkualitas tinggi dan diperuntukkan (cocok) buat jenis kulitmu, maka nggak masalah untuk menggunakannya setiap hari," kata Joel Schlessinger, seorang dermatologis kepada Verylymag.

Makeup/Foto:Freepik.com/freepik
Makeup/Foto:Freepik.com/freepik

Ia merekomendasikan supaya menggunakan makeup yang mengandung mineral atau disebut juga mineral makeup agar tidak menyumbat pori-pori, Beauties. Makeup jenis ini dinilai aman karena tidak adanya kandungan pengawet, pewarna buatan, parfum, juga paraben.

Kamu pun bisa dengan menemukan berbagai produk mineral makeup pada foundation, blush on, lipstik, eyeshadow, dan bedak.

Berhenti Pakai Makeup Sementara, Bikin Kulit Beristirahat?

Menggunakan makeup/Freepik.com/prostooleh
Menggunakan makeup/Freepik.com/prostooleh

Apakah kamu yang sering menggunakan makeup, maka pada hari lain sengaja tidak menggunakannya? Tujuannya adalah membiarkan kulit wajah bernapas. Ahli kecantikan Renée Rouleau kepada Byrdie menanggapi hal ini, Beauties.

Menurutnya makeup sebenarnya dapat memproteksi kulit kamu. "Aku mengedukasi klienku untuk mulai berpikir bahwa makeup sebagai produk skincare juga."

Sebagai contoh, paparan sinar matahari bisa merusak kulit dan kebanyakan orang tidak menggunakan sunscreen dengan cukup. Sehingga dengan menggunakan foundation dan menerapkan layer makeup, bisa memberi perlindungan ekstra pada kulit wajah.

Waktu untuk Istirahat dari Makeup

Asian woman having skin problem with acne face ,squeezing pimples with mirrorIlustrasi wajah berjerawat/ Foto: Getty Images/iStockphoto/Doucefleur

Jadi Beauties, kalau kamu suka menggunakan makeup dari hari Senin sampai Minggu untuk berbagai kesempatan, sah-sah saja ya! Setelahnya jangan lupa membersihkan wajah secara menyeluruh, terutama pada malam hari.

Penggunaan makeup setiap hari, terlebih yang cocok dengan jenis kulit dengan demikian ahli mengungkap tak masalah. Namun kamu juga perlu memperhatikan efeknya di kulit. Dr. Schlessinger menyarankan bisa untuk 'beristirahat sejenak' dari produk kosmetik, jika kulit wajah sedang mengalami masalah seperti jerawat atau iritasi.

"Istirahat akan memberi kamu kesempatan untuk mengetahui dan menentukan apa (produk) yang membuat kulitmu memberikan reaksi merugikan seperti itu," katanya.

----

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id