STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Antara Pilihan Tabir Surya Losion, Spray, Stik, dan Powder, Mana yang Paling Bagus dan Melindungi?

Nisrina Salsabila | Beautynesia
Selasa, 23 Aug 2022 17:30 WIB
Antara Pilihan Tabir Surya Losion, Spray, Stik, dan Powder, Mana yang Paling Bagus dan Melindungi?

Pemilihan produk tabir surya yang terbaik lagi-lagi tergantung pada jenis yang kamu sukai secara pribadi. Bentuk tabir surya losion, spray, stick, dan powder semuanya sama-sama berfungsi untuk melindungi kulitmu dari paparan sinar ultraviolet (UV) matahari yang berbahaya.

Ada empat hal penting yang wajib kamu petimbangkan saat memilih sunblock/sunscreen, seperti dikutip dalam Forbes Health.

Pertama, pilihlah yang berlabel broad spectrum. Tabir surya berspektrum luas artinya mampu memberikan perlindungan dari sinar UVA dan UVB. Ini akan mencegahmu dari penggelapan kulit, kerusakan kulit, noda hitam, kulit terbakar, dan penuaan dini serta mengurangi risiko kanker kulit.

Kedua, gunakan tabir surya dengan SPF 30 sampai 50, khususnya bila kamu berada di luar ruangan untuk waktu yang lama.

Ketiga, sebaiknya pilihlah tabir surya dengan kemampuan antiair (waterproof) untuk mempertahankan perlindungannya ketika kamu berkeringat atau berenang.

Terakhir, periksa bahan aktif dalam tabir surya. Pastikan mereka mengandung titanium dioxide dan zinc dioxide yang bertindak sebagai penghalang untuk memantulkan sinar UV dari kulit. Lalu, pertimbangkan untuk memilih antara jenis tabir surya mineral atau kimia, khususnya bagi ibu hamil. Ketahui lebih banyak tentang perbedaan keduanya di sini.

Keempat bentuk tabir surya di bawah ini memiliki keunggulan masing-masing. Simak yuk!

1. Tabir Surya Losion

bentuk produk sunscreen terbaik
Tabir surya losion/Foto: Unsplash.com/BATCH by Wisconsin Hemp Scientific

Tabir surya jenis ini pilihannya paling banyak tersedia di pasaran, sehingga variasi harganya relatif lebih bersahabat.

Tabir surya dalam bentuk krim atau losion umumnya mengandung bahan-bahan yang menghidrasi, seperti gliserin, hyaluronic acid, atau minyak esensial, yang mana cukup menguntungkan bagi pemilik kulit kering.

Jika kamu memiliki kulit berjerawat atau kulit berminyak, gunakan losion tabir surya yang berbasis gel atau air dan bersifat non-komedogenik.

2. Tabir Surya Semprot

bentuk produk sunscreen terbaik
Tabir surya semprot/Foto: Instagram.com/pedeeveryday

Banyak orang memilih sunscreen spray sebagai sebagai alternatif dari losion sebagai perlindungan matahari terutama karena faktor kenyamanan serta aplikasi yang mudah tanpa berantakan.

Tabir surya semprot juga memiliki formula yang lebih ringan, sehingga tidak terasa berat dan lengket di kulit seperti pada krim/losion.

Namun, di sisi lain bentuk tabir surya ini dirasa lebih boros dan kadang makan waktu karena kamu harus menyemprotkan produk berkali-kali untuk memastikan penggunaannya secara benar.

Hati-hati terhadap arah angin saat menyemprotkannya langsung ke wajah supaya tidak mengenai mata dan cobalah untuk tidak menghirup produk.

3. Tabir Surya Stik

Pilihan bentuk sunscreen terbaik yang paling melindungi
Tabir surya stik/Foto: Instagram.com/ingridskin

Ini adalah salah satu opsi yang paling portabel dan tidak berantakan, sebab produk ini memiliki kemungkinan kebocoran minimal.

Mengutip Tiege Hanley, tabir surya berbentuk stik padat ini menawarkan formula yang ringan dan nyaman untuk re-apply setiap dua jam. Keuntungan lainnya, stick sunscreen dapat menjangkau area sekitar mata tanpa takut produk meleleh dan bikin mata perih.

Kamu dapat menggunakan stick sunscreen dengan hanya mengoleskannya ke kulit. Tapi kekurangannya, pada area wajah tertentu produk ini bisa sulit untuk dioleskan secara merata.

4. Tabir Surya Bubuk

Pilihan bentuk sunscreen terbaik yang paling melindungi
Tabir surya bubuk/Foto: Foto: Instagram.com/somethincofficial

Mengutip Women’s Health, powder sunscreen atau disebut juga mineral powder adalah sejenis tabir surya berbasis mineral yang berbentuk bubuk. Pemakaiannya sama seperti halnya bedak tabur, hanya saja dengan tambahan perlindungan dari sinar matahari.

Hadley King, MD, dokter kulit bersertifikat di NYC menjelaskan, formula powder sunscreen cocok dipakai sebagai sunscreen untuk kulit berminyak karena membantu menyerap minyak berlebih.

Teksturnya yang lembut dan halus membuat produk ini bisa ‘duduk manis’ di atas riasan tanpa perlu khawatir akan meninggalkan white cast. Di pasaran, powder sunscreen dikemas dalam kemasan on the go, jadi kamu nggak mungkin lupa untuk re-apply sunscreen di mana pun.

Meski begitu, dokter kulit masih merekomendasikan untuk melapisi powder sunscreen dengan krim tabir surya lain, sehingga tidak dipakai sendirian.

Jadi setelah ini, sudah bisa menentukan mana pilihanmu Beauties?

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE