STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Bahan-Bahan Alami Ampuh Hilangkan Bekas Jerawat dalam Hitungan Minggu

Esra Dopita | Beautynesia
Senin, 10 Feb 2020 03:05 WIB
Bahan-Bahan Alami Ampuh Hilangkan Bekas Jerawat dalam Hitungan Minggu
Ada banyak cara menghilangkan bekas jerawat hitam, salah satunya memakai bahan-bahan alami. Bahkan bahan alami ini ampuh memudarkan bekas jerawat dalam hitungan minggu. Apa saja bahan alaminya? Simak di bawah ini.

Bekas jerawat menjadi permasalahan baru setelah jerawat menghilang. Ya, menghilangkan bekas jerawat hitam justru lebih sulit dan lama dibanding jerawat aktif. Namun kini banyak cara menghilangkan bekas jerawat hitam, salah satunya memakai bahan-bahan alami.

Bahan alami ini terbukti ampuh memudarkan bekas jerawat hitam, bahkan dalam hitungan minggu, asalkan kamu rutin melakukannya. Tak hanya itu, bahan-bahan ini juga mudah kamu temukan di dapur. Nah, berikut ini cara alami hilangkan bekas jerawat dalam hitungan minggu.


Lemon




Foto: https://unsplash.com/@laurenmancke

Lemon mengandung vitamin C, asam sitrat, dan antioksida yang dapat memudarkan bekas jerawat hitam dan noda gelap lainnya di wajah serta mencerahkan kulit. Lemon juga membantu menyingkirkan sel kulit mati, mempercepat pertumbuhan kulit baru, dan memproduksi kolagen untuk kulit yang lebih lembut serta kenyal. 

Selain itu, kandungan astrigent dalam lemon juga membantu mengurangi sebum di wajah. Namun, pemilik kulit sensitif perlu hati-hati memakai lemon karena dapat menyebabkan irtitasi. Karena itu, gunakan pelembap setelah memakai lemon serta jangan terlalu sering memakainya lemon. Cukup dua sampai tiga hari sekali. Untuk kulit sensitif lebih baik sedikit berhati-hati ya.


Lidah Buaya




Foto: https://unsplash.com/@stephanieharvey

Lidah buaya atau aloe vera mengandung zat aloesin yang dapat menghambat pembentukan melanin (pigmen berwarna gelap), sehingga mampu memudarkan noda hitam bekas jerawat. Selain itu, tumbuhan berduri ini juga bersifat antiradang dan antiiritasi sehingga membantu memperbaiki kerusakan kulit serta merangsang pertumbuhan sel kulit baru. 

Lidah buaya juga menenangkan dan melembutkan kulit. Ambil lidah buaya, bersihkan, dan buang kulitnya. Ambil daging lidah buaya, lalu haluskan serta aplikasikan ke wajah. Kamu juga bisa mengosokkan lidah buaya langsung ke wajah setelah dikupas kulit bagian atasnya. 


Kentang




Foto: https://unsplash.com/@lmablankers

Kentang menjadi salah satu bahan alami yang kerap digunakan untuk merawat kulit, khususnya kulit berjerawat. Mengandung vitamin C dan B, kentang diyakini dapat memudarkan bekas jerawat maupun noda gelap lainnya, mengangkat sel kulit mati, meningkatkan kolagen, melindungi tubuh dari kerusakan, juga menghaluskan kulit. 

Ambil kentang, kupas kulitnya hingga bersih, lalu iris tipis-tipis, dan tempelkan pada wajah berjerawat atau bekas jerawat. Cara lain, kamu dapat memarut kentang yang telah dikupas, lalu tempelkan pada wajah. Diamkan selama 20-30 menit. 


Madu




Foto: https://unsplash.com/@arwinneil

Tak hanya berkhasiat bagi tubuh, madu juga baik untuk kulit. Madu mengandung antibiotik alami yang mampu melindungi bakteri penyebab jerawat. Madu juga memiliki sifat antiradang sehingga dapat mengurangi efek kemerahan pada jerawat, menyembuhkan sel-sel kulit yang rusak, hingga menyamarkan bekas jerawat maupun luka. 

Tak sampai di situ, madu juga mampu mengurangi potensi pembentukan jaringan parut atau bopeng pada jerawat maupun luka. Namun, perlu diketahui bahwa madu yang digunakan adalah madu murni, bukan madu olahan. Caranya mudah. Ambil madu secukupnya, lalu oleskan merata pada wajah yang telah dibersihkan, dan diamkan selama 30 menit. Setelah itu, bilas hingga bersih. 


Kunyit


Foto: https://unsplash.com/@foodism360

Banyak produk kecantikan yang menggunakan kunyit sebagai komponen bahan-bahannya. Hal ini lantaran kunyit memiliki banyak manfaat bagi kulit. Kunyit mengandung kurkumin yang membantu mempercepat proses penyembuhan kulit serta mengembalikan kecerahan kulit. 

Kunyit juga memiliki sifat antiradang, antioksidan, serta antiinflamatif sehingga dapat mencegah dan menyembuhkan jerawat. Bahkan kunyit juga memiliki sifat antipenuaan dan memudarkan jaringan parut bekas jerawat maupun luka. Caranya sangat mudah. Ambil kunyit  dan parut hingga halus, lalu oleskan atau tempelkan pada wajah secara merata. Diamkan selama 30 menit, lalu siram sampai bersih menggunakan air hangat. 



Baking Soda




Foto: https://wolipop.detik.com/home/d-1853446/8-manfaat-baking-soda-untuk-keperluan-rumah-sehari-hari-

Biasa digunakan untuk membuat kue, ternyata baking soda juga ampuh menghilangkan bekas jerawat lho, Ladies! Baking soda mengandung kristal sodium bicarbonate yang berfungsi sebagai eksfoliasi, yang mengangkat kulit mati bekas jerawat. Alhasil, kulit lebih cerah dan bebas flek hitam. 

Cara menghilangkan bekas jerawat hitam dengan memanfaatkan baking soda sangat mudah. Siapkan satu sendok makan baking soda dan sedikit air, lalu campur keduanya hingga menyatu dan kental. Setelah itu, oleskan pada kulit wajah atau kulit yang terdapat bekas jerawatnya secara merata. Diamkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air hangat. Lakukan cara ini setidaknya dua hari sekali.


Cuka Apel




Foto: https://wolipop.detik.com/makeup-and-skincare/d-4853246/cuka-apel-untuk-mengobati-jerawat-benarkah

Beberapa waktu lalu cuka apel sempat populer di kalangan beauty influencer lantaran diklaim dapat menghilangkan jerawat sekaligus bekasnya. Penelitian dari Applied Microbiology and Biotechnology and International Journal of Cosmetic Science mengungkapkan, cuka apel mengandung acetic acid, lactic acid, citric, dan succinic acid yang dapat membunuh bakteri penyebab jerawat. 

Selain itu, berfungsi menghentikan inflamasi serta membantu pengelupasan sel kulit mati atau bekas jerawat. Caranya, campurkan cuka apel murni dengan air. Kemudian, ambil kapas dan usapkan pada wajah atau bekas jerawat. Diamkan selam 10 menit, lalu bilas menggunakan air hangat. Kamu dapat menjadika cuka apel sebagai toner. Lakukan cara ini sehari sekali saja. 


Bengkuang




Foto: https://food.detik.com/info-sehat/d-2404430/agar-kulit-tak-cepat-keriput-sering-seringlah-makan-bengkuang

Sama dengan kunyit, bengkuang juga banyak ditemukan dalam produk kecantikan dan kesehatan kulit. Buah satu ini dikenal berkhasiat membersihkan dan mencerahkan kulit, termasuk menyamarkan bekas jerawat yang hitam, lantaran mengandung vitamin C. Selain itu, bengkuang juga mengandung vitamin A yang berfungsi sebagai antioksidan.

Cara memakai bengkuang sangat mudah. Kupas bengkuang hingga bersih, haluskan bengkuang, dan aplikasikan ke wajah secara merata. Diamkan selama 20-30 menit, lalu bilas menggunakan air hangat hingga bersih. Kamu dapat menggunakan masker bengkuang ini setiap hari.


[Gambas:Youtube]

(kik/kik)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE