sign up SIGN UP

BeauPicks: 5 Minyak Alami dengan Segudang Manfaat yang Aman untuk Kulit Wajah

Hijria Khatimi | Beautynesia
Selasa, 11 Jan 2022 19:00 WIB
BeauPicks: 5 Minyak Alami dengan Segudang Manfaat yang Aman untuk Kulit Wajah
caption
Jakarta -

Ada banyak bahan alami yang dapat digunakan untuk merawat kecantikan dan kesehatan kulit wajah. Minyak alami bisa menjadi salah satu pilihan untukmu, Beauties. Minyak alami ini merupakan hasil ekstraksi dari berbagai tumbuhan dan buah-buahan.

Masing-masing jenis minyak tersebut memiliki manfaat dan kelebihan tersendiri. Apa saja jenis minyak alami yang aman digunakan pada wajah? Simak daftarnya berikut ini, yuk!

1. Zaitun

Minyak alami untuk wajah
Minyak alami untuk wajah/ Foto: Pexels/Polina Tankilevitch

Minyak zaitun memang terkenal sebagai salah satu bahan yang multifungsi, mulai dari minyak untuk memasak, menjaga kesehatan rambut, hingga merawat kecantikan kulit tubuh dan wajah.

Minyak satu ini kerap diandalkan untuk melembapkan kulit yang kering. Kandungan antioksidan dan multivitamin di dalamnya, dapat menutrisi sekaligus melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas.

2. Alpukat

Minyak alami untuk wajah
Minyak alami untuk wajah/ Foto: Pexels/ready made

Alpukat tak hanya nikmat untuk diolah menjadi makanan atau dijadikan minuman sehat seperti jus. Buah ini juga menghasilkan minyak alami yang memiliki beragam manfaat untuk kulit.

Melansir dari laman Byrdie, menurut Julie Russak, MD yang merupakan dermatologis, minyak alpukat dapat mengurangi inflamasi yang terjadi pada kulit. Selain itu, vitamin E yang terkandung di dalamnya bekerja sebagai antioksidan pada kulit, dan melindungi kulit dari efek buruk debu dan polusi.   

3. Almond

Minyak alami untuk wajah
Minyak alami untuk wajah/ Foto: Unsplash/@tetiana_bykovets

Mengutip laman Very Well Health, kandungan vitamin, mineral, dan lemak sehat yang terdapat pada minyak almond akan memberimu segudang manfaat. Kamu bisa mengandalkannya untuk meredakan jerawat, hingga menenangkan kulit yang mengalami eczema dan dermatitis.

Minyak almond juga bisa menjadi solusi untuk menghilangkan luka ataupun bekas jerawat di wajah. Ditambah lagi, minyak ini dapat menjadi pelindung alami kulit dari paparan sinar UV yang berbahaya.

4. Lavender

Minyak alami untuk wajah
Minyak alami untuk wajah/ Foto: Unsplash/@larisabirta

Selain menghasilkan aroma yang membuat tubuh dan pikiran relaks, bunga lavender juga dapat menghasilkan minyak alami yang akan membantu merawat kulit. Minyak lavender dapat mencegah keriput dan garis halus yang timbul akibat penuaan dini.

Minyak ini juga memiliki sifat antimikroba dan antibakteri, sehingga wajah akan tetap terjaga kesehatannya.

5. Jojoba

Minyak alami untuk wajah
Minyak alami untuk wajah/ Foto: Freepik/freepik

Minyak jojoba sering ditemukan pada berbagai produk kecantikan karena dapat melembapkan dan menjaga kulit tetap terhidrasi. Kandungan antioksidan yang dimilikinya juga dapat mendorong produksi kolagen sekaligus menangkal radikal bebas.

Mengutip Healthline, minyak ini juga hipoalergenik dan noncomedogenic. Sehingga tak perlu khawatir timbul reaksi alergi ataupun terbentuknya komedo baru di wajah.

Itulah 5 jenis minyak alami yang aman untuk digunakan pada wajah. Meski begitu, perlu diingat bahwa reaksi kulit tiap orang berbeda-beda. Karena itu, kenali dahulu jenis kulitmu dan lakukan patch test untuk mengetahui apakah ada reaksi negatif atau tidak, ya.

[Gambas:Youtube]

--------------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(sim/sim)

Our Sister Site

mommyasia.id