sign up SIGN UP

Begini Urutan Pakai Produk Skincare yang Tepat Menurut Pakar Skincare

Munjidah Hamsa | Beautynesia
Jumat, 27 Nov 2020 14:00 WIB
Begini Urutan Pakai Produk Skincare yang Tepat Menurut Pakar Skincare
caption
Jakarta -

Memiliki waktu untuk melakukan perawatan diri merupakan salah satu cara untuk menyayangi diri sendiri. Skincare routine yang tepat bisa kamu mulai dengan menggunakan produk skincare berkualitas dengan bahan-bahan yang ampuh digunakan untuk merawat kulit.

Namun, produk yang berkualitas tidak akan memberikan efek terbaik bagi kulit jika penggunaannya tidak sesuai dengan urutan dan cara menggunakan skincare sesuai formula produk.

Menurut pakar skincare, Dr. Anjali Mahto, penulis buku The Skincare Bible: Your No-Nonsense Guide to Great Skin, menjelaskan bahwa kunci sukses penggunaan produk skincare yang terpenting adalah dengan menerapkannya secara rutin. Yuk, simak urutan penggunaan skincare di pagi dan malam hari yang tepat berikut ini!

Morning Skincare Routine

Skincare routine pagi hari bisa dimulai dengan menggunakan produk cleanser, antioksidan serum, moisturizer, dan sunscreen.
Skincare routine pagi hari/ sumber: freepik.com

Skincare routine di pagi hari bisa kamu mulai dengan minimal memiliki produk skincare berupa cleanser, antioksidan serum, moisturizer, dan sunscreen.

Cleanser

Menggunakan cleanser atau pembersih wajah setelah bangun tidur sangatlah penting untuk menghilangkan residu pemakaian skincare di malam hari. Untuk kamu yang memiliki kulit berminyak dan mudah berjerawat, bisa menggunakan foam cleanser. Sementara pemilik kulit kering dan sensitif disarankan menggunakan cleanser dengan formula cream.

Antioksidan Serum

Setelah membersihkan wajah dengan cleanser, berikan beberapa tetes serum antioksidan di wajah. Serum antioksidan yang bisa kamu pilih adalah serum vitamin C yang saat ini sudah banyak tersedia dengan harga terjangkau.

Pelembap Wajah/Moisturizer

Menggunakan pelembap wajah atau moisturizer akan memberikan manfaat membantu menghaluskan permukaan kulit, mencegah hilangnya kelembapan dari permukaan kulit, dan memperkuat barrier kulit.

Tabir Surya/Sunscreen

Penggunaan produk skincare di pagi hari sebelum menggunakan makeup adalah tabir surya atau sunscreen. Ada baiknya kamu memilih sunscreen dengan SPF 30-50. Sunscreen sangat penting untuk memberikan perlindungan dari UVA dan UVB pada kulit.

Urutan skincare routine di malam hari bisa menggunakan produk oil-based cleanser, water-based cleanser, produk dengan kandungan retinoid, dan sleeping mask.
Skincare routine malam hari/ sumber: freepik.com

Night Skincare Routine

Untuk skincare routine malam hari, minimal kamu wajib memiliki produk oil-based cleanser, water-based cleanser, serum dengan kandungan vitamin A atau retinoid, dan moisturizer yang bisa berupa sleeping mask.

Oil-based Cleanser

Apa sih yang dimaksud dengan oil-based cleanser? Oil-based cleanser adalah pembersih wajah dengan kandungan minyak yang mampu dengan ampuh mengangkat makeup dan kotoran yang menempel di wajah.

Step oil-based cleanser sangat penting di awal untuk membersihkan wajah yang rentan terkena debu dan kotoran dari pagi hingga akhir hari. Oil-based cleanser yang bisa kamu pilih adalah cleansing oil, cleansing balm, atau micellar water yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan dan jenis kulit wajahmu.

Water-based Cleanser

Buat kamu yang belum tau, water-based cleanser adalah foam cleanser dan cream cleanser yang biasa kamu temui sebagai sabun pembersih wajah atau sabun muka. Pastikan kamu pilih water-based cleanser dengan kandungan dan manfaat yang kamu cari untuk wajahmu.

Hal yang terpenting, jangan pernah skip step water-based cleanser setelah oil-based cleanser agar sisa residu minyak pada pembersih pertama terangkat. Step cleanser oil-based dan water-based yang digunakan berurutan dikenal dengan istilah teknik double cleansing.

Serum 

Setelah membersihkan wajah, kamu wajib lanjut ke step skincare selanjutnya yaitu menggunakan produk skincare berupa serum. Kamu bisa memilih bahan aktif yang sesuai dengan kebutuhan kulitmu. Misalnya, serum dengan kandungan retinol untuk membantu mengatasi tanda-tanda penuaan kulit dini.

Moisturizer/Sleeping Mask

Produk skincare yang selanjutnya wajib kamu gunakan di malam hari adalah sleeping mask atau moisturizer dengan kandungan yang lebih rich namun lebih cepat meresap dibandingkan dengan moisturizer di pagi hari.

Dengan menggunakan moisturizer atau sleeping mask di akhir step skincare routine malam harimu, penggunaan skincare akan terkunci dan meresap sempurna ke kulit untuk membantu memperbaiki kondisi kulit di saat tidur.

Itu dia penggunaan atau urutan skincare routine di pagi dan malam hari beserta produk skincare yang minimal wajib kamu gunakan menurut pakar skincare. Pastikan untuk menerapkannya secara rutin tanpa absen setiap hari ya. Have a good skin, Ladies!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id