sign up SIGN UP

Bingung Buang Botol Skincare yang Sudah Habis? Kirim Sampah Skincare ke Sini, yuk!

Diny Tiara Putri | Beautynesia
Sabtu, 12 Mar 2022 16:00 WIB
Bingung Buang Botol Skincare yang Sudah Habis? Kirim Sampah Skincare ke Sini, yuk!
Jakarta -

Kini skincare menjadi suatu kebutuhan bagi banyak orang, baik perempuan maupun pria. Tak jarang kita menemukan banyak sekali merek skincare yang berlomba melahirkan berbagai macam produk guna memenuhi kebutuhan kulit, mulai dari sabun cuci muka, toner, serum, pelembab, dan masih banyak lagi.

Semakin banyak produk skincare atau kecantikan yang dihasilkan, maka semakin banyak pula sampah skincare yang dihasilkan oleh produk-produk tersebut. Akibatnya, angka sampah di dunia semakin meningkat.

(sumber foto: freepik)
Ilustrasi produk skincare/Foto: Freepik

Dilansir dari Marie Claire, untuk memenuhi kebutuhan konsumen, industri kosmetik global memproduksi lebih dari 120 miliar unit kemasan setiap tahunnya, yang mana sebagian besar produk tersebut tidak dapat didaur ulang. Melalui laporan Minderoo Foundation, jika tidak ada tindakan, maka aliran sampah ke lautan akan naik tiga kali lipat pada tahun 2040, menjadi 29 juta metrik ton per tahun atau setara dengan 50 kg plastik per meter garis pantai di seluruh dunia.

Pembuangan limbah skincare pun tidak bisa secara sembarangan, lho, Beauties. Karena selain merusak lingkungan, biasanya banyak oknum nakal yang menyalahgunakan wadah bekas skincare yang kita buang.

Namun, jangan khawatir! Buat kamu yang sedang bingung bagaimana harus membuang wadah bekas skincare yang telah kosong, berikut adalah platform dan perusahaan yang menerima limbah skincare. Yuk, simak!

Waste4Change

(sumber foto: waste4change/pngfind.com)
Waste4change/Foto: Dok. Waste4change

Waste4Change adalah perusahaan pengelolaan sampah yang dapat mengolah limbah yang kamu buang dengan baik dan terpercaya. Kamu bisa mengirim limbah skincare yang berupa botol, box, dan lainnya yang memang tidak bisa kamu daur ulang.

Untuk mengirim sampah skincare yang ingin kamu buang, kamu bisa mengunjungi laman waste4change. Selanjutnya, kamu akan diarahkan untuk mendaftar atau masuk akun, lalu pilih opsi kirim sampah dan nanti akan diberikan opsi lainnya untuk pengiriman, yaitu setor reguler atau setor berhadiah. Setelahnya pilih lokasi terdekat, isi alamat, pilih jasa pengiriman, dan deskripsi paket.

Jika kamu sudah memilih jasa pengiriman, nantinya akan keluar kode pengiriman yang harus kamu tuliskan di paket. Kode pengiriman ini bukan untuk ekspedisi tetapi waste4change, jadi wajib kamu isi ya, Beauties!

Catatan bagi kamu yang ingin mengirim sampah skincare, pastikan kalau wadah bekas pakai yang ingin kamu buang sudah bersih dan safety packaging, ya! Contohnya untuk kemasan berbahan dasar kaca bisa kamu gunakan bubble wrap dalam pengirimannya agar tidak pecah saat di perjalanan. Untuk biaya pengiriman ditanggung sendiri oleh pengguna.

eRecycle

(eRecycle logo/eRecycle)
eRecycle/Foto: Dok. eRecycle)

eRecycle merupakan perusahaan pengelolaan sampah mulai dari sampah plastik, kaca, kertas yang nantinya akan mereka daur ulang. Keuntungan yang kamu dapatkan jika mengirim sampah skincare ke perusahaan ini adalah kamu bisa mendapatkan uang hanya dengan mengirim atau menjual wadah bekas pakai skincare yang kamu gunakan.

Tidak hanya mendapatkan uang, kamu juga bisa mengirim limbah skincare dengan praktis, alias eRecycle yang nantinya akan menjemput sampah skincare milikmu. Menarik, bukan?

Kamu hanya perlu mengunduh aplikasi eRecycle melalui Google Play Store, lalu daftarkan diri kamu dengan nomor ponsel yang aktif. Setelah terdaftar, kamu bisa segera memilih opsi pindai limbah agar bisa memindai kode barcode yang ada pada produk limbah kamu. Jika tidak ada kode barcode, kamu bisa memilih opsi jenis limbah dan berat limbah yang akan kamu jual.

Kemudian pilih opsi simpan limbah dan klik Pergi ke Kantong yang nantinya akan muncul tentang informasi jenis serta harga limbah tersebut. Lalu pilih rincian serta masukkan informasi alamat kamu secara jelas dan foto seluruh limbah yang akan kamu jual. Terakhir, pilih opsi jemput limbah dan tunggu picker yang akan datang ke rumah untuk mengangkut sampah skincare.

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id