STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600

Bosan dengan Salicylic acid, 5 Kandungan yang Jarang Diketauhi Ini Bagus Atasi Jerawat

Sheila Fathin | Beautynesia
Senin, 08 Feb 2021 19:30 WIB
Bosan dengan Salicylic acid, 5 Kandungan yang Jarang Diketauhi Ini Bagus Atasi Jerawat

Pada saat kita beranjak dewasa, kulit kita dengan bertambahnya umur akan semakin mengalami penurunan. Otomatis permasalahan kulit pun akan muncul. Menurut American of Dermatology, permasalahan jerawat berdampak sebanyak 15% terhadap perempuan. 

Saat jerawat terjadi, kandungan bahan yang akan sering dicari dalam skincare adalah benzoyl peroxide atau salicylic acid bukan? Kedua kandungan bahan tersebut memang sudah teruji oleh dermatologist mampu untuk mengatasi permasalahan jerawat dan membunuh bakteri-bakteri di dalam permukaan kulit.

Lalu, bagaimana dengan kandungan aktif selain benzoyl peroxide atau salicylic acid? Berikut ini beberapa kandungan yang less-known mampu mengatasi jerawat dengan karakteristiknya masing-masing. 

Probiotik dan Prebiotik

Skincare Ingredients
Skincare Ingredients/unsplash.com

Probiotics adalah bakteri baik yang mampu mengatasi jerawat dan bagus untuk anti-inflamasi. Nah, prebiotics adalah asupan atau makanan untuk probiotics ini. Kedua kandungan ini mampu menyeimbangkan mikrobioma kulit, sehingga keseimbangan bakteri baik yang ada pada kulit mampu melindungi kulit kamu dari kondisi kulit kronis seperti jerawat, eksim, rosacea, dan psoriasis.

Kedua kandungan ini juga mampu memperkuat skin barrier dan sangat menjanjikan dalam hal mengobati dan mencegah jerawat dengan cara yang berbeda.

Hanya saja kedua kandungan ini memang tidak bisa menggantikan retinol atau salicylic acid, tetapi kandungan ini mampu memulihkan skin barrier yang rusak dan mendorong mikrobioma yang sehat agar terhindar dari jerawat.

Thyme dan Oregano

Thyme and Oregano
Thyme and Oregano/unsplash.com

Jarang sekali kita mendengar ada kandungan skincare seperti Oregano dan Thyme, apalagi pada produk lokal. Memang masih jarang kedua produk ini untuk digunakan karena benzoyl peroxide atau salicylic acid masih menjadi bahan yang ampuh untuk mengatasi masalah jerawat. 

Berbicara mengenai kedua kandungan ini, terdapat studi mengatakan essential oil seperti thyme dan oregano memiliki fungsi anti-mikroba yang dapat digunakan sebagai alternatif alami. Selain itu kedua kandungan ini dapat membunuh bakteri yang sering menyebabkan jerawat yaitu Propionibacterium acnes dan Staphylococcus epidermidis. 

Clascoterone

skincare
Skincare/unsplash.com

Kita sebagai perempuan sering mengalami yang namanya jerawat hormonal bukan? Jerawat hormonal ini tentunya sedikit agak menganggu, ya. Selain perempuan, laki-laki juga bisa mengalami jerawar hormonal. Menurut penelitian, ada kandungan yang bisa mengatasi jerawat hormonal yaitu clascoterone. Clascoterone adalah kandungan aktif penghambat reseptor androgen yang telah dibuat menjadi krim topikal. Sayangnya, kandungan ini hanya bisa diresepkan oleh dokter kulit. 

Propolis dan Madu

Selain benzoyl peroxide atau salicylic acid,  kandungan seperti propolis dan honey mampu merawat kulitmu saat munculnya jerawat. Kedua kandungan ini mampu membuat jerawatmu jadi lebih calming dan anti-inflamasi.

Propolis adalah bahan populer yang digunakan dalam perawatan kulit Korea, bahan alami dari kombinasi antara lilin lebah dan getah pohon yang digunakan lebah untuk mengisi celah sarang lebah untuk perlindungan. Kandungan-kandungan tersebut mampu membunuh bakteri yang berkontribusi menimbulkan jerawat meradang. Selain itu, kedua kandungan ini mampu menghidrasi kulit dan menyembuhkan luka saat terjadi breakout.

(mel/mel)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE