sign up SIGN UP

Cantik Tanpa Makeup, Ini 6 Rahasia Kecantikan Alami Perempuan Yunani Kuno yang Bisa Kamu Coba di Rumah!

Retno Anggraini | Beautynesia
Kamis, 14 Jul 2022 09:00 WIB
Cantik Tanpa Makeup, Ini 6 Rahasia Kecantikan Alami Perempuan Yunani Kuno yang Bisa Kamu Coba di Rumah!
caption

Pantai biru yang berkilau dan bangunan putih yang penuh nilai estetika merupakan alasan sebagian orang memilih Yunani untuk berlibur. Tapi, jangan lupakan dengan kulit cantik dan sehat perempuan Yunani yang banyak bikin orang iri.

Faktanya, perempuan-perempuan Yunani kuno adalah pencinta kecantikan. Mereka akan selalu mencari cara untuk meningkatkan penampilan mereka. Bahkan, mereka masih sering menggunakan bahan-bahan alami dalam perawatan kulit mereka.

Bahan-bahan alami ini tentunya bisa kamu temukan di daerah sekitar, lho! Penasaran? Melansir Byrdie, ini 6 rahasia kecantikan alami perempuan Yunani kuno yang bisa kamu coba.

Masker Madu

Rahasia kecantikan alami perempuan Yunani kuno
Madu/Foto: Freepik.com

Perempuan Yunani kuno selalu menggunakan masker alami yang terbuat dari campuran madu dan minyak zaitun. Masker ini biasanya mereka pakai sebelum mandi. Madu sendiri memiliki sifat antibakteri, sedangkan minyak zaitun memiliki sifat menyembuhkan.

Caranya cukup campur 1/4 cangkir madu dan 1/4 cangkir minyak zaitun extra-virgin ke dalam wadah, tambahkan air hangat sedikit agar tekstur madu tidak terlalu kental dan mudah digunakan. Oleskan ke seluruh wajah dan diamkan selama 10 menit, lalu bersihkan dengan kain lap.

Garam Laut untuk Eksfoliasi

Rahasia kecantikan alami perempuan Yunani kuno
Garam laut/Foto: Freepik.com/jcomp

Setelah kulit terkena sinar matahari, perempuan Yunani kuno akan mengeksfoliasi kulit kering mereka dengan menggunakan garam laut Mediterania yang dicampur dengan minyak zaitun. Garam laut sendiri memang memiliki sifat detoksifikasi sekaligus menenangkan kulit yang terbakar.

Yoghurt untuk Mengencangkan Pori-pori

Rahasia kecantikan alami perempuan Yunani kuno
Yoghurt/Foto: Freepik.com/Racool_studio

Sebelum produk dengan kandungan AHA banyak dijual seperti sekarang, perempuan Yunani kuno menggunakan yoghurt untuk mengangkat sel kulit mati sekaligus mengencangkan pori-pori. Yoghurt mengandung asam laktat yang berfungsi sebagai AHA alami.

Campurkan satu sendok makan minyak zaitun dengan empat sendok makan yoghurt dan oleskan ke wajah, lalu diamkan selama 10 menit. Setelah itu bersihkan dengan menggunakan lap yang telah direndam dengan air hangat.

Mandi Teh untuk Detoksifikasi

Rahasia kecantikan alami perempuan Yunani kuno
Mandi teh/Foto: Freepik.com/azerbaijan_stockers

Mandi susu mungkin terdengar tidak asing, tapi bagaimana dengan mandi teh? Untuk membantu detoksifikasi kulit, pikiran, dan otot, perempuan Yunani kuno selalu berendam menggunakan teh yang dicampur dengan bunga kering dan rempah-rempah.

Kamu bisa gunakan kantong teh bekas dan masukkan ke dalam bathtub yang telah terisi dengan air hangat, berendamlah selama 20 menit. Sangat disarankan untuk menggunakan teh hijau karena mengandung lebih banyak antioksidan.

Minyak Zaitun untuk Pelembap

Rahasia kecantikan alami perempuan Yunani kuno
Minyak zaitun/Foto: Freepik.com

Minyak zaitun memiliki ragam manfaat untuk kecantikan dan bahan alami ini benar-benar digunakan dengan baik oleh perempuan Yunani kuno. Sejak zaman dulu, mereka menggunakan minyak zaitun untuk rambut, wajah, dan tubuh karena minyak zaitun tinggi akan kandungan vitamin, mineral, asam amino, dan antioksidan.

Kandungan-kandungan ini dapat memelihara kesehatan kulit secara mendalam, mengunci kelembapan, menghidrasi kulit, dan mengembalikan elastisitas kulit. Minyak zaitun juga tinggi akan kandungan asam omega dan tokoferol yang bantu proses penyembuhan dan menyehatkan kulit.

Ekstrak Delima

Rahasia kecantikan alami perempuan Yunani kuno
Exstrak buah delima/Foto: Freepik.com/azerbaijan_stockers

Dalam mitologi Yunani, buah delima dikaitkan dengan kisah penculikan Persephone (dewi musim semi) yang dilakukan oleh Hades (dewa dunia bawah). Buah delima juga dipercaya sebagai simbol kehidupan, kesuburan, gairah, dan kekuatan.

Ekstrak buah delima kaya akan kandungan tanin, anthocyanin, vitamin A, vitamin C, vitamin E, dan mineral. Kandungan antioksidannya tiga kali lipat lebih tinggi dibandingkan anggur merah atau teh hijau, sehingga efektif dalam memerangi radikal bebas yang bisa menyebabkan penuaan dini.

Bahan alami ini bisa membantu untuk mengencangkan kulit, memperkuat epidermis kulit, dan mengencangkan pori-pori. Ekstrak buah delima sangat cocok digunakan untuk kamu yang memiliki kulit berminyak dan kombinasi.

Bahan-bahan yang perempuan Yunani kuno gunakan sebagai rahasia kecantikan alami mereka ini sangat mudah ditemukan. Yuk, jangan lupa diterapkan di rumah untuk dapatkan kulit sehat layaknya perempuan Yunani kuno!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id