STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Cara Ampuh Mengatasi Rambut Rontok Wanita Berjilbab

Inggar pratami | Beautynesia
Kamis, 25 May 2017 02:00 WIB
Cara Ampuh Mengatasi Rambut Rontok Wanita Berjilbab
Masalah rambut rontok kerap kali menghampiri wanita berhijab. Pasalnya, rambut yang seharian tertutup oleh jilbab tidak dapat leluasa bernapas dan jika tidak dirawat dengan rutin, maka kerontokan rambut akan mudah terjadi dan bisa menyebabkan rambut menipis. Berikut tips perawatan rambut wanita berhijab agar tidak rontok.

1. Oleskan dengan Minyak Zaitun


Olive oil atau minyak zaitun memang memiliki banyak manfaat untuk ujung rambut sampai ujung kaki. Minyak zaitun pun mampu untuk mengatasi rambut yang rontok, caranya cukup mudah yaitu tuangkan minyak zaitun pada 1 sendok makan minimal 30 menit sebelum keramas, lalu oleskan minyak zaitun dari akar sampai ujung rambut sambil memijatnya selama kurang lebih 2-4 menit secara perlahan. Setelah itu bilas dan lakukan keramas seperti biasa.


Foto: https://www.stylecraze.com/articles/olive-oil-help-treat-hair-loss/#gref


 


2. Pakaikan Minyak Kemiri


Minyak kemiri memang sudah dari zaman dahulu terkenal untuk mengatasi rambut rontok, Pada biji kemiri mengandung 60-66% minyak yang digunakan untuk mengatasi rambut rontok. Kini minyak kemiri mudah ditemukan di supermarket. Cara menggunakannya yaitu tuangkan beberapa tetesan minyak kemiri ketelapak tangan, lalu oleskan pada seluruh bagian rambut, pastikan merata hingga ke akar rambut. Diamkan sekitar 1-2 jam sambil memberikan pijatan dikulit kepala. Setelah itu bilas hingga bersih dengan keramas.


Foto: https://minyak-kemiri.com/


 


3. Tempelkan Parutan Jahe Ke Rambut


Sering minum jahe hangat? Wah jahe ternyata juga punya manfaat lain selain menghangatkan  tubuh, yaitu mampu untuk mengatasi kerontokan. Caranya sangat mudah, ambil  satu ruas jahe lalu bersihkan dan kupas kulitnya. Parut jahenya lalu letakkan parutan jahe tersebut ke bagian rambut yang rontok. Diamkan sekitar 20 menit hingga terserap dengan baik. Bilas hingga bersih setelah 20 menit.


Foto: https://kendaripos.fajar.co.id/2016/04/11/jahe-dan-sejuta-manfaat/


 


4. Gosokkan Jeruk Nipis Ke Rambut


Jeruk nipis ternyata juga mampu untuk mengatasi masalah rambut rontok, lho. Caranya pun mudah, potonglah jeruk nipis menjadi beberapa bagian lalu gosok-gosok potongan jeruk nipis ke rambut. Setelah 15 menit bilas cuci rambut hingga bersih. Hal ini karena jeruka nipis mengandung vitamin C yang baik untuk rambut kamu.


Foto: https://www.cantiknsehat.com/perawatan-kulit-wajah-secara-alami-dengan-jeruk-nipis/


 


5. Coba Hair Mask Saja


Hair mask atau masker rambut berguna untuk menyehatkan rambut yang rusak. Pilihlah hair mask yang sesuai dengan jenis rambut kamu. Gunakan hair mask dengan superconditioning atau pelembab ekstra untuk rambut yang kering dan juga kasar. Jika rambutmu tipe berminyak, sebaiknya gunakan hair mask dengan calriflying atau pembersih. Masker rambut mampu mengurangi minyak yang menjadi penyebab kerontokan rambut. Cara pakainya mudah yaitu oleskan dengan kuas ke seluruh bagian rambut, lalu diamkan beberapa saat hingga kering, lalu bilas dengan air bersih.
Foto: https://www.fablore.com/3-diy-hair-mask-for-dry-flaky-scalp-for-neglected-hair-care/


 


6. Konsumsi Makanan Rendah Lemak


Selain dari luar, kita juga harus mencoba mengatasinya dari dalam, yaitu dengan mengonsumsi makanan rendah lemak dan kaya akan protein, vitamin B-6, B-12, dan C, serta zat besi. Kandungan ini akan menutrisi rambut secara alami. Beberapa jenis makanan yang baik untuk kesehatan rambut yaitu kacang-kacangan, sayuran, dan buah-buahan, karena bagus untuk kesehatan akar rambut.


Foto: https://sehateasy.com/daftar-menu-makanan-rendah-kalori-dan-lemak-untuk-diet-yang-bergizi-tinggi-dan-lezat/


 


Pentingnya merawat rambut selama kamu berhijab, karena lebih baik mencegah daripada mengobati. Jika sudah terlanjur mengalami rambut yang rontok, cepat atasi dengan tips perawatan rambut wanita berhijab di atas ya. Semoga bermanfaat!


(ebn/ebn)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE