sign up SIGN UP

Cara Paling Efektif dan Masuk Akal Untuk Merawat Kulit Berjerawat

Dyah Na | Beautynesia
Rabu, 20 May 2020 09:00 WIB
Cara Paling Efektif dan Masuk Akal Untuk Merawat Kulit Berjerawat
caption
Ladies, siapa sih orang yang ingin berjerawat? Jerawat adalah masalah kulit yang banyak dialami oleh semua orang.

Meskipun begitu, mengatasi jerawat ternyata tidak mudah lho. Terdapat beberapa hal yang perlu kamu perhatikan untuk merawat kulit berjerawat. Nah, berikut ini Beautynesia telah merangkum cara paling efektif dan masuk akal untuk merawat kulit berjerawat.
 


1. Ketahui Beragam Jenis Jerawat


Foto: Istimewa

Sepertinya hampir semua orang pernah mengalami kulit berjerawat, namun hanya sedikit yang paham mengenai jenis jerawat yang sedang dialaminya. Secara umum, jerawat berarti penyumbatan kotoran di bawah lapisan kulit yang membuat munculnya benjolan pada kulit. Benjolan tersebut akan terasa nyeri, kemerahan, dan memiliki isi di dalamnya.

Namun sebenarnya, terdapat beberapa jenis jerawat yang perlu kamu ketahui, misalnya:

        
  • Komedo yang umumnya muncul di area kulit yang rentan berminyak seperti T zone.
  •     
  • Papula dan Pustula, yakni jerawat klasik yang biasanya meradang dan memiliki benjolan.
  •     
  • Kistik, jerawat hormon yang ada di bawah kulit yang tidak terlihat namun terasa saat disentuh.

 

2. Penyebab Jerawat


Foto: Istimewa

Selanjutnya untuk merawat kulit berjerawat kamu juga harus mengetahui penyebab munculnya jerawat di wajahmu. Setidaknya ada 4 hal yang bisa memicu tumbuhnya jerawat:

        
  • Tingginya hormon androgen dalam tubuh. Hormon inilah yang menyebabkan kulit remaja biasanya lebih berjerawat dibandingkan kulit orang dewasa.
  •     
  • Sel kulit mati. Sel kulit mati yang tidak diangkat dapat menyumbat pori-pori dan membuat kotoran bercampur terlalu banyak dengan minyak, sehingga menjadi tempat berkembangnya bakteri penyebab jerawat.
  •     
  • Kelebihan sebum. Sebum merupakan zat berminyak yang dirancang untuk menjaga kulit agar tetap sehat dan terhindar dari dehidrasi. Namun terkadang, sebum diproduksi secara berlebihan sehingga menyebabkan pori-pori tersumbat dan memicu tumbuhnya jerawat.
  •     
  • Diet. Perubahan jenis makanan dapat menyebabkan perubahan kadar gula darah sehingga memicu pelepasan hormon yang dapat meningkatkan pembentukan jerawat.

 

3.  Lakukan Step Skin Care yang Benar


Foto: Istimewa

Untuk merawat kulit berjerawat, kamu harus melakukan tahapan skin care yang benar. Tahapan ini bisa dimulai dari proses pembersihan kulit. Lakukan proses cleansing sebanyak 2 kali. Pertama, dengan menggunakan oil based cleanser. Lalu, kedua menggunakan water based cleanser.

Jangan lupa lakukan eksfoliasi. Eksfoliasi kulit berguna untuk menghilangkan minyak berlebih dan kotoran dari kulit. Tapi ingat ya Ladies, lakukan eksfoliasi dengan lembut agar jerawat tidak semakin meradang.

Gunakan moisturizer. Meskipun kulit kamu berjerawat, bukan berarti kamu boleh menghindari moisturizer. Justru moisturizer diperlukan untuk membuat kulit wajah kamu tetap terhidrasi, sehingga tidak mengalami peradangan yang lebih serius.

Lindungi kulit dengan sunscreen. Jerawat bisa menjadi semakin parah jika terkena sinar matahari. Karena itu, penting untuk kamu selalu menggunakan sunscreen setiap hari. Bahkan saat cuaca sedang mendung atau saat kamu seharian di rumah.
 


4. Lakukan Perawatan dengan Konsisten


Foto: Istimewa

Kamu tidak bisa mendapatkan kulit yang yang bebas dari jerawat hanya dalam satu malam. Kamu perlu melakukan perawatan kulit secara konsisten untuk mendapatkan kulit mulus yang kamu idamkan. Maka kalau perawatan kulit yang kamu lakukan belum menampakkan hasil, kamu perlu bersabar dan konsisten melakukan perawatan kulit tersebut.

Nah itu tadi beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk merawat kulit berjerawat. Selamat mencoba!


(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id