sign up SIGN UP

Cara yang Disetujui Ahli untuk Obati Hiperpigmentasi atau Bercak Gelap pada Bibir di Rumah

Budi Rahmah Panjaitan | Beautynesia
Rabu, 16 Feb 2022 07:45 WIB
Cara yang Disetujui Ahli untuk Obati Hiperpigmentasi atau Bercak Gelap pada Bibir di Rumah
caption

Hiperpigmentasi pada bibir membuat warna bibir menjadi kehitaman. Dikutip dari Byrdie, konsultan dermatologist Mara Weinstain, MD menjelaskan bahwa hiperpigmentasi bibir terjadi karena peningkatan deposit melanin di bibir, dikarenakan beberapa hal termasuk di antaranya merokok, trauma, reaksi inflamasi, paparan sinar matahari hingga pengaruh obat-obatan.

Oleh karenanya dibutuhkan cara-cara tepat yang dapat mengobati hiperpigmentasi bibir ini. Dan berikut adalah beberapa metode yang disetujui dermatologist untuk mengobati hiperpigmentasi pada bibir.

Kenali Penyebabnya Terlebih Dulu

Ilustrasi hiperpigmentasi bibir/ Foto: Freepik.com
Ilustrasi hiperpigmentasi bibir/ Foto: Freepik.com

Metode pertama yang harus diketahui adalah dengan mengenali penyebabnya terlebih dahulu. Dalam kasus ringan, hiperpigmentasi bisa terjadi akibat adanya reaksi alergi. Jika ini masalahnya, disarankan untuk membiarkannya karena biasanya akan hilang dengan sendirinya dalam beberapa bulan, Beauties.

Hindari Scrub Bibir yang Terlalu Abrasif

Ilustrasi lip scrub/ Foto: Freepik.com
Ilustrasi lip scrub/ Foto: Freepik.com

Mungkin kamu berpikir bahwa scrub bibir bisa menjadi salah satu metode untuk mengelupas sel-sel kulit mati pada bibir, sehingga tampilannya bisa lebih cerah. Namun perlu diingat bahwa perlu kebijaksanaan untuk menggunakan scrub bibir.

Jangan sampai scrub bibir yang dipilih terlalu abrasif sehingga dapat menyebabkan trauma pada bibir yang disebut mikroabrasi.

Hentikan Kebiasaan Menjilat Bibir

Dermatologist memberitahukan, kebiasaan menjilat bibir bisa menjadi penyebab utama hiperpigmentasi. Hal ini terjadi karena menjilat bibir bisa menyebabkan peradangan kulit.

Menyeimbangkan Hormon

Ilustrasi pengaruh hormon/ Foto: Freepik.com
Ilustrasi pengaruh hormon/ Foto: Freepik.com

Ryan Turner, MD pelaku dokter kulit bersertifikat di New York City, mengungkap adanya kaitan antara melasma dan hiperpigmentasi dengan obat pengatur hormon seperti kontrasepsi dan kehamilan. Untuk itu, kamu perlu konsultasi dengan dokter tentang pengaruh hormonal yang mungkin berkontribusi terhadap hiperpigmentasi pada bibir.

Lakukan Perawatan yang Lembut

Ilustrasi memakai produk bibir/ Foto: Freepik.com
Ilustrasi memakai produk bibir/ Foto: Freepik.com

Kamu mungkin berpikir bahwa berbagai perawatan seperti laser serta paparan bahan kimia bisa membuat kondisi hiperpigmentasi bibir segera menghilang. Meskipun ini mungkin benar tetapi penting untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kulit. Hal tersebut penting karena tidak jarang pengelupasan kimia dan tindakan laser malah memperburuk masalah.

Memakai Tabir Surya

Metode yang satu ini penting untuk diterapkan. Rutinlah memakai tabir surya untuk melindungi bibir dari paparan sinar matahari yang dapat merusak. Kamu juga perlu mempertimbangkan jenis tabir surya yang akan dipakai. Pilih tabir surya yang mengandung penghambat mineral seperti seng oksida guna mencegah melasma dan jenis hiperpigmentasi lainnya.

Periksa Daftar Bahan Perawatan Bibir

Kandungan yang terdapat dalam produk kosmetik termasuk di antaranya produk perawatan bibir penting untuk diperhatikan. Pilihlah bahan-bahan yang tidak terlalu keras namun tetap memiliki fungsi untuk bisa mencerahkan. Misalnya saja niacinamide dan licorice

Ketahui Waktu yang Tepat Menemui Profesional

Mengobati hiperpigmentasi memang dapat menjadi suatu tantangan tersendiri. Adapun waktu yang tepat untuk mencari bantuan profesional terkait hiperpigmentasi pada bibir ialah ketika pengobatan di rumah tidak kunjung berhasil.

[Gambas:Video Beautynesia]

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id