STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

PANDUAN PEMULA

Ciri-ciri Fungal Acne dan Cara Ampuh Mengatasinya

Fafa | Beautynesia
Senin, 21 Sep 2020 09:30 WIB
Ciri-ciri Fungal Acne dan Cara Ampuh Mengatasinya

Ladies, apa kamu sedang mengalami wajah yang bruntusan mirip jerawat yang tidak kunjung sembuh meski sudah menggunakan skincare? Jika “iya”, kemungkinan besar bruntusan tersebut bukanlah jerawat. Tapi bruntusan itu disebabkan oleh jamur atau disebut “fungal acne”.

Lalu, bagaimana ciri-ciri fungal acne itu sendiri? Simak penjelasan lengkapnya yang sudah dirangkum Beautynesia dari berbagai sumber.

 Ciri-ciri Fungal Acne

Ciri-ciri Fungal Acne
Ciri-ciri Fungal Acne/https://zula.sg

Fungal acne merupakan masalah kulit yang disebabkan oleh jamur Malassezia Folliculitis. Ciri-ciri fungal acne berbentuk mirip seperti jerawat, berbintik kecil menggelembung yang jumlahnya sangat banyak. Sehingga, saat diraba, tekstur kulit jadi kasar. Biasanya, timbul di area dahi, dada, dan punggung Ladies.

Ciri-ciri fungal acne lainnya, saat cuaca sedang panas, fungal acne akan terasa gatal dan terlihat merah meradang. Jika menghadapi kondisi ini, usahakan tidak menggaruk secara berlebihan agar tidak melukai kulit.

Faktor Penyebab Timbulnya Fungal Acne

fungal acne merupakan kondisi yang menyerupai jerawatfungal acne merupakan kondisi yang menyerupai jerawat/ Foto: Pexels

Meski ciri-ciri fungal acne mirip jerawat, tapi, faktor penyebabnya tidak 100% sama dengan jerawat. Secara garis besar, jerawat ditimbulkan oleh bakteri dan hormon, sedangkan fungal acne ada karena jumlah jamur yang berlebihan pada permukaan kulit. Berikut faktor umum timbulnya fungal acne.

  1. Terlalu sering berkeringat dalam jumlah sangat banyak
  2. Memakai skincare berbahan Undecylenic Acid, Lauric, Tridecylic, Stearic / Octadecanoic, Oleic / Octadecenoic, Linoleic.
  3. Kondisi lingkungan yang lembab Cuaca sangat panas
  4. Sedang hamil

Cara Ampuh Mengatasi Fungal Acne

Treatment Wajah Berjerawat
Treatment Wajah Berjerawat/https://www.byrdie.com

Jika sudah yakin masalah kulitmu sama dengan ciri-ciri fungal acne di atas, jangan ragu untuk rutin melakukan treatment di bawah ini :

  1. Membersihkan wajah dan badan secara rutin 2 kali sehari
  2. Menggunakan sabun dan skincare berbahan sulfur, salicylic acid, propolis, urea, ketoconazole.
  3. Sementara, hindari scrubbing wajah untuk mencegah iritasi kulit. Bisa diganti dengan treatment lidah buaya pada malam hari Ladies.
  4. Segera mengganti baju saat sedang berkeringat
  5. Memilih makanan sehat seperti sayur dan buah.
  6. Hindari makanan berlemak, tinggi gula dan karbohidrat seperti gorengan, junk food, susu, dan masih banyak lainnya.
  7. Banyak minum air putih untuk detoks racun dalam tubuh
  8. Bisa menggunakan salep atau pil anti jamur

Apabila bruntusanmu semakin parah dan tidak kunjung sembuh, lebih baik segera konsultasikan ke dokter spesialis kulit. Semoga bermanfaat !

(kik/kik)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE