STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Dari Masa ke Masa, Ini Deretan Tren Eye Makeup yang Pernah Viral di Zamannya

Retno Wulandari | Beautynesia
Sabtu, 18 Dec 2021 19:00 WIB
Dari Masa ke Masa, Ini Deretan Tren Eye Makeup yang Pernah Viral di Zamannya

Mata jadi salah satu bagian wajah yang tidak luput dari pusat perhatian. Tidak heran jika muncul tren eye makeup yang menambah tampilan mata jadi menarik.

Berbicara tentang tren eye makeup, setiap dekade pasti memiliki perbedaan yang sangat jelas. Lantas, seperti apa tren eye makeup dari tahun 1960 hingga sampai saat ini? Dilansir dari ELLE, berikut tren eye makeup dari setiap dekade yang tidak lekang oleh waktu!

Tahun 1960: Loads of Lashes

Tren eye makeup
Tren eye makeup/ Foto: Instagram @francescangelamua

Pada tahun 1960-an, perempuan mengutamakan bagian mata mereka agar terlihat on point. Maraknya penggunaan bulu mata palsu ekstra panjang di bagian atas dan bawah mata, lalu maskara hitam yang tebal membuat mata terlihat lebar.

Tren eye makeup di tahun 1960-an ini juga dikenal dengan nama loads of lashes. Yup, dibandingkan bagian wajah lainnya, area mata memang jadi perhatian utama para perempuan dalam ber-makeup. Bahkan agar semakin on point, mereka menggunakan lipstik berwarna pucat.

Tahun 1970: Au Naturale

Tren eye makeup
Tren eye makeup/ Foto: Instagram @archivejagger

Jika di tahun 1960-an perempuan lebih menonjolkan bagian mata saat ber-makeup, di tahun 1970-an perempuan tidak lagi menggunakan maskara atau eyeliner yang tebal. Bahkan bisa dibilang tampilan mata lebih natural dan berkembang menjadi tren. Bianca Jagger, Lauren Hutton, dan Cheryl Tiegs juga turut mempopulerkan tren eye makeup jadul ini.

Tahun 1980: The More, the Better

Tren eye makeup
Tren eye makeup/ Foto: Instagram @estergirelli.makeup

Memasuki tahun 1980-an, sosok Diana Ross hingga Madonna jadi panutan perempuan yang berpenampilan lebih berani. Eyeshadow dengan warna-warna cerah dan berpigmentasi tinggi jadi favorit. Tren eye makeup jadul satu ini sangat populer, lho, Beauties.

Tahun 1990: Minimalist Makeup

Tren eye makeup
Tren eye makeup/ Foto: Instagram @insta.90s

Bergeser ke tahun 1990-an, tren eye makeup tidak lagi tebal atau cerah. Yup, di tahun ini perempuan lebih nyaman dengan tampilan minimalis. Eyeshadow berwarna cerah sudah tidak lagi menjadi tren. Hal ini digantikan dengan warna-warna netral, alis berwarna cokelat atau hitam yang terawat, dan maskara yang tidak terlalu tebal.

Tahun 2000: Full Lush Lashes

Tren eye makeup
Tren eye makeup/ Foto: Instagram @makeupbymilicadj

Eyeshadow pastel, eyeliner tebal, dan bulu mata palsu yang panjang kembali jadi tren di tahun 2000-an. Selebritis dunia yang kala itu jadi sorotan dengan tren eye makeup full lush lashes adalah Jennifer Lopez dan Kim Kardashian.

Tahun 2010: Bold Brows

Tren eye makeup
Tren eye makeup/ Foto: Instagram @makeupbyahu

Jika sebelumnya perempuan sering mencabut bulu alis agar terlihat tipis dan melengkung, memasuki tahun 2010-an tren alis pun mengalami pergeseran. Kemunculan model cantik bernama Cara Delevingne dengan alis tebal dan asli menjadi pusat perhatian.

Di tahun ini muncul pomade dan gel berwarna untuk bantu menggambar serta mengisi alis agar lebih tebal. Tren bold brows ini sangat populer dan menggantikan tren alis tipis sebagai eye makeup jadul yang sudah ada sejak dua dekade sebelumnya.

Tahun 2020: Sky-High Fluffy Brows

Tren eye makeup
Tren eye makeup/ Foto: Instagram @haileybieber

Sekilas tren alis di tahun 2020 ini mirip dengan tren di tahun 2010-an. Namun, bedanya tampilan alis di tahun 2020-an mengikuti lekukan kontur alami. Selain itu, kehadiran maskara alis memudahkan perempuan membuat ilusi alis agar lebih nyata.

[Gambas:Youtube]

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fer/fer)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE