STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Do's and Dont's dalam Mencampurkan Kandungan Skincare yang Harus Diperhatikan

Hani Arifah | Beautynesia
Kamis, 04 Mar 2021 17:30 WIB
Do's and Dont's dalam Mencampurkan Kandungan Skincare yang Harus Diperhatikan

Mix and match kandungan aktif dalam skincare merupakan aktivitas yang butuh kehati-hatian. Alih-alih mendapat kulit yang sehat dan glowing, jika kamu salah menggabungkan bahan aktif dalam skincare, kulitmu malah akan teriritasi dan rusak. Banyak studi yang telah menguji coba penggabungan bahan aktif pada skincare.

Namun, semua kembali pada kondisi kulit kita karena reaksi yang ditimbulkan tiap kulit berbeda-beda. Berikut ini adalah do and don’t yang harus diperhatikan jika kamu ingin menggabungkan bahan aktif skincare.

Do's:

Mengaplikasikan AHA/BHA Sebelum Menggunakan Benzoyl Peroxide

Produk-produk yang mangandung benzoyl paroxideFoto:pinterest/thebeautyjournal
Benzoyl Paroxide

Seperti yang kita tahu, Benxoyl Peroxide merupakan bahan aktif yang berfungsi untuk mengatasi jerawat. Penggunaan AHA/BHA sebelum mengaplikasikan Benzoyl Peroxide akan membuat kinerja bahan aktif tersebut maksimal, karena AHA/BHA terlebih dulu membersihkan pori-pori sehingga Benzoyl Peroxide dapat bekerja dengan baik ke dalam pori-pori yang bersih.

Menggunakan Niacinamide dan Alpha Arbutin 

Kedua bahan ini memiliki fungsi yang sama, yaitu mencerahkan kulit wajah serta menghilangkan flek hitam di wajah. Saat ini, belum ada studi yang menjelaskan bahwa kedua bahan ini tidak boleh dipakai secara bersamaan. Bahkan, banyak sekali produk yang menggabungkan 2 bahan tersebut. Jadi, penggunaan Niacinamide dan Alpha Arbutin secara bersamaan bukan sebuah ide buruk.

Menggunakan Retinol dengan AHA/BHA

Sejauh ini belum ada studi yang melarang kedua produk ini digunakan di waktu yang bersamaan. Dikutip dari channel YouTube Female Daily Network, beberapa dokter malah menyarankan keduanya digunakan bersama, karena akan membentuk sebuah harmonisasi.

Menggunakan Retinol dan Niacinamide dalam Satu Waktu

Tidak ada studi yang melarang penggunaan dua bahan ini. Bahkan kedua bahan ini disebut sebagai kombinasi yang paling aman untuk semua jenis kulit, bahkan di kulit yang sedang iritasi. Niacinamide berkerja dengan baik untuk membantu menstabilkan kulit yang teriritasi. Selain itu, kabanyakan dari Niacinamide mengandung Hyaluronic Acid yang akan membantu memberi kelembapan pada kulit wajah.

Dont's:

Menggunkan Vitamin C pH Rendah dan AHA/BHA Secara Bersamaan

pH chartFoto:pinterest/itsallinmyhand
pH chart

Vitamin C dengan pH rendah memiliki sifat acidic yang bisa mengeksfoliasi kulit. Sama halnya dengan AHA/BHA, keduanya adalah kandungan yang biasa digunkan untuk mengeksfoliasi kulit. Jika Vitamin C dan AHA/BHA digunakan secara bersamaan, maka akan terjadi overexfoliasi yang menyebabkan kulit kemerahan.

Menggunakan Vitamin C dan Niacinamide dalam Satu Waktu

Dikutip dari channel YouTube Female Daily Network, beberapa studi menganjurkan untuk tidak menggunakan kedua bahan di atas secara bersamaan karena daya kerja Vitamin C akan berkurang jika digabung dengan Niacinamide.

Menggunakan Vitamin C dan Retinol Secara Bersamaan

Vitamin C pada skincareFoto:pinterest/sivanaspirit
Vitamin C

Retinol dan Vitamin C adalah kandungan yang baik untuk melawan penuaan pada kulit. Namun, kedua bahan ini bekerja pada tingkatan pH yang berbeda, sehingga bila digunakan secara bersamaan, kedua bahan tersebut tidak dapat bekerja secara maksimal.

Menggunakan Benzoyl Peroxide dan Retinol dalam Satu Waktu

Benzoyl Paroxide dan Retinol adalah dua bahan yang sama-sama memiliki fungsi untuk mengatasi jerawat. Penggunaan dua bahan tersebut secara bersamaan tampaknya merupakan ide buruk. Dikutip dari channel YouTube Female Daily Network, Paula Begoun, seorang guru skincare mengatakan bahwa kedua bahan tersebut sama-sama mengurangi daya kerja ingredient. Jadi, sebaiknya hindari penggunaan produk dengan kandungan Benzoyl Peroxide dan Retinol secara bersamaan.

Menggunakan Dua Produk Exfoliasi dalam Satu Waktu

Physical Exfoliator scrubFoto:pinterest/theladyulia
Face Scrub

Seperti yang kita tahu, eksfoliasi merupakan preses pengelupasan sel kulit mati yang menumpuk di kulit kita. Penggunaan produk eksfoliasi yang berlebihan akan menyebabkan overexfoliasi. Dampak buruk dari overexfoliasi adalah kulit menjadi iritasi. Jadi, jika kamu sudah menggunakan produk eksfoliasi pada step skincare-mu, maka tidak perlu mengaplikasikan produk eksfoliasi pada step selanjutnya.

Menggunakan Vitamin C dan Niacinamide Secara Bersamaan

Vitamin C adalah bahan aktif yang di dalamnya terdapat asam aktif yang cukup sensitif. Maka untuk menggabungkannya dengan bahan lain, kita harus berhati-hati. Salah satu kandungan yang sebaiknya tidak digabungkan dengan Vitamin C adalah Niacinamide. Pemakaian Vitamin C dan Niacinamide secara bersamaan akan mengubah Niacinamide menjadi Niacin yang nantinya akan menimbulkan kemerahan dan sensasi tingling pada kulit wajah.

Nah, itu tadi do and don't dalam mix and match skincare yang harus kamu perhatikan agar tetap aman, ya! 

(mel/mel)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE