sign up SIGN UP

Eye Cream 101: Mengapa Penting dan Bagaimana Memilihnya?

Nisrina Salsabila | Beautynesia
Sabtu, 24 Oct 2020 22:00 WIB
Eye Cream 101: Mengapa Penting dan Bagaimana Memilihnya?
caption
Jakarta -

Tahukah Ladies, ada perdebatan tentang keampuhan eye cream. Dr. Katrina Good, DO, berpendapat, krim mata tidak terlalu membantu, sehingga apa pun mereknya, krim wajah sama bermanfaatnya dengan krim mata. Tetapi, fakta mengatakan bahwa kulit di bawah mata bisa 10 kali lebih tipis dibanding kulit di area wajah lain, bahkan semakin menipis sejalan bertambahnya usia. Ditambah lagi, kulit bawah mata tidak memiliki kelenjar minyak untuk membantu menjaga kulit tetap kenyal. Oleh karena itu, area kontur mata lebih rentan menunjukkan tanda-tanda penuaan dini. Untuk alasan ini, beberapa ahli percaya lebih baik menggunakan krim atau gel yang dirancang khusus untuk mata.

Penyebab umum munculnya lingkaran hitam dan bawah mata bengkak antara lain karena kurang tidur, pola makan, stres, alergi, faktor umur, pecahnya pembuluh darah, anemia, hiperpigmentasi, bahkan dehidrasi. Lingkaran hitam dan bengkak di bawah mata juga bisa jadi adalah tanda kelebihan racun.

Pentingnya penggunaan eye cream
Kurang tidur memicu masalah under eye/Foto: Pinterest

Eye cream adalah perawatan ampuh yang diformulasikan khusus untuk kulit dan masalah di sekitar mata, sehingga teksturnya lebih ringan daripada moisturizer untuk wajah serta memiliki banyak bahan aktif. Maka dari itu, pastikan produk yang kamu pilih mengandung bahan-bahan seperti, hyaluronic acid, vitamin E, ceramics, retinol, dan antioksidan. Eye cream digunakan pada pagi dan malam hari setelah essence/serum, atau dengan kata lain sebelum kita mengaplikasikan moisturizer. Kamu bisa mulai gunakan eye cream di usia 24-25 tahun, loh, Ladies. Bila menyangkut area mata, mencegah lebih baik daripada mengobati, bukan?

Beda Masalah, Beda Solusi

Pentingnya penggunaan eye cream
Masalah kulit di bawah mata/Foto: Pinterest

Bagian under eye memiliki fokus masalahnya sendiri yang berbeda dengan area wajah pada umumnya, berupa garis halus, hiperpigmentasi, bengkak, dan kulit kering. Mengingat daerah bawah mata merupakan area yang sensitif, maka dibutuhkan perawatan khusus untuk mengatasi masalah-masalah tersebut. Pastikan kamu memasukan bahan-bahan ajaib ini ke dalam night skincare routine-mu ya, Ladies! Untuk rekomendasi produk eye cream, kamu bisa lihat di sini.

Pentingnya penggunaan eye cream
Tampilan garis halus dan mata panda/Foto: Pinterest
  1. Garis-garis halus dan kerutan berasal dari kerusakan akibat sinar matahari dan berkurangnya kolagen seiring bertambahnya usia. Untuk mengatasinya, kamu membutuhkan retinol, hyaluronic acid, vitamin C, dan peptide. Bahan-bahan ini bekerja secara aktif untuk mengunci kelembaban di area mata dan merangsang sel yang memproduksi kolagen sehingga elastisitas kulit terjaga.
  2. Jika kamu memiliki masalah hiperpigmentasi atau lingkaran hitam di bawah mata, kamu bisa gunakan produk yang mengandung arbutin, retinol, kojic acid, vitamin C, vitamin B3/niacinamide, dan azelaic acid.
  3. Mata bengkak (puffy eyes) terjadi ketika ada cairan yang menumpuk pada kapiler (pembuluh darah kecil berdinding tipis) di area mata. Kandungan retinol, kafein, teh hijau, polifenol dari biji kopi, willow herb, dan dipeptide-2 efektif mengatasi masalah tersebut.
  4. Sedangkan, kantung mata (eye bags) menurut ahli kecantikan tidak bisa dihilangkan dengan perawatan eye cream, melainkan dengan prosedur filler yang disuntikkan ke area bawah mata untuk mengisi volume kulit maupun melalui prosedur radiofrekuensi.

Rawat dengan Hati-hati

Pentingnya penggunaan eye cream
Tepuk eye cream secara lembut dengan jari manis/Foto: Pinterest

Mengingat area bawah mata sensitif dan rentan, maka perawatannya pun mesti dilakukan dengan cara hati-hati. Berikut hal-hal yang harus diperhatikan saat merawat under eye:

  • Hapus riasan mata dengan tidak menggosoknya. Cukup tekan lembut dengan tekanan minimal, lalu usap searah.
  • Tepuk-tepuk eye cream dengan lembut menggunakan jari manis lalu pijat lembut area bawah mata untuk meningkatkan sirkulasi di sekitarnya dan mengambil produk berlebih. Biarkan ia meresap dahulu sebelum kamu timpa dengan produk selanjutnya.
  • Aplikasikan sunscreen yang aman digunakan di sekitar area kelopak mata, semacam physical sunscreen dengan kandungan mineral zinc/titanium dioksida.
  • Biasakan pola hidup sehat, seperti tidur yang cukup, olahraga, mengatur pola diet, minum cukup air serta atasi stres.
(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id