STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Gak Nyangka Deh, Mending Hindari 5 Kebiasaan Ini Agar Kulit Awet Muda!

Anastasia Martina | Beautynesia
Sabtu, 19 Dec 2020 13:00 WIB
Gak Nyangka Deh, Mending Hindari 5 Kebiasaan Ini Agar Kulit Awet Muda!

Kulit yang sehat dan tampak awet muda tentu menjadi dambaan semua orang. Berbagai skin care jenis anti-aging dan terapi peremajaan wajah pun marak dicari banyak orang. Tapi, tahukah kamu bahwa kebiasaan yang dilakukan sehari-hari juga berdampak terhadap kesehatan kulit? Oleh karenanya, berikut ini ada lima kebiasaan sehari-hari yang sebaiknya dihindari untuk mendapatkan kulit yang glowing dan awet muda.

Tidak membersihkan makeup dengan benar

tidak membersihkan makeup dengan benar
tidak membersihkan makeup dengan benar/photo by andrea piacquadio on pexels

Saat tubuh merasa lelah setelah seharian beraktivitas, sebagian orang cenderung langsung berbaring di atas kasur alih-alih membersihkan wajah terlebih dahulu. Tapi, perlu diingat bahwa sisa makeup yang tidak dibersihkan ditambah dengan paparan debu, kotoran, dan polusi dapat menimbulkan masalah pada wajah, lho. Seperti pori-pori tersumbat, kulit kusam, dan penuaan kulit.

Jadi, setiap kali selesai beraktivitas pastikan kamu lakukan double cleansing dengan first cleanser dan sabun wajah andalanmu agar wajahmu bersih maksimal saat tidur.

Tidak mendapatkan istirahat yang cukup

tidak mendapatkan istirahat yang cukup
tidak mendapatkan istirahat yang cukup/photo by ketut subiyanto on pexels

Hayo, ngaku, siapa yang suka marathon drama Korea hingga subuh? Atau yang harus berkutat dengan pekerjaannya hingga lupa untuk beristirahat? Ladies perlu berhati-hati, nih karena kurang tidur memiliki pengaruh buruk untuk kulit, mulai dari timbulnya mata panda hingga kulit yang kusam.

Dilansir dari situs isdn.com, Cleveland University Hospitals Case Medical Center melakukan eksperimen dengan melibatkan dua kelompok wanita yang tidur di bawah 5 jam dan yang tidur selama 7 hingga 9 jam.

Hasilnya, kelompok yang tidur di bawah 5 jam tersebut memiliki muncul garis-garis halus, keriput, dan warna kulit yang tidak merata dibandingkan kelompok yang cukup istirahat. Yuk, mulai sekarang kita atur jadwal kegiatan dan jam tidur agar bisa beristirahat dengan cukup dan bangun dengan kulit yang sehat.

Kurangnya aktivitas fisik

kurangnya aktivitas fisik
kurangnya aktivitas fisik/photo by li sun on pexels

Kurangnya aktivitas fisik dapat menyebabkan sejumlah masalah kesehatan, seperti jantung, stroke, diabetes dan sebagainya. Nah, masalah tersebut dapat dicegah dengan rutin berolahraga.

Olahraga dapat meningkatkan produksi kolagen yang berfungsi untuk menjaga kulit tetap sehat dan elastis. Lalu, keringat yang dikeluarkan saat olahraga membantu pori-pori kulit mengeluarkan kotoran sehingga kulit jadi bersih.

Juga, berolahraga melancarkan peredaran darah yang membuat kulit cerah. Tidak perlu olahraga yang rumit, olahraga sesederhana jalan kaki selama 30 menit dapat membawa manfaat yang besar untuk kesehatan tubuh dan kulit.

Mengonsumsi makanan manis secara berlebihan

mengonsumsi makanan manis
mengonsumsi makanan manis/photo by wojtek mich on unsplash

Makanan manis digolongkan sebagai inflammatory foods yang dapat mempercepat munculnya keriput pada kulit akibat proses yang disebut dengan proses glycation di mana makanan dengan indeks glikemik tinggi mengikat kolagen dan elastin yang terdapat pada kulit sehingga kedua zat tersebut tidak dapat bekerja secara maksimal.

Karenanya, pilihlah makanan yang kaya akan vitamin, serat, protein, dan omega untuk merawat kulit dari dalam. Keempat elemen tersebut bisa ditemukan di makanan seperti alpukat, telur, sayur, dan buah.

Tidak menggunakan sunscreen

tidak menggunakan sunscreen
tidak menggunakan sunscreen/photo by yue su on unsplash

Sudah tidak diragukan lagi bahwa matahari adalah penyebab penuaan yang terjadi pada kulit. Pada dasarnya, sunscreen bisa dianggap seperti skincare anti-aging yang dapat ditemui di mana pun. Jadikanlah sunscreen sebagai bagian wajib dalam skincare routine kalian. Jangan lupa juga untuk re-apply sunscreen setiap 4 jam sekali dan tetaplah menggunakan sunscreen walaupun hanya di rumah saja.

Ladies sudah siap memiliki kulit yang tampak awet muda? Jangan lupa terapkan tips-tips di atas, ya!

(arm2/arm2)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE