sign up SIGN UP

Hyaluronic Acid dan Retinol Bisa Jadi Duet Maut, Mana yang Sebaiknya Dipakai Lebih Dulu?

Febriyani Rahmania | Jumat, 07 Jan 2022 13:45 WIB
Hyaluronic Acid dan Retinol Bisa Jadi Duet Maut, Mana yang Sebaiknya Dipakai Lebih Dulu?
caption
Jakarta -

Punya koleksi skincare dengan kandungan bahan aktif populer bukan berarti kamu harus mengoleskannya semua ke kulit, bahkan secara bersamaan. Sebab, kebanyakan kandungan aktif nggak boleh dipakai berbarengan karena akan menimbulkan efek samping. Iritasi, misalnya.

Bahkan, pada beberapa kasus, pencampuran dua bahan aktif bisa menghilangkan fungsi dari ingredients itu sendiri. Namun, berbeda pada kasus pencampuran asam hialuronat atau hyaluronic acid dan retinol. Kedua bahan ini akan menjadi duet maut pada rutinitas skincare kamu.

"Mereka bekerja sama secara sinergis dalam mencapai kulit yang lebih sehat," kata dr. Daniel Sugai, M.D., dokter kulit bersertifikat yang berbasis di Seattle, Washington kepada Byrdie. Meski retinoid topikal bisa dapat mengeringkan dan mengiritasi bagi sebagian orang, tapi jika dipasangkan dengan asam hialuronat, yang menghidrasi, bisa mengatasi garis-garis halus dan kerutan.

Pakai Retinol Dan Asam Hialuronat Bersamaan

Cara yang benar untuk apply skincare/pexels.com/cottonbroIlustrasi skincare. (Foto: pexels.com/cottonbro)

Seperti yang telah dikatakan di atas, penggunaan retinol bisa menyebabkan kulit kering dan terkelupas, sehingga hyaluronic acid berfungsi sebagai penenang dari efek tersebut. Hal tersebut juga disampaikan oleh dr. Alicia Zalka, M.D., dokter kulit bersertifikat dan pendiri Surface Deep.

"Hyaluronic acid berfungsi sebagai pelembab yang intens dan dapat mengurangi efek samping retinol yang kering dan mengelupas," katanya kepada Bustle. Menurut dr. Corey L. Hartman, M.D., pendiri Skin Wellness Dermatology di Birmingham, Alabama, perpaduan asam hialuronat dengan retinol bahkan akan lebih bekerja di jenis kulit tertentu tanpa khawatir, seperti kulit sensitif.

Hyaluronic Acid Sebelum Atau Setelah Retinol?

Tambahkan Retinol dalam Rangkaian SkincareIlustrasi skincare. (Foto : freepik.com/freepik)

Untuk mencapai hasil yang diinginkan, tentu perlu ada aturan bahan mana yang perlu lebih dulu atau belakangan digunakan. Dalam hal ini, umumnya asam hialuronat digunakan lebih dulu sebelum produk retinol. "Hyaluronic acid memungkinkan retinol yang oleskan tanpa kekeringan dan membuat retinol bekerja normal," jelas dr. Hartman.

Menurut dr. Sugai, cara memakainya adalah dengan mengoleskan asam hialuronat pada kulit lembab setelah dibersihkan. Hal ini dikarenakan hyaluronic acid bekerja dengan menarik air. Kemudian, baru mengoleskan retinol untuk menguncinya.

Setelah retinol, jangan lupa untuk menggunakan pelembab untuk memaksimalkan skin-boosting yang kamu lakukan, ya, Beauties.

[Gambas:Youtube]

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fer/fer)

Our Sister Site

mommyasia.id