sign up SIGN UP

Hydrating Toner Vs Exfoliating Toner, Pilih Mana?

Dian Siti Marfuah | Beautynesia
Kamis, 30 Dec 2021 18:00 WIB
Hydrating Toner Vs Exfoliating Toner, Pilih Mana?
caption
Jakarta -

Toner wajah merupakan produk skincare dengan tekstur cair yang umumnya diaplikasikan setelah pemakaian face wash. Toner sendiri memiliki banyak manfaat seperti untuk menyeimbangkan pH kulit, mempersiapkan kulit untuk tahapan skincare selanjutnya, melembapkan kulit dan ada juga untuk membantu eksfoliasi kulit.

Sesuai dengan kegunaannya, ada dua jenis toner yang banyak orang gunakan yaitu itu hydrating toner dan exfoliating toner. Kira-kira dari kedua toner itu apa sih perbedaan dan manakah yang lebih baik?

Hydrating Toner

Ilustrasi produk toner/Pexels.com/Artem Podrez
Ilustrasi produk toner/ Foto: Pexels.com/Artem Podrez

Seperti namanya hydrating toner adalah produk berbentuk toner yang berfungsi untuk melembapkan kulit. Nah, karena umumnya setelah kita cuci muka, wajah akan terasa kering, di sinilah toner akan mengambil andil. Kelembapan kulit bisa dikembalikan dengan menggunakan produk hydrating toner.

Umumnya, kandungan hydrating toner berupa zat yang bisa menarik air ke permukaan kulit seperti gliserin atau hyaluronic acid. Ingredients tersebut bisa menjaga kelembapan kulitmu dan memaksimalkan efektivitas produk skincare kamu selanjutnya.

Exfoliating Toner

Ilustrasi wanita menggunakan toner/Freepik.com/lookstudio
Ilustrasi perempuan menggunakan toner/ Foto: Freepik.com/lookstudio

Berbeda dengan hydrating toner, exfoliating toner sendiri adalah jenis toner yang berfungsi membersihkan pori-pori tersumbat, mengembalikan pH normal kulit sekaligus mengangkat sel-sel kulit mati.

Manfaat exfoliating toner adalah membantu  regenerasi sel kulit karena mengangkat sel-sel kulit mati sehingga kulit akan terasa  lebih halus, sehat dan cerah. Namun karena fungsi toner ini untuk mengangkat sel kulit mati, penggunaan exfoliating toner tidak disarankan digunakan setiap hari.

Pasalnya, penggunaan setiap hari berpotensi bikin kulit iritasi atau bahkan merusak kulit. Untuk ingredients-nya, exfoliating toner biasa mengandung zat eksfoliasi seperti zat AHA dan BHA.

Perbedaan Hydrating Toner dan Exfoliating Toner

Ilustrasi penggunaan skincare/Pexels.com/EKATERINA BOLOVTSOVA
Ilustrasi penggunaan skincare/ Foto: Pexels.com/EKATERINA BOLOVTSOVA

Perbedaan keduanya bisa dilihat dari segi kandungan dan manfaatnya, dimana hydrating toner berfungsi untuk melembapkan sedangkan exfoliating toner berfungsi untuk mengeksfoliasi sel-sel kulit mati.

Selain itu dari segi kandungan, hydrating toner umumnya mengandung gliserin atau hyaluronic acid sedangkan exfoliating toner mengandung zat AHA dan BHA. Nah, perbedaannya juga bisa dilihat dari cara pengaplikasiannya nih, Beauties.

Exfoliating toner digunakan dengan bantuan kapas lalu diusapkan secara pelan ke wajah. Untuk hydrating toner biasanya dipakai dengan diaplikasikan langsung ke wajah dengan cara ditepuk-tepuk menggunakan tangan hingga menyerap dengan sempurna.

Manakah yang Lebih Baik?

IIustrasi wanita/Pexels.com/Daniel Xavier
Ilustrasi perempuan dengan kulit yang sehat/ Foto: Pexels.com/Daniel Xavier

Hydrating toner VS exfoliating toner, manakah yang paling baik dari kedua toner ini? pada dasarnya, kedua toner ini memiliki kandungan dan manfaatnya yang berbeda sehingga sulit untuk dibandingkan.

Namun, beberapa orang menggunakan kedua toner ini secara bersamaan atau yang lebih dikenal sebagai metode double toning. Metode ini dilakukan dengan cara menggunakan exfoliating toner dulu lalu mengaplikasikan hydrating toner.

Yang perlu kembali diingat exfoliating toner tidak bisa digunakan setiap hari dan teknik double toning ini harus disesuaikan dengan jenis kulit. Nah, agar manfaat penggunaan toner ini maksimal, pemilihan toner ini lebih baik disesuaikan dengan masalah kulit dan jenis kulitmu, ya!

[Gambas:Youtube]

--------------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(sim/sim)

Our Sister Site

mommyasia.id