sign up SIGN UP

Ingin DIY Masker? Hati-hati, 5 Bahan Alami Ini Ternyata Tidak Baik Dioles ke Kulit Wajah!

Raudiya Nurfadilah | Sabtu, 08 Jan 2022 17:00 WIB
Ingin DIY Masker? Hati-hati, 5 Bahan Alami Ini Ternyata Tidak Baik Dioles ke Kulit Wajah!
caption

Beauties, melakukan perawatan wajah menggunakan masker memang sudah tidak asing lagi. Kita biasanya menggunakan masker yang dijual di pasaran agar lebih praktis tetapi tak sedikit orang juga yang sering membuat DIY (Do it yourself) masker dari bahan-bahan alami, karena dipercaya bisa mampu meminimalisir risiko berbahaya.

Sayangnya kamu juga harus berhati-hati dalam memilih bahan yang akan digunakan sebagai masker wajah, alih-alih mendapatkan wajah yang sehat, cerah, dan memperbaiki masalah kulit, justru kamu malah mengalami iritasi, terbakar, hingga gatal.

Nah, berikut ini ada beberapa bahan alami yang sebaiknya tidak digunakan sebagai DIY masker wajah.

Lemon

Lemon bisa mengiritasi kulit wajah
Lemon bisa mengiritasi kulit wajah/ Foto: Pexels/ Gamze Nur

Banyak DIY masker yang memakai bahan alami dari buah lemon karena dipercaya bisa mencerahkan kulit. Sayangnya, hal tersebut justru bisa menyebabkan phytophotodermatitis, mengutip laman Allure, yakni adanya reaksi peradangan kulit karena sifat asam dari lemon yang bisa menyebabkan timbulnya rasa terbakar.

“Jika digunakan pada kulit yang terpapar sinar matahari, (lemon) dapat menyebabkan reaksi melepuh dan hiperpigmentasi,” ujar dokter kulit bersertifikat, Rita Linkner yang berbasis di New York.

Putih Telur

Masker telur putih mentah bisa menginfeksi kulit
Masker telur putih mentah bisa menginfeksi kulit/ Foto: Pexels/ Pixabay

Beauties, bahan alami selanjutnya yang ternyata tidak disarankan sebagai masker wajah yakni putih telur mentah. Jika kamu mencoba DIY masker dari putih telur mentah dan langsung mengoleskannya ke kulit maka berisiko menimbulkan iritasi dan infeksi, karena bahan tersebut mengandung bakteri salmonella.

Infeksi kulit karena salmonella memang kejadian langka tetapi pastinya kamu tidak mau mengalami hal-hal yang tidak dinginkan kan? Maka sebaiknya selalu berhati-hati.

Kayu Manis

Masker kayu manis tidak baik untuk wajah
Masker kayu manis tidak baik untuk wajah/ Foto: Pexels/ Mareefe

Masker yang terbuat dari kayu manis dipercaya bisa membantu dalam mengatasi jerawat, tetapi masker ini bisa jadi tidak cocok untuk beberapa orang. Kamu akan merasakan sensasi kesemutan dan kemerahan bahkan hingga adanya luka bakar.

Dilansir dari Healthline, kayu manis memang memiliki manfaat antimikroba yang digunakan dalam menyembuhkan luka. Tetapi jika kamu memiliki kulit yang sensitif maka rempah satu ini bisa menyebabkan efek samping yang tidak diinginkan.

Cuka Sari Apel

Masker cuka apel bisa merusak kulit dalam jangka panjang
Masker cuka apel bisa merusak kulit dalam jangka panjang/ Foto: Freepik/ Racool_studio

Cuka sari apel sudah umum digunakan sebagai masker wajah karena diklaim bisa membantu dalam membersihkan jerawat, memudarkan bekas luka atau bintik-bintik penuaan.

Tetapi jika kamu menggunakannya secara sering maka dalam waktu jangka panjang maka bisa merusak kulit wajah karena kadar asamnya yang tinggi. Setiap luka jerawat yang diolesi cuka apel berisiko mengalami luka bakar, iritasi, dan peradangan.

Soda Kue

Soda kue tidak baik digunakan sebagai masker wajah
Soda kue tidak baik digunakan sebagai masker wajah/ Foto: Freepik/ Freepik

DIY masker dari soda kue yang disebut bisa mengobati jerawat ternyata tidak baik lho diaplikasikan ke kulit wajah. Karena dibanding cuka apel dan lemon yang bisa mengganggu pH kulit karena tingkat keasamannya yang tinggi, maka soda kue bisa melakukannya sepuluh ribu kali lebih basa daripada tingkat pH normal kulit kamu.

Mengutip laman Healthy Skin Glows, menggunakan soda kue sebagai masker wajah bisa mengganggu bakteri alami pada permukaan kulit, yang justru bermanfaat untuk mencegah terjadinya infeksi dan jerawat, bisa mengiritasi dan membuat kulit meradang.

Beauties, untuk beberapa kali penggunaan mungkin saja soda kue bisa menghilangkan jerawat karena memiliki sifat antiinflamasi dan antiseptik. Tetapi untuk penggunaan jangka panjang, sebaiknya kamu tidak menggunakan bahan tersebut sebagai masker wajah.

Nah, itulah beberapa bahan alami yang biasa dijadikan masker wajah tetapi bisa membahayakan kulit wajah. Sebaiknya kita selalu berhati-hati dalam memilih bahan yang akan diaplikasikan pada tubuh agar menghindari risiko yang tidak diinginkan, juga selalu mencari tahu apakah bahan tersebut memang aman untuk kulit atau tidak.

[Gambas:Youtube]

-----------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id