sign up SIGN UP

Ingin Rambut Sehat Tanpa Ribet? Berikut Cara Gampang yang Bisa Kamu Lakukan untuk Mengurangi Kerusakan

Astari Dewi Larasati | Beautynesia
Sabtu, 30 Jul 2022 11:00 WIB
Ingin Rambut Sehat Tanpa Ribet? Berikut Cara Gampang yang Bisa Kamu Lakukan untuk Mengurangi Kerusakan
caption

Terkadang produk perawatan rambut yang ada belum tentu cocok dengan rambut kamu. Kalau sudah nggak cocok dengan bahan yang terkandung, bukannya rambut menjadi sehat, justru kulit rambut bisa teriritasi dan membuat rambut jadi lebih kering. Belum lagi harga nya yang menguras dompet.

Untuk menghindari hal tersebut, ada beberapa hal dasar yang bisa kamu terapkan dalam rutinitas sehari-hari yang pastinya bebas dari bahan berbahaya apapun. Berikut adalah cara gampang yang bisa mengurangi kerusakan rambut.

Makan Makanan yang Kaya Nutrisi

Makan makanan bernutrisi
Pinterest.com/dinneratthezoo

Nggak hanya kesehatan badan, pola makan yang sehat juga berpengaruh pada kesehatan rambut. Kalau rajin makan makanan yang kaya nutrisi, maka kamu akan mendapatkan rambut yang kuat, sehat, dan berkilau. Beberapa makanan yang direkomendasikan untuk kesehatan rambut adalah blueberry, chia seeds, sayuran hijau, wortel, dan almond. 

Melansir dari laman Healthline, kekurangan nutrisi seperti vitamin B12 dan D, biotin, riboflavin, zat besi, dan nutrisi lainnya bisa berefek kerontokan pada rambut.

Sisir Rambut Sebelum Keramas

Menyisir sebelum keramas
Pinterest.com/parelel

Rambut menjadi rapuh saat basah. Maka dari itu kamu perlu menyisir rambut dengan lembut sebelum membuatnya basah agar nggak kusut saat keramas.

Hindari Terlalu Sering Mandi Air Hangat

Hindari mandi air panas
Pinterest.com/deltafaucet

Walaupun air hangat memiliki banyak manfaat untuk tubuh, ternyata panasnya bisa sangat merusak kesehatan rambut karena dapat membuat rambut jadi super kering. Untuk mendapatkan rambut yang kuat, sehat, dan berkilau, kamu bisa memakai air dingin saat mandi. Air dingin juga bisa “menyegel” pori-pori di kulit kepala yang dapat mencegah kotoran dan minyak berlebih di rambut kamu.

Oleskan Coconut Cream Mask Sebulan Sekali

Pakai coconut cream mask
Pinterest.com/society19

Coconut cream yang mengandung protein dan lemak sehat membuat coconut cream bermanfaat untuk menguatkan dan membuat rambut lebih berkilap. Cara memakainya yaitu dengan mengoleskan coconut cream ke rambut lalu diamkan selama 15 sampai 20 menit, lalu keramas dan keringkan seperti biasa.

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(raf/raf)

Our Sister Site

mommyasia.id