sign up SIGN UP

Inilah 4 Alternatif Retinol untuk Targetkan Permasalahan Kulit

Dimitrie Hardjo | Beautynesia
Senin, 21 Jun 2021 15:15 WIB
Inilah 4 Alternatif Retinol untuk Targetkan Permasalahan Kulit
caption
Jakarta -

Ladies, pernahkah kamu tertarik untuk mencoba produk retinol? Ya, bahan aktif satu ini mempunyai banyak sekali manfaat untuk kulit dan seringkali direkomendasikan demi mendapatkan kulit cerah, awet muda, dan bersih. Manfaat retinol yang merupakan zat turunan dari vitamin A ini, antara lain yaitu untuk merangsang produksi kolagen untuk menjaga elastisitas kulit, mencegah jerawat, menghilangkan dark spots, serta membantu mengobati rosacea dan psoriasis. 

Namun, karena retinol termasuk zat aktif, kandungan ini hanya bisa digunakan untuk jenis kulit tertentu. Kulit yang sensitif dianjurkan untuk menghindari retinol karena takut menimbulkan efek iritasi atau alergi. Lalu, bagaimana jika kita memiliki permasalahan kulit yang perlu diatasi dengan retinol? Jangan khawatir, banyak pilihan lain yang lebih aman jika kulit kamu tidak bisa menerima retinol, Ladies! Yuk simak beberapa alternatif retinol sebagai solusi untuk berbagai permasalahan kulitmu!

1. Anti-aging dengan bakuchiol

Bakuchiol sebagai alternatif retinol yang targetkan tanda - tanda penuaan.
Bakuchiol sebagai alternatif retinol yang targetkan tanda - tanda penuaan. Foto: pinterest.com/scienceandskincare/

Kandungan yang booming belakangan ini memang patut dicoba, Ladies. Terutama bagi kamu yang tidak cocok dengan kandungan retinoid, bakuchiol bisa menjadi alternatif utama dengan manfaat yang serupa. Bakuchiol baik untuk mencegah penuaan dini dengan menyamarkan garis halus dan kerutan tanpa menyebabkan iritasi.

2. Hiperpigmentasi dengan vitamin C, niacinamide, dan alpha arbutin

Vitamin C, niacinamide, dan alpha arbutin sebagai alternatif retinol untuk mengatasi hiperpigmentasi.
Vitamin C, niacinamide, dan alpha arbutin sebagai alternatif retinol untuk mengatasi hiperpigmentasi. Foto: pexels.com

Banyak kandungan lain yang bisa mengatasi hiperpigmentasi dan wajah kusam, diantaranya seperti vitamin C, niacinamide, dan alpha arbutin. Selain bersifat mencerahkan, vitamin C juga memiliki sifat anti aging karena menangkal radikal bebas dan niacinamide juga baik untuk mengatasi jerawat, lho!

3. Lawan rosacea dengan azelaic acid

Atasi rosacea dengan kandungan azelaic acid yang aman untuk kulit sensitif.
Atasi rosacea dengan kandungan azelaic acid yang aman untuk kulit sensitif. Foto: freepik.com

Kandungan azelaic acid yang biasa ditemukan pada gandum ini aman untuk pemilik kulit sensitif. Biasanya kandungan ini digunakan untuk menyembuhkan rosacea. Ruam merah pada wajah akan memudar dan kembali normal setelah rutin menggunakan kandungan ini. 

4. Cegah jerawat dengan salicylic acid, tea tree oil, dan benzoyl peroxide

Salicylic acid, tea tree oil, dan benzoyl peroxide sebagai alternatif retinol untuk mengatasi jerawat.
Salicylic acid, tea tree oil, dan benzoyl peroxide sebagai alternatif retinol untuk mengatasi jerawat. Foto: freepik.com

Seperti hiperpigmentasi, banyak kandungan selain retinol yang ampuh menyembuhkan jerawat. Kamu bisa menggunakan salicylic acid, tea tree oil, atau benzoyl peroxide pada jerawat setiap malam untuk menghilangkannya, Ladies.

 

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id