STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600

Jangan Salah! Ini Alasan Mengapa Harus Memakai Sunscreen Saat Musim Hujan

Lifia Mawaddah Putri | Beautynesia
Jumat, 10 Jan 2020 03:30 WIB
Jangan Salah! Ini Alasan Mengapa Harus Memakai Sunscreen Saat Musim Hujan
Merawat kesehatan kulit adalah hal yang penting, khususnya kulit wajah. Salah satu upaya menjaga kesehatan kulit wajah adalah dengan menggunakan tabir surya atau sunscreen untuk melindungi wajah dari paparan sinar UV.

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa sinar matahari memang dapat memberikan dampak buruk apabila terlalu sering terpapar pada kulit wajah. Sinar matahari mampu membuat kulitmu mengalami tanda penuaan dini, flek hitam, bahkan beresiko terkena kanker kulit.

Namun, di musim hujan seperti sekarang ini, banyak orang yang justru menganggap enggak perlu memakai sunscreen karena enggak ada matahari. Jangan salah! Meskipun matahari tertutup oleh awan gelap, enggak berarti kamu terbebas dari paparan sinar UV. Berikut ini Beautynesia.id sudah merangkum beberapa alasan mengapa harus tetap memakai sunscreen di musim hujan. Yuk simak ulasannya!


Foto: Istimewa


 


80% Sinar UV Tetap Ada Meski Cuaca Mendung


Seperti yang sudah dikatakan tadi. Meskipun matahari tertutup awan gelap, namun awan hanya dapat menahan 20% sinar UV. Jadi, meskipun matahari tertutup awan, 80% sisanya masih mampu menembus hingga permukaan bumi. Jadi meskipun cuaca mendung dan enggak ada terik matahari, bukan berarti kulitmu aman dari paparan sinar UV. Oleh karena itu, meskipun di musim hujan, kamu masih perlu untuk menggunakan sunscreen.



 


Sinar UVA Bisa Menembus Jendela


Mungkin kamu berpikir bahwa ketika di dalam ruangan, kamu akan terbebas dari sinar UV. Tapi faktanya, sinar UV terutama UVA justru dapat menembus kaca. Jadi, meskipun kamu menghabiskan waktu di kantor, atau bahkan di dalam rumah, kamu akan tetap terpapar sinar UVA melalui jendela kaca.

Enggak hanya dari matahari saja, bahkan kamu juga bisa terpapar sinar UV melalui lampu neon. Meskipun bukan dalam jumlah yang besar, namun sinar UV yang dipancarkan dari lampu neon juga bisa berdampak bagi kesehatan kulitmu. Jadi, kamu harus tetap menggunakan sunscreen meskipun enggak menghabiskan waktu di luar ruangan ya, Ladies.


Foto: Istimewa


 


Selalu Lindungi Kulitmu dari Sinar UVA dan UVB


Paparan sinar UV memang dapat membantu pembentukan vitamin D. Akan tetapi, paparan sinar UV dalam waktu yang lama juga dapat menyebabkan kerusakan pada kulit. Sinar UVA faktanya dapat menembus kulit hingga ke lapis terdalam dan menyebabkan kerusakan sel kulit bahkan memicu tanda-tanda penuaan dini.

Selain itu, sinar UVB juga dapat menyebabkan kerusakan jaringan kulit terluar sehingga menyebabkan kulit kemerahan karena terbakar hingga membuat kulit menjadi gelap. Di musim hujan, kebanyakan orang sering kali mengabaikan perlindungan kulit karena menganggap sinar UVA dan UVB terhalang oleh awan.


(arm2/arm2)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE