sign up SIGN UP

Jarang Disadari, 6 Kesalahan saat Bersihkan Wajah Ini Justru bikin Kulit Jadi Kering

Ratih Dewi | Beautynesia
Rabu, 22 Dec 2021 14:30 WIB
Jarang Disadari, 6 Kesalahan saat Bersihkan Wajah Ini Justru bikin Kulit Jadi Kering
caption

Rutinitas skincare biasanya dimulai dari membersihkan wajah menggunakan sabun. Setelah itu, dilanjutkan dengan rangkaian produk skincare yang disesuaikan dengan kondisi kulit. Kulit wajah yang bersih tentu akan lebih mudah menyerap produk skincare yang digunakan, sehingga kandungan yang ada dalam produk tersebut bisa bekerja dengan optimal. 

Namun, beberapa dari kita pernah merasakan ketika membersihkan wajah, justru kulit menjadi kering, kasar, bahkan muncul kemerahan. Hal ini dikarenakan oleh beberapa kesalahan yang sering tidak kita sadari. Nah, apa saja sih kesalahan yang sering dilakukan banyak wanita saat membersihkan wajah? Yuk, kita simak artikel di bawah ini. 

1. Tidak Mencuci Tangan

Tidak Mencuci Tangan
Tidak Mencuci Tangan/Foto : pexels.com/CDC

Tidak memastikan tangan dalam keadaan bersih sebelum mencuci muka adalah hal yang sering terjadi dan menjadi faktor penyebab jerawat. Tangan yang kotor dan ketika membasuh wajah dengan air, membuat kotoran atau bakteri yang ada di tangan akan berpindah ke wajah. 

Walaupun setelah itu kita membersihkan wajah dengan sabun wajah, kita harus memastikan dulu tangan dalam keadaan bersih sebelum menyentuh wajah. Demikian seperti yang dilansir dari laman Dr Sylvia Skincare. 

2. Eksfoliasi Wajah terlalu Sering

Eksfoliasi Wajah terlalu Sering
Eksfoliasi Wajah terlalu Sering/Foto : pexels.com/Polina Kovaleva

Eksfoliasi memang perlu dilakukan untuk membersihkan sel kulit mati dan membersihkan sampai ke dalam pori-pori untuk menyerap minyak berlebih. Sayangnya, jika dilakukan terlalu sering, bisa merusak skin barrier yang menyebabkan kulit menjadi kering, mudah iritasi, dan berjerawat

Melansir dari laman Forefront Dermatology, membersihkan wajah lebih dari 2 kali sehari bisa menyebabkan kulit kering dan gesekan tangan di kulit bisa membuat kulit iritasi. Sebaiknya, lakukanlah eksfoliasi 2 kali dalam seminggu dan cuci muka 2 kali dalam seminggu, Beauties.

3. Air yang Terlalu Panas atau Dingin

Air yang Terlalu Panas atau Dingin
Air yang Terlalu Panas atau Dingin/Foto : pexels.com/cottonbro

Air yang digunakan untuk membasuh wajah juga harus kita perhatikan. Jika suhu air terlalu panas bisa menghilangkan minyak alami di kulit yang menyebabkan kulit menjadi kering. Jika suhu air terlalu dingin akan menghilangkan kelembapan di kulit yang membuat kulit kusam dan kasar. 

Seperti yang dilansir dari laman Getli, air hangat adalah suhu air yang tepat untuk membasuh wajah dan tidak membuat wajah kering setelahnya, terutama untuk kulit sensitif dan kering. 

4. Menggunakan Produk Tidak Tepat

Menggunakan Produk Tidak Tepat
Menggunakan Produk Tidak Tepat/Foto : pexels.com/Polina Kovaleva

Banyaknya produk sabun wajah yang ada sekarang ini membuat kita harus lebih berhati-hati dan tepat memilih produk sesuai dengan kondisi kulit. Dilansir dari laman Teen Vogue, seperti untuk tipe kulit kering sebaiknya gunakan sabun wajah yang bisa menjaga kelembapan kulit dengan kandungan pH yang tepat. 

Untuk tipe kulit berjerawat, gunakan sabun wajah dengan kandungan salicylic acid atau centella asiatica untuk mencegah bakteri penyebab jerawat dan meredakan kulit yang kemerahan. Jika menggunakan produk tidak sesuai dengan kondisi kulit, akan membuat kulit wajah semakin bermasalah. 

5. Tidak Menggunakan First Cleanser

Tidak Menggunakan First Cleanser
Tidak Menggunakan First Cleanser/Foto : pexels.com/cottonbro

Ketika menggunakan makeup seharian atau sunscreen biasanya kita lupa untuk membersihkan wajah dengan micellar water atau first cleanser lainnya dan langsung menggunakan sabun wajah. Padahal kandungan makeup dan sunscreen yang menempel di wajah dapat menyumbat pori-pori.

Jika tidak dibersihkan dengan optimal menggunakan first cleanser, kotoran yang menumpuk di pori-pori wajah tidak akan terangkat dan produk skincare setelahnya tidak terserap optimal ke kulit. 

Buat Beauties yang sering menggunakan makeup yang waterproof harus dibersihkan dahulu menggunakan first cleanser sebelum mencuci wajah, ya. Demikian seperti yang dilansir dari laman Hello Glow. 

6. Terlalu Kasar saat Menggosok Wajah

Terlalu Kasar saat Menggosok Wajah
Terlalu Kasar saat Menggosok Wajah/Foto : pexels.com/cottonbro

Ketika membersihkan wajah, pastikan tidak menggosoknya terlalu kasar. Kulit tangan dan kulit wajah yang bergesekkan dengan cepat dan kasar akan membuat kulit menjadi kering dan bisa iritasi. 

Gosoklah wajah secara perlahan dengan lembut dan beri pijatan sebentar untuk meningkatkan aliran darah di kulit wajah. Setelahnya, jangan lupa untuk dibilas sampai bersih dan keringkan sebelum menggunakan produk skincare selanjutnya.

[Gambas:Youtube]

---------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id