sign up SIGN UP

Jerawat Gatal? Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

Budi Rahmah Panjaitan | Rabu, 03 Feb 2021 10:00 WIB
Jerawat Gatal? Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya
caption

Ladies pernah mengalami peradangan jerawat yang diiringi rasa gatal? jika ya, maka kondisi ini memang sepatutnya diketahui lebih dalam agar bisa menemukan solusi yang pas untuk mengatasinya.

Selain itu, hal yang tidak kalah penting adalah mengetahui penyebab timbulnya rasa gatal tersebut. Apabila kedua faktor ini bisa diketahui dengan baik, maka sesegera mungkin bisa diambil tindakan untuk menormalkan kembali kondisi kulit. Simak selengkapnya di bawah ini.                             

Apakah Rasa Gatal Pada Jerawat Normal?

Jerawat gatal memiliki perbedaan dengan jerawat pada umumnya/freepik.com
Jerawat gatal/freepik.com

Satu hal yang perlu dibahas di awal adalah tentang normal tidaknya rasa gatal pada jerawat. Untuk itu, perlu diketahui terlebih dahulu karakteristik umum dari jerawat. Dilansir dari Skincare.com, dokter kulit bersertifikat dari Schweiger Dermatology Group di New York City yaitu Dr. Rachel Nazarian menjelaskan bahwa peradangan dan kemerahan merupakan hal yang normal pada jerawat, namun tidak untuk rasa gatal.

Lebih lanjut hal ini menegaskan bahwa jerawat sebenarnya tidak bersifat gatal. Oleh sebab itu, ada kemungkinan lain yang turut mempengaruhi jerawat sehinga muncul rasa gatal.

Penyebab Jerawat Gatal

Jerawat gatal disebabkan kemungkinan faktor sekunder kulit/freepik.com
Jerawat gatal/freepik.com

Timbulnya rasa gatal pada jerawat bisa disebabkan oleh kondisi kulit sekunder seperti sensitivitas kulit maupun kelembapan kulit yang terganggu. Hal ini semakin diperburuk dengan upaya agresif untuk mengobati jerawat yang memang sudah sangat lumrah dilakukan. Mencuci, menggosok atau menerapkan perawatan dengan produk-produk tertentu secara keras dan berlebihan bisa mengiritasi kulit dan memunculkan rasa gatal.

Kemungkinan lain yang tidak bisa dikesampingkan adalah adanya potensi bahwa jerawat yang terasa gatal tersebut bukanlah jerawat sama sekali. Hal ini sesuai dengan penjelasan Dr. Nazarian yang menjelaskan bahwa jerawat klasik pada umumnya terasa menyakitkan ataupun lembut. Oleh sebab itu, rasa gatal yang timbul lebih mengarah kepada tanda dari kondisi kulit seperti rosacea, folikulitis dan juga eksim.

Terlebih lagi, kondisi kulit demikian, bisa mempunyai bentuk yang sama dengan jerawat yaitu berupa benjolan merah. Maka, dari masing-masing kemungkinan ini seharusnya diperlakukan secara berbeda perihal penanganannya.

Cara Mengatasi Jerawat Gatal

Jerawat gatal bisa diatasi dengan cara berbeda dengan jerawat pada umumnya/freepik.com
Jerawat gatal/freepik.com

Cara terbaik mengatasi jerawat gatal seharusnya tidak disamakan dengan penanganan jerawat pada umumnya. Ya, jika pada umumnya jerawat dapat diredakan dengan memberikan kompresan hangat dan produk yang bisa mengeringkan jerawat maka hal demikian tidak dianjurkan untuk jerawat gatal. Penggunaan bahan-bahan tersebut bisa menarik darah ke permukaan sehingga memperparah rasa gatal yang dialami.

Sebaliknya, Dr. Nazarian menganjurkan untuk mencuci wajah dengan air dingin ataupun hangat lalu menggunakan pembersih yang lembut dan tidak berbusa. Saat mengaplikasikan pembersih ini, dianjurkan ditepuk-tepuk dengan lembut supaya tidak menimbulkan kemungkinan iritasi dan lainnya.

Rekomendasi Produk untuk Mengatasi Jerawat Gatal

Cetaphil gentle skin cleanser baik untuk melembapkan kulit/cetaphil.co.id
Cetaphil/cetaphil.co.id

Mengingat kondisi kulit yang mengalami jerawat gatal ini sangat mengganggu dan mengurangi rasa nyaman, maka dibutuhkan produk yang pas untuk mengatasinya. Untuk itu, pilihan produk pembersih wajah bersifat gentle adalah pilihan yang terbaik. Beberapa yang bisa kamu coba adalah Cetaphil Gentle Skin Cleanser, The Body Shop Vitain E Gentle Facial Wash dan COSRX Low pH Good Morning Gel Cleanser.

Cetaphil Gentle Skin Cleanser sendiri merupakan pembersih wajah yang no fragrance, tidak berbusa dan tanpa pewarna yang mampu memberi kelembapan serta membersihkan wajah secara lebih mendalam.

Sementara itu, The Body Shop Vitamin E  Gentle Facial Wash mengandung wheatgerm oil dan vitamin E yang mampu melembapkan kulit dengan baik. Serta tidak ketinggalan, COSRX Low pH Good Morning Gel Cleanser yang terbilang ringan dan mampu melembapkan kulit dengan baik.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id