sign up SIGN UP

Kamu Harus Tahu, Inilah Fungsi Berbagai Bahan Aktif Dalam Skincare!

Fahira Mahza | Beautynesia
Rabu, 16 Dec 2020 12:00 WIB
Kamu Harus Tahu, Inilah Fungsi Berbagai Bahan Aktif Dalam Skincare!
caption

Skincare mengandung berbagai bahan aktif yang mampu merawat kesehatan kulit. Berbagai bahan aktif ini sudah teruji klinis dapat membantu mengurangi permasalahan kulit seperti jerawat, noda hitam, kulit kering, dan sebagainya. Karena inilah skincare sangat dibutuhkan oleh kulit sebagai penunjang regenerasi sel.

Namun, bahan aktif dalam skincare ini memiliki peran dan fungsi yang berbeda-beda terhadap kulit. Untuk itu kamu harus tau fungsi dari masing-masing bahan aktif tersebut agar dapat menyesuaikannya dengan kebutuhan kulitmu.

1. Retinol

ilustrasi retinol
foto: freepik.com

Retinol banyak ditemukan dalam produk perawatan wajah seperti serum maupun toner. Retinol merupakan produk turunan dari vitamin A yang dapat meningkatkan jumlah kolagen kulit sehingga akan membuat kulit lebih kenyal dan mampu mengurangi garis-garis halus. Beberapa produk retinol memiliki jenis yang lebih kuat seperti tretinoin berfungsi untuk memperlambat penuaan dini dan mengatasi jerawat. 

2. Hyaluronic Acid

ilustrasi hyaluronic acid
foto: nykaa.com

Salah satu kandungan bahan aktif yang paling sering ada dalam skincare salah satunya ialah hyaluronic acid. Bahan ini berfungsi untuk memperbaiki sel kulit, menghidrasi dan melembabkan serta mengencangkan kulit. Seringkali bahan ini menjadi bahan utama moisturizer dan serum karena fungsinya tersebut.

3. Alpha Lipoic Acid

ilustrasi alpha lipoic acid
foto: freepik.com

Antioksidan merupakan bahan yang sering berada dalam komposisi sebuah skincare. Salah satu antioksidan alami yang diproduksi oleh tubuh yaitu alpha lipoic acid juga sering digunakan dalam skincare.

Biasanya bahan ini didapatkan dari buah-buahan dan sayuran. Penyerapannya ke kulit tergolong mudah, selain itu juga dapat mencerahkan wajah dan meningkatkan kadar antioksidan lainnya.

4. Alpha Hidroxy Acid

ilustrasi AHA
foto: tokopedia.com

Produk yang mengandung alpha hidroxy acid sedang populer belakangan ini. Fungsi dari bahan aktif ini yaitu mengurangi jerawat, mengatasi kulit kusam, meratakan warna kulit dan mengurangi garis halus.

Biasanya, bahan ini ada dalam skincare berbentuk toner dan berguna untuk eksfoliasi kulit. Karena itu penggunaannya tidak boleh terlalu sering dan harus mengikuti anjuran. Alpha hidroxy acid masuk dalam kelompok asam glikolat.

5. Salicylic Acid

ilustrasi salicylic acid
foto: freepik.com

Bagi kamu pemilik kulit wajah acne prone rasanya sudah tidak asing dengan bahan yang satu ini. Salicylic acid umumnya ditemui dalam produk gel jerawat dan face wash. Hampir mirip seperti alpha hidroxy acid yang berfungsi untuk mengatasi jerawat, namun salicylic acid bisa dikatakan lebih mild saat menembus pori sehingga mengurangi potensi iritasi.

Produk ini tidak disarankan untuk kamu yang alergi terhadap produk sejenis aspirin dan salisilat karena berpotensi iritasi hingga keracunan.

Beberapa bahan aktif tersebut umum digunakan sebagai bahan utama maupun pelengkap dalam skincare. Sebelum menggunakannya kamu harus tau fungsinya ya agar tidak salah pilih.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id