sign up SIGN UP

Kenalan dengan Retinol, yuk! Ini Manfaat dan Efek Samping Pemakaiannya Bagi Kulit Wajah

Devita Tri Hapsari | Beautynesia
Rabu, 07 Sep 2022 07:45 WIB
Kenalan dengan Retinol, yuk! Ini Manfaat dan Efek Samping Pemakaiannya Bagi Kulit Wajah
caption

Retinol adalah salah satu kandungan yang kini mudah ditemukan di berbagai produk skincare. Kandungan ini dikenal memiliki kandungan vitamin A yang tinggi yang bermanfaat bagi kulit wajah. Selain itu juga, memiliki banyak sekali kegunaannya sehingga dianggap menjadi formula ajaib jika digunakan bila sesuai takaran.

Sebaliknya, jika takarannya tidak benar maka bisa menyebabkan 'bencana' pada kulit wajah. Berikut ini merupakan manfaat dan efek samping retinol untuk kulit wajah. Cek selengkapnya, yuk!

Manfaat Retinol untuk Kulit Wajah

Manfaat retinol
Manfaat retinol untuk wajah/ foto: freepik/ freepik

Seperti yang sudah diketahui bahwa retinol bisa digunakan sebagai penyuplai vitamin A untuk kulit, Beauties. Vitamin A sendiri berguna untuk memperbaiki jaringan kulit yang rusak dan mencegah penuaan dini.

Beberapa manfaatnya menurut ahli kecantikan dan pendidikan regional untuk Skinbetter Science, Amanda von dem Hagen, dikutip dari Today, mengatakan bahwa retinol merupakan bahan skincare yang 'berharga' layaknya emas. Retinol dapat membuat sel-sel kulit yang mulai menua menjadi lebih muda. Sehingga, membuat kulit lebih halus, cerah dan mengatasi penuaan kulit.

Selain itu juga, retinol juga dinilai bisa mencegah kerutan pada kulit wajah serta menyingkirkan garis-garis halus. Dalam hal untuk mencerahkan warna kulit, retinol bisa membantu memudarkan bintik-bintik gelap akibat hiperpigmentasi maupun yang diakibatkan oleh bekas jerawat. Nggak cuma itu, tapi juga bisa mengurangi minyak berlebih dan mencegah pertumbuhan jerawat. Wah banyak sekali manfaatnya ya, Beauties?

Efek Samping Pemakaian Retinol

Efek samping retinol
Efek samping retinol untuk wajah/ foto: freepik/ freepik

Begitu besar manfaat yang dibawa oleh retinol, tentunya sangat menggiurkan bagi kamu yang memiliki berbagai macam masalah kulit wajah. Tampak tidak perlu membeli banyak tipe skincare, cukup dengan retinol semua bisa diatasi! Tapi sebelum memutuskan untuk memakai retinol saja, ada baiknya mencari tahu efek samping dari pemakaiannya juga, Beauties.

Menurut konsultan kulit di Cadogan Clinic Dr Catherine Borysiewicz dikutip dari situs Patient, bahwa seiring meningkatnya dosis retinol yang digunakan, kemungkinan terjadinya efek samping juga semakin besar, seperti menyebabkan dermatitis retinoid. Ditandai dengan kulit wajah yang memiliki bintik-bintik merah dan muncul benjolan-benjolan yang membuat tekstur kulit tidak rata.

Apalagi area sensitif seperti di sekitar mata dan mulut, juga dinilai dapat memiliki ruam yang lebih parah dan menjadi kering. Bahkan saking parahnya bisa menjadi lecet, mengelupas dan luka yang menyebabkan kulit terasa sakit. 

Retinol juga diketahui tidak boleh digunakan untuk parempuan yang sedang hamil dan menyusui, serta kondisi kulit tertentu. Dikarenakan apabila kandungan vitamin A yang dimiliki oleh retinol terlalu tinggi, bisa menyebabkan komplikasi serius pada janin dan bayi.

Pada akhinya, retinol yang dianggap layaknya emas atau peluru perak dalam dunia skincare, karena manfaatnya yang luar biasa itu pun juga memiliki efek samping. Untuk itu bagi Beauties yang ingin maupun sedang menggunakan retinol, selalu melihat takarannya dan perhatikan efeknya bagi kulitmu ya! Karena bisa saja berbeda bagi setiap orang.

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id