sign up SIGN UP

Lebih Baik Mana, Benzoyl Peroxide atau Salicylic Acid untuk Atasi Jerawat?

Siti Mukaromah | Beautynesia
Senin, 02 Aug 2021 20:49 WIB
Lebih Baik Mana, Benzoyl Peroxide atau Salicylic Acid untuk Atasi Jerawat?

Bagi kamu pemerhati skincare, mungkin sudah tidak asing dengan dua kandungan ini: Benzoyl Peroxide dan Salicylic Acid. Kedua bahan aktif skincare ini sering kali digunakan untuk mengatasi masalah jerawat.

Meski keduanya memiliki kemampuan yang sama, nyatanya kedua bahan aktif ini berbeda lho, Beauties.

Penerapan untuk Tipe Jerawat

benzoyl peroxide, salicylic acid, skincare, jerawat
Penggunaan benzoyl peroxide dan salicylic acid untuk jerawat/pexel.com/anna neckrasevich

Beauties, benzoyl peroxide dan salicylic acid memang selalu menjadi andalan dalam melawan masalah jerawat. Namun jika ditelusuri lebih dalam lagi mereka memiliki konsentrasi yang berbeda.

Benzoyl peroxide lebih fokus untuk mengatasi masalah jerawat yang mengalami peradangan atau disebut juga sebagai jerawat inflamasi seperti jerawat papula dan pustula. Sedangkan, salicylic acid lebih fokus untuk menangani jerawat yang tidak mengalami peradangan atau jerawat non-inflamasi, seperti blackheads dan whiteheads.

Fungsi Sebagai Bahan Aktif

benzoyl peroxide, salicylic acid, skincare, jerawat
Fungsi benzoyl peroxide dan salicylic acid/pexel.com/Andrea Piacquadio

Jika di tinjau dari segi fungsi, keduanya juga memiliki perbedaan. Salicylic acid lebih difungsikan untuk melarutkan kotoran pada pori–pori yang tersumbat dan menjadi penyebab munculnya jerawat.

Sedangkan benzoyl peroxide berfungsi untuk membunuh bakteri penyebab jerawat dan benzoyl peroxide ini bisanya hanya ada di obat totol jerawat saja. Untuk itu, benzoyl peroxide umumnya akan bekerja lebih cepat dari pada salicylic acid.


Our Sister Site

mommyasia.id