Pundi-pundi kekayaan Kylie Jenner semakin menggunung setelah ia menjual setengah saham perusahaan kosmetiknya, Kylie Cosmetics, senilai US$600 juta atau sekitar Rp8,4 triliun kepada Coty Inc.
Meski menjual 51 persen sahamnya, miliarder muda dunia ini tetap akan memimpin bisnis yang dibangunnya sendiri itu. Kylie akan menjadi wajah dari brand dan terlibat penuh dalam menciptakan produk-produk baru.
Kylie mengaku senang bekerja sama dengan Coty. Ia berharap Kylie Cosmetics serta Kylie Skin bisa semakin dijangkau konsumen secara global.
"Saya senang bisa bermitra dengan @cotyinc untuk terus melebarkan brand-brand saya secara global. Ini baru permulaan!" kata wanita berusia 22 tahun itu dalam akun Twitter miliknya.
Alasannya menjual separuh sahamnya itu ke perusahaan yang lebih besar adalah sebuah strategi bisnis. Putri dari Kris Jenner itu ingin membuat brand kosmetiknya menjadi lebih kuat dari sebelumnya.
Mengandalkan Followers
Ketika memulai bisnis kosmetik pada 2015, adik dari supermodel Kendall Jenner ini tidak mengeluarkan uang untuk promosi atau pemasaran. Ia hanya mengandalkan pengikut atau followers-nya di akun Instagram pribadinya. Seperti diketahui, Kylie menjadi salah satu pengguna Instagram dengan jumlah pengikut terbanyak, yakni 151 juta pengikut.
Jumlah pengikutnya berasal dari seluruh dunia, tapi pembelian Kylie Cosmetics sebagian besar masih berasal dari Amerika Serikat. Di sinilah, Kylie berharap Coty Inc bisa mengekspansi atau melebarkan sayap Kylie Cosmetics ke seluruh dunia.
Produk pertama yang dijual ibu satu anak ini adalah lip liner dan lipstik liquid. Produk itu dijual secara online dan habis terjual dalam hitungan menit. Hingga kini, produk itu masih terus diproduksi ulang.
Melansir dari laman The Guardian, Direktur Coty Inc, Peter Harf, mengatakan Kylie adalah ikon dunia modern. Melalui kerja sama ini, Peter berharap, dapat mendongkrak penjualan dan lebih terhubung pada pembeli muda berusia di bawah 35 tahun. Sebab, kelompok perempuan muda sulit dijangkau Coty.
Coty Inc adalah pemain lama di industri kecantikan. Beberapa produknya, di antaranya Rimmel, OPI, CoverGirl, MaxFactor, dan cat kuku Sally Hansen. Perusahaan kosmetik ini nantinya akan memiliki tugas untuk meningkatkan distribusi penjualan dan infrastruktur.
Sementara itu, Kylie dan tim terus mengembangkan kreativitas serta promosi dan pemasaran. Mengingat, ia merupakan salah satu pesohor dengan jumlah pengikut paling banyak di Instagram.