sign up SIGN UP

Manfaat Kandungan Probiotik Dalam Skincare, dari Atasi Jerawat Hingga Cegah Penuaan Dini

Hijria Khatimi | Beautynesia
Rabu, 29 Dec 2021 18:00 WIB
Manfaat Kandungan Probiotik Dalam Skincare, dari Atasi Jerawat Hingga Cegah Penuaan Dini
caption
Jakarta -

Probiotik umumnya berhubungan dengan masalah kesehatan, karena kandungan ini dikenal memiliki manfaat yang baik bagi pencernaan. Akan tetapi, probiotik kini sudah mulai banyak ditemukan sebagai kandungan dalam skincare.

Bakteri baik ini bisa kamu temukan di sejumlah produk skincare keluaran brand lokal hingga brand luar negeri. Kira-kira manfaat apa saja yang dimiliki probiotik untuk kecantikan kulit? Yuk, cari tahu lewat pembahasan berikut ini, Beauties.

Apa Itu Probiotik?

Manfaat probiotik dalam skincare
Manfaat probiotik dalam skincare/Foto: Pexels/Cats Coming

Melansir dari Forbes, Dr. Rhonda Klein dari American Academy of Dermatology menjelaskan bahwa probiotik adalah mikroorganisme yang mirip dengan bakteri baik alami yang ada di pencernaan manusia.

Probiotik berperan memproduksi serotonin, melancarkan pencernaan, serta melindungi pencernaan dari penyakit dan infeksi. Mikroorganisme ini juga akan mencegah bakteri jahat yang dapat menyebabkan peradangan.

Manfaat Kandungan Probiotik Bagi Kulit

1. Mengatasi Jerawat

Manfaat probiotik dalam skincare
Manfaat probiotik dalam skincare/Foto: Pexels/Andrea Piacquadio

Mengutip Vogue, Dr. Whitney Bowe selaku ahli dermatologi asal New York, mengatakan jika probiotik dapat menghasilkan senyawa peptida antimikroba yang berfungsi sebagai antibiotik alami. Senyawa ini berperan untuk mencegah bakteri penyebab jerawat. Probiotik juga dapat mengatasi masalah kulit lainnya seperti peradangan hingga eksim.

2. Melindungi Kulit

Manfaat probiotik dalam skincare
Manfaat probiotik dalam skincare/Foto: Freepik/cookie_studio

Dr. Whitney juga menjelaskan jika probiotik bekerja sebagai agen pelindung kulit sekaligus sebagai agen yang dapat menenangkan kulit. Kandungan ini dapat meningkatkan kekuatan kulit dalam melawan faktor-faktor yang menyebabkan kerusakan seperti radikal bebas, polusi, dan sinar UV.

3. Membantu Regenerasi Sel Kulit dan Mencegah Penuaan Dini

Manfaat probiotik dalam skincare
Manfaat probiotik dalam skincare/Foto: Freepik/valuavitaly

Selain melindungi kulit, kandungan probiotik dalam produk skincare juga dapat mengangkat sel-sel kulit mati dan membantu proses regenerasi kulit. Dengan proses regenerasi yang lancar, kulit akan lebih terjaga kekenyalannya.

Selain itu, sel kulit yang beregenerasi dengan baik dapat membuat tanda-tanda penuaan dini seperti keriput, garis halus, maupun bintik hitam menjadi lebih tersamarkan.

4. Mencerahkan Kulit

Manfaat probiotik dalam skincare
Manfaat probiotik dalam skincare/Foto: Unsplash/@alexandruz

Kulit bisa menjadi terlihat lebih kusam akibat hiperpigmentasi dan seringnya terpapar kandungan negatif dari luar tubuh. Nah, probiotik akan membantu mengurangi hiperpigmentasi tersebut, sehingga kamu bisa mendapatkan kulit yang lebih cerah.

Nah, begitulah manfaat dari kandungan probiotik yang terdapat pada skincare. Ternyata selain baik bagi pencernaan, probiotik juga punya banyak manfaat bagi kulit. Tertarik mencoba skincare mengandung probiotik, Beauties?

[Gambas:Youtube]

----------------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI! 

(sim/sim)

Our Sister Site

mommyasia.id