sign up SIGN UP

Masalah pada Rambut dan Kulit Ini Sering Jadi Keluhan Selama Pandemi, Kamu Juga? Ini Cara Mengatasinya!

Siti Mukaromah | Selasa, 09 Nov 2021 06:00 WIB
Masalah pada Rambut dan Kulit Ini Sering Jadi Keluhan Selama Pandemi, Kamu Juga? Ini Cara Mengatasinya!
caption

Bukan hanya masker, di masa pandemi seperti sekarang ini skincare yang berfungsi 'melindungi' skin barrier juga menjadi buruan. Pasalnya tidak sedikit di antara kamu yang mulai jerawatan atau mengalami masalah kulit lainnya selama pandemi covid.

Dikutip dari laman Instagram dr. Yessica Tania atau yang akrab dikenal sebagai dr. Zie, mengungkap lewat seminar DEVICE (Dermatovenereology in Everyday Clinical Practice) yang ia datangi, bahwa ada dua masalah yang paling sering dialami saat pandemi ini. Apa saja?

Mask Acne atau Maskne

Jerawat, Rambut rontok
Masalah jerawat/pexel.com/cottonbro

Merupakan masalah kulit berupa jerawat yang muncul karena kita terlalu sering menggunakan masker. Secara teknis, sebenarnya masalah ini muncul karena gesekan yang terjadi terus-menerus, juga tidak seimbangnya microbioma kulit.

Ditambah kondisi lembap dan suhu yang meningkat saat kamu pakai masker, hingga terganggunya skin barrier. Nah, jerawat ini biasanya muncul di area mulit, dan rahang yang disebut sebagai “0zone” (berbentuk 0).

Jerawat, Rambut rontok
Jerawat/pexels.com/Sora Shimazaki

Terus, solusinya bagaimana? Beauties, yang perlu kamu lakukan ketika mengalami maskne adalah dengan memastikan masker yang kamu gunakan bersih, selain itu ganti maskermu setiap 4 jam sekali, beri jeda dalam penggunaan maskermu agar kulitmu dapat bernapas dengan bebas, kemudian kurangilah penggunaan retinoid yang berpotensi menimbulkan iritasi.

[Gambas:Instagram]



Rambut Rontok atau Telogen Effluvium

Jerawat, Rambut rontok
Rambut rontok/pexels.com/magryt

Rambut rontok memang hal yang wajar, namun jika kerontokannya sudah lebih dari 120 helai per hari itu nggak bisa lagi disebut wajar. Penyebabnya bisa karena kulit kepalamu yang terlalu sering terpapar detergen/surfaktan shampoo dan terlalu lama menggunakan pelindung kepala.

Untuk mengatasinya, kamu perlu ganti sampo nih, Beauties. Gantilah sampomu dengan sampo yang memiliki kandungan PH yang seimbang, kemudian gunakan sampo non sulfate, serta minimalisir penggunaan styling tools, seperti, hair dryer, catokan dan lain sebagainya. 

-----------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!


Our Sister Site

mommyasia.id