sign up SIGN UP

Mencegah Penuaan Kulit dan Kandungan yang Cocok untuk Anti-Aging

Marly Azwar | Beautynesia
Senin, 26 Oct 2020 17:00 WIB
Mencegah Penuaan Kulit dan Kandungan yang Cocok untuk Anti-Aging
caption
Jakarta -

Proses penuaan kulit tidak dapat dihindari. Dengan seiringnya waktu dan umur yang terus bertambah, kamu akan mengalami penuaan pada kulit. Penuaan kulit dapat terjadi setelah kamu memasuki umur 20-an dan 30-an, karena kulit sudah mulai kehilangan kandungan kolagen di dalamnya. 

Untuk melakukan perawatan pada kulit, kamu harus konsisten dalam menjalankannya. Merawat kulit adalah sebuah tantangan yang terlihat cukup luar biasa bagi banyak orang. Dimulai dengan toner, serum, krim, dan masih banyak langkah yang harus dilakukan. Akan tetapi, kamu sebenarnya kurang tahu  di umur berapa kamu dapat menggunakan sebuah produk dan kandungan yang menargetkan untuk mencegah dan memperlambat penuaan kulit. 

Lantas, kapan waktu yang cocok untuk menggunakan produk anti-aging serta kandungan dan produk apa yang dapat kamu gunakan?

Dilansir dari situs skincarebyalana, waktu yang cocok untuk menggunakan produk anti-aging ialah ketika kamu menginjak umur 20-an. Ini adalah jalan terbaik untuk melawan penuaan, namun, hal ini dilakukan sebagai pencegahan. Kamu dapat menggabungkannya dengan perawatan kulit kamu pada biasanya. 

Anti-aging di umur 20-an. Ketika kamu menginjak di umur itu, mungkin kamu  tidak memiliki pikiran bahwa kulit akan terjadi penuaan. Jika umur kulit kamu memang muda, kamu dapat menggunakan produk-produk yang lebih sederhana dalam rutinitas skincare kamu. Akan tetapi, produk yang memiliki kandungan yang berkualitas akan menjaga umur kulit kamu lebih lama, sehingga kamu belum terlalu membutuhkan produk anti-aging.

Anti-aging untuk di umur 30-an. Ketika kamu sudah mencapai umur 30-an, menambahkan kandungan skincare anti-aging yang berkualitas merupakan hal yang sangat direkomendasikan. Retinol menjadi pilihan yang populer karena kaya akan vitamin A, dan kandungan ini memiliki manfaat yang banyak bagi tipe kulit acne-prone

Pada umumnya, di umur 30-an kamu dapat melihat bahwa sudah mulai terjadi penuaan pada kulit kamu, dan kamu sudah mulai mencari produk dan kandungan yang cocok untuk kulit kamu agar terlihat lebih muda. Kandungan skincare lainnya yang dapat kamu coba, antara lain Glycolic Acid, Hyaluronic Acid dan Vitamin C. 

Anti-aging di umur 40-an. Di umur ini, kamu mulai lebih menyadari tanda-tanda penuaan yang semakin jelas seperti terbentuknya garis-garis dan keriput. Kamu juga mungkin menyadari hilangnya elastisitas pada kulit kamu. 

Mulailah menggunakan produk-produk yang kandungannya memiliki antioxidant yang tinggi dan anti-aging. Jika kamu sudah memiliki rutinitas skincare yang baik, kamu sudah mendahului yang lain, namun jika tidak, kamu belum terlambat untuk mengambil tindakan yang dapat memperlambat penuaan kulit. Jangan lupa, lifestyle yang kamu jalani mempengaruhi loh! 

Anti-aging di umur 50-an. Pada umur ini, produksi minyak pada kulit kamu sudah mulai berkurang, yang membuat kulit kamu akan terasa lebih kering dari sebelumnya. Namun, di sisi lain, pertumbuhan jerawat juga akan berkurang di usia ini. Jika kamu sudah merasakannya, gunakan produk dan kandungan yang kaya akan antioxidant dan ceramides untuk menjaga kelembaban kulit kamu. Perhatikan dan hindari juga kandungan sabun cuci muka yang dapat membuat kulit kamu kering. 

Anti-aging di umur 60-an dan seterusnya. Ketika sudah melampaui umur 50-an, kerutan dan garis-garis pada kulit kamu semakin menonjol. Ini adalah hal yang sangat normal, dan kamu tidak bisa memberhentikannya, yang dapat kamu lakukan ialah menggunakan produk yang membuat kulit kamu lebih sehat. 

Selain menggunakan produk dan kandungan yang dapat mencegah serta memperlambat penuaan pada kulit, kamu dapat melakukan beberapa hal untuk melawan penuaan dini secara natural. 

Gunakan Sunscreen

Menggunakan sunscreen dapat mencegah penuaan kulit.
sunscreen/unsplash.com

Paparan sinar matahari dapat mempercepat penuaan pada kulit. Sehingga, gunakan sunscreen yang mengandung UVA dan UVB, terutama ketika hendak keluar. 

Rajin Membersihkan Wajah

Pastikan untuk membersihkan wajah sebanyak 2 kali sehari, pada pagi hari dan malam hari sebelum tidur, agar kotoran di wajah tidak menumpuk.

Gunakan Eye Cream atau Eye Gel

menggunakan eye cream atau eye gel secara teratur dapat mengurangi garis-garis halus pada bagian bawah mata.
eye cream/unsplash.com

Bagian bawah mata merupakan bagian wajah yang paling rentan terjadi penuaan, karena di bagian tersebut mudah timbul kerutan.

Selalu Gunakan Pelembab Kulit

Pelembab yang berkualitas membantu menyehatkan kulit.
moisturizer/unsplash.com

Kulit yang memiliki kelembaban yang baik, dapat mencegah munculnya kerutan di wajah. 

Mengeksfoliasi Wajah Secara Teratur

Mengeksfoliasi wajah dapat melunturkan sel kulit mati yang menumpuk.
face scrub/freepik.com

Mengangkat sel kulit mati dapat mencegah penuaan dini. Lakukan satu sampai tiga kali dalam seminggu secara teratur. 

Terjadi penuaan pada kulit adalah hal yang normal. Dibandingkan dengan kamu mengkhawatirkan bahwa kamu akan menjadi tua, pikirkan hal lain secara bijak dan tenang. Ambil keputusan terbaik tidak hanya untuk kulit terlihat sehat, namun secara lifestyle menjadi lebih aktif dan sehat.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id