sign up SIGN UP

Muncul Jerawat di Payudara? Jangan Dianggap Sepele!

Retno Wulandari | Beautynesia
Rabu, 10 Feb 2021 22:30 WIB
Muncul Jerawat di Payudara? Jangan Dianggap Sepele!
caption

Selain di wajah, jerawat juga kerap muncul di beberapa bagian tubuh, salah satunya area payudara. Pada umumnya, jerawat muncul karena adanya radang dan infeksi pada folikel rambut di kulit. Meskipun jerawat yang muncul di payudara belum tentu gejala kanker payudara, namun tetap saja hal ini harus diwaspadai, Ladies.

Lalu, jerawat seperti apa yang perlu diwaspadai di area payudara? Yuk, simak jawabannya di bawah ini!

Jerawat di Sekitar Payudara

Jerawat di Payudara yang Harus Diwaspadai
Foto:Jerawat/Freepik.com

Ladies, munculnya benjolan di area payudara merupakan salah satu ciri dari kanker payudara. Meskipun benjolan seperti jerawat atau gigitan serangga bukan merupakan indikasi dari kanker, namun hal tersebut juga bisa menjadi gejala dari kanker payudara. Oleh sebab itu, mengetahui perbedaan jerawat di payudara dengan gejala kanker sangat penting bagi para wanita.

Selain disebabkan oleh bakteri dan infeksi pada folikel rambut, jerawat yang muncul di payudara juga bisa disebabkan oleh adanya gejala infeksi jamur dan biasanya terjadi pada wanita yang sedang menyusui. Jika berbicara mengenai jerawat, seperti yang kita ketahui jerawat terbagi menjadi beberapa jenis, seperti:

  • Komedo putih

Komedo putih atau whitehead adalah salah satu jenis jerawat yang terbentuk ketika sel-sel kulit mati, minyak, dan bakeri terperangkap di dalam pori-pori. Selain itu, folikel-folikel rambut juga ikut terperangkap, sehingga disebut juga dengan komedo tertutup.

  • Komedo hitam

Komedo hitam atau blackhead terjadi karena adanya penyumbatan sebum atau minyak dan sel-sel kulit mati yang telah mengeras, serta tampak menonjol dan berwarna gelap akibat paparan udara. Meskipun komedo hitam paling sering muncul di wajah, nyatanya komedo hitam juga bisa muncul di beberapa bagian tubuh salah satunya area dada dan payudara lho.

Jerawat di Payudara yang Harus Diwaspadai
Foto:Jerawat Pustula/Freepik.com
  • Pustula

Jerawat pustula adalah benjolan kecil di permukaan kulit yang berisi nanah, sehingga juga dikenal dengan sebutan jerawat nanah. Benjolan jerawat pustula ukurannya lebih besar dari komedo dengan puncak berwarna putih dan kulit sekitarnya berwarna kemerahan.

Jerawat ini masuk dalam kategori jerawat inflamasi dan tidak hanya muncul di wajah, namun juga di beberapa bagian tubuh termasuk area payudara.

  • Papula

Sama seperti jerawat pada umumnya, jerawat papula muncul karena adanya sumbatan dan peradangan pada pori-pori wajah. Jerawat papula ditandai dengan munculnya benjolan padat dengan ukuran kurang dari 1 cm, padat, tidak mengandung nanah, tampak kemerahan, dan nyeri.

  • Nodul

Jerawat nodul merupakan jenis jerawat di bawah permukaan kulit yang terasa keras dan sakit. Jerawat yang termasuk dalam kategori parah ini memiliki ciri-ciri seperti benjolan di bawah kulit yang membuat bagian tersebut mengencang dan kemerahan, terasa sakit saat disentuh, tidak memiliki kepala yang berisi nanah, dan sulit dihilangkan.

  • Kista

Jerawat kista terbentuk akibat bakteri, sebum, dan sel-sel kulit mati menyumbat pori-pori. Benjolan jerawat kista tampak seperti bisul besar dan terasa menyakitkan. Jerawat ini hampir sama dengan jerawat pustula yang memiliki nanah di bagian dalam dan biasanya akan meninggalkan bekas luka permanen setelah sembuh.

Jerawat yang Harus Diwaspadai

Jerawat di Payudara yang Harus Diwaspadai
Foto:Jerawat yang Harus Diwaspadai/Freepik.com

Meskipun jerawat yang muncul di payudara umumnya tidak berbahaya, namun tidak ada salahnya untuk selalu waspada, Ladies. Jerawat di payudara yang harus diwaspadai sebagai gejala kanker antara lain, jerawat terasa keras saat diraba, benjolan jerawat semakin membesar, terasa sakit, dan tidak kunjung membaik.

Selain itu, kamu juga harus waspada jika kemunculan jerawat di payudara diiringi dengan perubahan bentuk atau ukuran payudara, perubahan warna kulit payudara, perubahan pada puting payudara, keluarnya cairan dari puting padahal tidak sedang menyusui, dan pembengkakan di ketiak.

Sama seperti jerawat yang muncul di wajah, jerawat di payudara bisa diatasi dengan cara membersihkan area yang berjerawat dengan sabun berbahan lembut, tidak menyentuh jerawat, segera mandi saat berkeringat, dan rutin mengganti bra. Namun, jika jerawat di payudara terasa tidak biasa atau disertai dengan gejala-gejala lain yang mencurigakan, maka segera periksakan diri ke dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat, Ladies.

Pilihan Redaksi
    (kik/kik)

    Our Sister Site

    mommyasia.id